Cara Berhenti Merokok Bagi Perokok Berat Secara Total Untuk Selamanya

Cara berhenti merokok .. mungkin ini yang Anda cari selama ini. Setidaknya dengan mencari cara menghentikan kebiasaan merokok ini adalah langkah awal yang sangat baik. Melawan ketergantungan rokok memang bukan perkara mudah, namun setidaknya Anda patut mencari cara terbaik dan mencobanya agar Anda segera terbebas dari rokok penyebab banyak masalah kesehatan.

Banyak yang sudah menyadari dampak buruk merokok untuk kesehatan namun tak mampu untuk menghentikannya. Sebagian orang malah beralih dari merokok “rokok yang bersisi tembakau” ke vaping yang ternyata memiliki efek negatif yang hampir sama.

Pada kesempatan kali ini, Dunia Kesehatan akan mengulas cara berhenti merokok baik secara alami ataupun menggunakan obat yang dapat digunakan baik perokok ringan hingga perokok berat agar terlepas dari cengkraman rokok ini untuk selamanya.

Tips Cara Berhenti Merokok Untuk Selamanya

Berikut ini adalah beberapa tips jitu yang dapat Anda coba untuk menghentikan kebiasan merokok, yaitu:

  1. Niat

Tanpa ada niat dan kemauan yang kuat rasanya sangat sulit untuk meninggalkan kebiasaan merokok. Untuk meyakinkan niat Anda, cobalah perbanyak informasi mengenai bahaya merokok bagi kesehatan baik diri sendiri maupun orang lain, seperti dapat menyebabkan penyakit jantung, penyakit paru-paru, dll.

Selain itu kebiasaan merokok pun berdampak buruk pada keuangan Anda. Daripada merokok yang banyak bahayanya akan lebih baik uang tsb digunakan untuk hal-hal positif seperti ditabungkan, dll.

  1. Buatlah Rencana

Banyak sekali cara berhenti merokok baik secara alami, menggunakan obat, dengan hipnotis, dsb. Walaupun Anda mendengar cara ini yang lebih baik atau cara itu yang lebih jitu, sebetulnya yang merupakan cara terbaik berhenti merokok adalah dengan patuh dan konsisten melakukan cara yang telah dipilih tsb.

Berikut ini adalah beberapa cara menghentikan kebiasaan merokok yang dapat Anda pilih, yaitu:

  • Cara berhenti merokok secara alami tanpa pertolongan dari luar ataupun orang lain. Perlu Anda ketahui sebanyak sekitar 90% perokok mencoba cara menghentikan kebiasaan merokok tanpa pertolongan dari orang lain, tanpa adanya terapi, ataupun tanpa obat. Namun cara ini bukanlah cara yang efektif karenya hanya 4-7% saja yang berhasil tidak merokok dengan cara ini.
  • Terapi tingkah laku dengan cara bekerja sama dengan seorang konselor untuk mencari cara berhenti merokok yang paling efektif dan terbaik. Jadi nanti Anda dengan konselor tsb akan bersama-sama mencari pemicu penyebab kebiasaan merokok (sesuatu seperti emosi atau situasi yang selalu membuat Anda ingin merokok) lalu membuat sebuah rencana untuk menghilangkan penyebab tsb.
  • Terapi penggantian nikotin seperti permen karet nikotin, inhaler, spray, patch (lembaran yang ditempelkan di lidah), dan permen. Salah satu penyebab ketagihan merokok adalah nikotinnya. Jadi cara kerja terapi penggantian nikotin adalah dengan memberi Anda nikotin tanpa menggunakan tembakau. Anda mungkin akan menyukai cara berhenti merokok menggunakan terapi penggantian nikotin ini tapi perlu Anda ketahui bahwa cara menghentikan kebiasaan merokok ini akan jauh lebih efektif bila digabungkan dengan terapi tingkah laku dan dukungan dari teman serta keluarga tentunya.
  • Cara menghentikan keinginan merokok dengan obat. Bupropion dan varenicline merupakan jenis obat berhenti merokok di apotik. Obat resep ini selain dapat menekan keinginan merokok juga dapat membantu mengatasi gejala akibat berhenti merokok secara mendadak.
  • Tritmen kombo yaitu menggunakan kombinasi dari cara berhenti merokok yang disebutkan di atas. Contohnya menggabungkan terapi tingkah laku & terapi penggantian nikotin, penggunaan obat & terapi penggantian nikotin, terapi penggantian nikotin permen karet digabungkan dengan spray. Namun sebelum memilih cara berhenti merokok gabungan ini sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter.

Pilihlah cara menghentikan kebiasaan merokok yang terbaik menurut Anda lalu buatlah rencana dengan cara:

  • Tetapkan tanggal memulainya
  • Sebaiknya bicarakan juga dengan teman dan keluarga tentang rencana tsb. Dukungan dari mereka akan sangat membantu Anda untuk mencapai target sesuai rencana.
  • Singkirkan semua rokok yang ada di rumah, di mobil, ataupun di tempat kerja.
  • Cobalah cari tahu pemicu / penyebab keinginan merokok lalu cobalah atasi pemicu tsb.
Baca juga:   Penyakit TBC: Penyebab, Gejala, Diagnosis, Pencegahan dan Pengobatan Tuberkulosis
cara berhenti merokok yang efektif
cara berhenti merokok yang efektif (image: gazettereview.com)
  1. Ayo Action ..!

Sebagus-bagusnya rencana adalah yang dilaksanakan / dikerjakan dengan sebaik-baiknya. Dalam prakteknya, dalam menjalankan rencana untuk menghentikan kebiasaan merokok biasanya akan muncul godaan / rasa ingin merokok.  Berikut ini adalah beberapa tips agar terbebas dari cengkraman rokok dan rencana yang telah ditetapkan dapat dijalankan tanpa kendala, yaitu:

  • Ketahui pemicu penyebab rasa ingin merokok dan hindarilah pemicu tsb sedini mungkin. Buatlah daftar pemicu / penyebab keinginan merokok dan bagaiman Anda dapat mengatasinya di setiap situasi. Hindari situasi yang menyebabkan rasa ingin merokok terutama pada 3 bulan pertama.
  • Ketahui bahwa beberapa hari pertama menjalankan cara berhenti merokok adalah hari-hari sulit. Anda mungkin merasa depresi, sensitive, cepat marah / tersinggung, merasa lelah terutama bila Anda menggunakan cara berhenti merokok tanpa bantuan. Adanya dukungan dari teman dan keluarga sangatlah penting terutama di awal-awal sangatlah penting.
  • Jangan pernah menyerah. Setiap kali Anda tidak memenuhi keinginan merokok maka kesempatan untuk berhenti merokok secara total, permanen, dan selamanya semakin meningkat. Anda dapat mencoba memakan permen atau kuaci setiap kali keinginan merokok datang.
  • Cobalah hobi baru dengan teman-teman yang tidak merokok. Lakukan sesuatu yang membuat tangan Anda aktif dan mengurangi stress, seperti main basket bersama teman, atau bersepeda, dll. Faktor lingkungan yang kondusif juga menjadi penentu keberhasilan terbebas dari rokok.
  • Berilah penghargaan, misalnya bila Anda berhasil menjalankan cara berhenti merokok dalam 1 bulan pertama tanpa cacat maka Anda akan menonton bioskop. Hal ini tentunya akan lebih memotivasi Anda.

Adalah normal bila Anda merasa sedih dan sangat ingin merokok, namun jangan biarkan keinginan ini menguasai Anda.

  1. Ketahui Seberapa Sulit Untuk Menghentikan Kebiasaan Merokok

Berhasil atau tidaknya cara berhenti merokok akan sangat berbeda untuk tiap orang. Keberhasilan terbebas dari rokok akan sangat tergantung pada:

  • Berapa banyak rokok yang Anda hisap setiap harinya?
  • Apakah teman dan keluarga dekat juga merokok?
  • Mengapa Anda merokok?

Saat Anda menghadapi kesulitan mengaplikasikan cara berhenti merokok, sebaiknya Anda fokus akan banyaknya manfaat atau keuntungan dengan tidak merokok bagi kesehatan tubuh.

Saat Anda menghentikan kebiasaan merokok maka tubuh Anda akan mulai melakukan perbaikan pada kerusakan-kerusakan akibat nikotin dan zat tambahan lainnya. Beberapa dampak nikotin diantaranya adalah meningkatnya tekanan darah, detak jantung, dan suhu tubuh akan kembali ke level normal.

Selain itu dampak positif tidak merokok lainnya adalah Anda dapat bernapas lebih mudah. Alasannya karena kadar racun karbon monoksida yang ada di dalam darah berangsur-angsur turun sehingga darah pun akan lebih banyak membawa oksigen yang diperlukan tubuh.

Selain adanya manfaat kesehatan dari tidak merokok, ternyata ada efek positif berhenti merokok untuk kecantikan loh. Dengan terbebas dari rokok maka penampilan Anda semakin oke karena Anda akan terlihat lebih muda tanpa keriput. Jadi daripada ke salon kecantikan bayar mahal-mahal mendingan coba dengan cara berhenti merokok dulu.

  1. Doa

Selain minta dukungan dari teman terdekat dan anggota keluarga, sebaiknya Anda pun minta dukungan dari Sang Maha Pencipta dengan cara berdoa untuk melancarkan niat Anda menghentikan kebiasaan merokok.

Bagaimana Bila Anda Ingin Merokok Lagi?

Setelah Anda berhasil menggunakan cara berhenti merokok seperti yang diuraikan di atas, kadang muncul lagi keinginan untuk merokok. Hal ini normal terjadi terutama pada perokok berat yang sudah mengalami kecanduan kuat. Bila kebiasaan merokok kambuh, cobalah untuk merokok sesedikit mungkin hingga Anda siap untuk memulai cara berhenti merokok lagi.

Itulah informasi seputar tips cara berhenti merokok yang layak Anda coba. Untuk menghentikan kebiasaan merokok secara permanen memang memerlukan waktu tapi percayalah semua usaha Anda tak akan sia-sia. Semoga bermanfaat …

Sumber Referensi:
www.webmd.com/smoking-cessation/quit-smoking#1