Cara Membuat Masker Wajah dari Minyak Kelapa

Anda bisa dengan mudah membuat masker wajah dari minyak kelapa organik bersama dengan berbagai komponen lainnya, seperti jus lemon, oatmeal, minyak esensial, yoghurt, baking soda dan madu.

Salah satu manfaat minyak kelapa dapat dikatakan sebagai salah satu komponen penting yang dapat digunakan dalam membuat masker wajah alami mengingat zat ini kaya akan kandungan asam lemak, vitamin, mineral, senyawa polifenol dan antioksidan lainnya.

Mungkin Anda penasaran dengan cara membuat masker wajah dari minyak kelapa ini, namun sebelum mengulas hal tsb sebaiknya Anda ketahui dulu apa kegunaan dan khasiat masker minyak kelapa bagi wajah Anda.

Manfaat Masker Wajah Minyak Kelapa

Masker minyak kelapa diketahui memiliki beberapa manfaat kesehatan dan kecantikan kulit seperti melembabkan kulit, mengurangi dan tanda pertambahan usia, menetralisir bakteri penyebab jerawat, merangsang pertumbuhan kembali sel baru yang sehat, meningkatkan elastisitas kulit, dan mengurangi peradangan.

Khasiat masker minyak kelapa ini yang kemudian menjadi dasar untuk perawatan kulit alami.

Berikut ini adalah ulasan mengenai manfaat masker wajah dari minyak kelapa selengkapnya …

Melembabkan Kulit:

Asam lemak rantai menengah yang ditemukan dalam minyak kelapa dapat dengan cepat dan mudah menembus kulit, karena ukurannya yang lebih kecil sehingga mampu mengantarkan dan mempertahankan kelembaban pada kulit yang mengalami dehidrasi, mencegah keringnya kulit, perubahan warna dan iritasi.

Kelembaban sangat penting untuk memberikan efek cahaya kemerahan pada kulit, dan juga menyediakan kulit lembut dan kenyal yang kebanyakan orang cari.

Antioksidan:

Minyak kelapa mengandung vitamin E dan senyawa polifenolik lainnya yang berperan sebagai antioksidan, yang berarti dapat menetralkan efek radikal bebas (yaitu produk sampingan dari metabolisme sel).

Radikal bebas ini menyebabkan stres oksidatif dan pemecahan sel sehat, mempercepat proses penuaan dan menghasilkan bintik-bintik penuaan dan noda lainnya.

Masker wajah minyak kelapa dapat meminimalkan efek yang terlihat ini dan tidak hanya membiarkan kulit Anda terlihat lebih muda, tapi juga lebih mampu bertahan melawan kerusakan radikal bebas di masa depan.

Efek Antibakteri:

Seperti disebutkan, minyak kelapa mengandung konsentrasi asam lemak rantai menengah yang tinggi, yang memiliki sifat antibakteri, anti-virus dan anti-jamur.

Bagi orang yang menderita jerawat, yang disebabkan oleh bakteri P. acnes, masker wajah minyak kelapa bisa meresap ke kulit untuk mengusir kotoran, racun dan minyak dimana bakteri ini bisa tumbuh dan berkembang.

Baca juga:   Tips Menjaga Kehalusan Kulit Wajah Secara Alami

Elastisitas Kulit:

Seiring bertambahnya usia, kulit kita mulai kehilangan elastisitasnya, mengakibatkan keriput dan kulit yang lebih mudah rusak. Minyak kelapa dapat merangsang kolagen, memperkuat ikatan jaringan dermal dan memberi kelembaban kulit yang dibutuhkan, memperbaiki tampilan wajah Anda yang sehat.

Sifat Anti-Peradangan:

Karena wajah begitu sering terpapar unsur dan faktor lingkungan lainnya, seperti polutan, iritasi dan racun, maka peradangan dan jerawat sangat umum terjadi.

Minyak kelapa memiliki efek antiinflamasi alami yang dapat merangsang aliran darah ke kulit untuk mempercepat proses penyembuhan dan meningkatkan pertahanan wajah terhadap efek eksternal.

Pertumbuhan dan Perbaikan:

Kandungan vitamin dan antioksidan minyak ini dapat membantu merangsang pertumbuhan sel baru, yang penting terjadi pada jaringan yang rusak atau jaringan parut (seperti jerawat).

Minyak kelapa dapat membantu mengelupas kulit, dengan mengelupas sel kulit mati sehingga sel baru dan sehat dapat tumbuh dan menggantikannya. Dengan demikian wajah dengan noda dan bekas luka pun dapat digantikan dengan kulit baru yang cantik dan sehat.

Cara Membuat Masker Wajah dari Minyak Kelapa

Anda bisa membuat masker wajah minyak kelapa dengan berbagai macam ramuan, tergantung dari efek spesifik yang ingin Anda capai.

Berikut ini adalah 3 resep pembuatan masker minyak kelapa yang dapat Anda coba …

Cara Membuat Masker Wajah dari Minyak Kelapa
Ilustrasi Cara Membuat Masker Wajah dari Minyak Kelapa

Masker Wajah dari Minyak Kelapa, Lemon dan Yogurt

Bahan:

  • 1 sendok makan minyak kelapa organik
  • 1 sendok makan jus lemon
  • 2 sendok makan yoghurt

Cara Membuat

  1. Masukkan ketiga bahan itu ke dalam mangkuk kecil dan aduk rata
  2. Cuci muka dan keringkan
  3. Oleskan campuran ini ke wajah Anda dan biarkan selama 15 menit
  4. Bilas dari masker wajah dengan air hangat dan lembut tepuk-kering wajah Anda

Masker Minyak Kelapa dengan Baking Soda

Bahan:

  • 1 sendok makan minyak kelapa organik
  • 1 sendok makan baking soda

Cara Membuat

  1. Campur kedua bahan secara menyeluruh untuk membentuk pasta yang konsisten
  2. Oleskan ke daerah yang meradang atau teriritasi pada wajah (sudut hidung, dagu, dll.)
  3. Pijat pasta ke kulit dalam lingkaran kecil selama 5 menit, lalu biarkan selama 5 menit lagi
  4. Bilas masker baking soda dengan air dingin, lalu tepuk kulitnya dengan lembut

Masker Wajah dari Minyak Kelapa dengan Madu

Bahan:

  • 1 sendok makan minyak kelapa organik
  • 2 sendok makan madu organik
  • 2 sendok makan jus lemon segar
  • 1/2 kantong teh hijau (lepaskan daunnya, tidak direndam)

Cara Membuat

  1. Campurkanlah keempat bahan dengan hati-hati dalam mangkuk, pastikan minyak kelapa tidak tumpah
  2. Perlakukan dengan lembut seluruh wajah Anda dengan jari
  3. Biarkan masker wajah selama 15-20 menit
  4. Perlahan bilas masker dengan air hangat dan tepuk kulitnya kering, hati-hati jangan sampai menggosok atau menyeka.

Itulah 3 resep masker wajah dari minyak kelapa yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat …