Cara Mengobati Amnesia Alami di Rumah – Beberapa pengobatan di rumah untuk amnesia meliputi makan apel, kenari, lada hitam, sage, almond, buah dan meditasi. Seseorang dikatakan amnesia bila mengalami kondisi mental di mana kehilangan memori total atau sebagian. Istilah amnesia ini lebih dikenal dengan istilah “hilang ingatan”.

Kecelakaan, penyakit seperti Alzheimer, alkoholisme, dan kerusakan otak akibat trauma, penyakit, atau asupan obat penenang adalah alasan di balik amnesia. Orang yang mengalami amnesia akan mengalami kehilangan kenangan masa lalu, kejadian tertentu, dan sulit menciptakan kenangan baru.

Beberapa gejala umum amnesia adalah kehilangan ingatan, termasuk melupakan hal-hal sederhana seperti nama, angka, dan kejadian tertentu, dan biasanya ada sedikit kebingungan dan ketidakmampuan mengenali wajah yang familier. Ini adalah salah satu bentuk penyakit neurodegeneratif yang parah dan bahkan dapat mengancam jiwa.

Akar penyebab amnesia adalah infeksi, penyakit, penyalahgunaan alkohol, obat-obatan, insufisiensi vaskular, dan trauma fisik. Kehilangan memori disebabkan karena kerusakan pada sisi bilateral otak, yang memainkan peran penting dalam pemrosesan memori, penyimpanan, dan menarik ingatan kembali.

Menurut Harold Sackeim dari Columbia University, terapi electroconvulsive (ECT) juga dapat menyebabkan amnesia permanen. Bagian otak yang berbeda, yang terkait dengan fungsi ini, adalah hippocampus, sistem limbik, dan lobus temporal medial. Menurut University College London, orang dengan amnesia yang disebabkan oleh kerusakan pada hippocampus terhambat dalam kemampuan mereka untuk membayangkan skenario masa depan secara rinci.

Cara Mengobati Amnesia dengan Pengobatan Rumah
Cara Mengobati Amnesia dengan Pengobatan Rumah

Apa Saja Gejala Amnesia?

Beberapa gejala amnesia yang menonjol adalah sebagai berikut:

  • Disorientasi dan kebingungan
  • Kesulitan dalam mengingat sesuatu
  • Permasalahan dalam memahami dan mempelajari informasi baru
  • Kesulitan dalam menyesuaikan diri dengan setting sosial

Bagaimana Cara Mengembalikan Ingatan Orang Amnesia?

Beberapa bentuk diagnostik disertakan dalam perawatan amnesia secara teratur, dimulai dengan pemeriksaan fisik, pemeriksaan trauma masa lalu, dan pemeriksaan kesehatan umum pasien. Tingkat penyakit ini dapat ditentukan dengan memeriksa tingkat amnesia yang ada.

Pencitraan resonansi magnetik dan pemindaian otak juga dilakukan untuk memeriksa apakah otak rusak atau tidak. Perlakuan berbeda dari individu ke individu. Psikoterapi memainkan peran penting dalam pengobatan amnesia, terutama bagi mereka yang memiliki memori karena trauma emosional. Kelainan memori bisa diatasi dengan melalui rehabilitasi kognitif.

Selain cara mengobati amnesia dengan perawatan di rumah sakit, sebetulnya Anda pun dapat melakukan perawatan di rumah menggunakan obat-obatan berbahan dasar alami. Namun sebaiknya Anda konsultasikan juga pada dokter bila Anda akan menggunakan pengobatan rumah alami untuk mengatasi amnesia.

Obat Herbal Alami Untuk Mengobati Amnesia

Beberapa obat tradisional amnesia yang dapat digunakan di rumah, meliputi:

  • Apel: Salah satu manfaat makan apel adalah bisa sangat berguna untuk mengobati amnesia. Apel memiliki vitamin dan mineral bermanfaat, yaitu fosfor dan potassium. Makanlah apel bersama dengan satu sendok teh madu dan 1 cangkir susu untuk mengobati amnesia.
  • Kenari: Kenari bermanfaat selama kehilangan ingatan. Mereka juga terbiasa mengatasi gangguan otak lainnya. Ambil 20 gram secara teratur untuk mendapatkan manfaat yang efektif.
  • Black Pepper / Lada Hitam: Ambil persiapan benih beraroma halus dari 5 merica hitam dan satu sendok teh madu di pagi hari dan juga di malam hari untuk mengatasi masalah ini.
  • Sage: Sage bertindak pada bagian korteks di otak. Sage adalah ramuan bermanfaat mengenai masalah amnesia. Ini juga memainkan peran penting dalam mengurangi kelelahan mental. Selain itu, ini juga membantu dalam mengembangkan konsentrasi seseorang. Disarankan untuk minum teh yang disiapkan dari daun bijak / sage karena alasan ini.
  • Almond: Almond membuat otak kuat. Mereka memiliki sifat khusus untuk bertindak terhadap kelemahan otak juga. Mereka bisa mengembalikan memori yang buruk karena kelemahan otak. Anda bisa merendam kacang almond dalam air selama 1 jam, lalu lepaskan lapisan merah. Buat pasta halus dengan mentega dan kayu cendana, lalu hirup sejumlah kecil campuran ini.
  • Brahmi Booti: Ini adalah ramuan lain, yang nama botaninya adalah Bacopa scrophulariaceae. Ini bekerja sangat cepat pada amnesia. Pengeringan 7 gram ramuan ini dan kemudian menggilingnya dengan kacang almond dan lada berguna untuk mengobati amnesia.
  • Nutrisi: Diet Anda harus mencakup semua elemen penting. Orang tua harus menjauhi cola, kopi, teh, coklat, alkohol, produk tepung putih, gula, warna makanan buatan, nasi putih, bumbu kuat, dan aditif kimia. Anda harus makan tiga kali setiap hari. Diet kaya fosfor seperti sereal, susu, kacang-kacangan, dan jus buah harus dimakan. Susu sapi sangat bermanfaat, tapi harus dikonsumsi sebanyak yang bisa dicerna dengan mudah.
  • Buah-buahan: Buah yang bisa membantu mengembalikan hilangnya ingatan adalah buah ara, jeruk, apel, dan anggur. Konsumsilah kismis bersama dengan buah ara dan apel.
  • Lada : Diet sangat penting, terutama bila menyangkut amnesia. Ambil sedikit saja, campurkan dengan madu, dan makan dua kali sehari ini.
  • Meditasi: Sistem saraf harus berfungsi dengan baik dalam kondisi ini. Pastikan untuk mendapatkan jumlah tidur yang tepat dan juga beristirahat sepanjang hari jika memungkinkan. Meditasi juga membantu dalam hal ini. Berlatihlah secara ilmiah dan di bawah bimbingan profesional dokter.
  • Rosemary: Ini adalah salah satu solusi terbaik untuk amnesia. Anda bisa mengonsumsinya sebagai teh, yang disebut rosemary tea. Minum teh rosemary satu atau dua kali sehari untuk hasil yang efektif.
  • Kemangi: Selain dapat digunakan sebagai lalapan atau bumbu masakan, daun kemangi dapat membantu untuk meningkatkan memori dan juga untuk menjaga pikiran dalam kondisi stabil. Daun kemangi bisa langsung dikonsumsi setelah dicuci.
  • Herbal Ayurvedic: Herbal seperti Ashwagandha, Mandookparni, Brahmi, dan Shankhpushpi adalah ramuan paling terkenal yang digunakan untuk mengobati amnesia. Mereka juga digunakan dalam perawatan Ayurvedic, seperti Panchakarma.
  • Latihan Otak: Tulislah tabel dan aktivitas harian Anda yang perlu dilakukan. Berlatihlah selama beberapa bulan sampai Anda bisa mengingatnya secara mental. Kemudian, hindari menggunakan catatan atau menuliskannya. Latihan mengingat ini adalah cara sederhana untuk melatih otak, yang akan meningkatkan ingatan Anda.
Baca juga:   Fakta dan Mitos Seputar Benjolan di Payudara, Apakah Betul Tanda Kanker Payudara?

Nah itulah beberapa cara mengobati amnesia dengan pengobatan di rumah. Ada yang menggunakan tanaman herbal, buah-buahan, latihan meditasi, latihan mengingat atau kombinasinya untuk menyembuhkan hilang ingatan di rumah. Apa pun cara mengatasi gangguan ingatan yang Anda pilih, akan jauh lebih baik bila Anda selalu mengkonsultasikannya terlebih dahulu pada dokter Anda.