Buah Belimbing Sayur: Kandungan Nutrisi, Manfaat Kesehatan, dan Cara Mengolahnya

kandungan nutrisi belimbing sayur

Buah belimbing sayur atau dikenal dengan nama belimbing wuluh (Averrhoa carambola) adalah buah tropis yang telah dibudidayakan selama berabad-abad. Berasal dari Asia Tenggara, buah berbentuk bintang ini memiliki kulit tipis berwarna hijau muda yang berubah menjadi kuning saat matang. Daging buahnya yang renyah dan berair memiliki rasa asam yang menyegarkan dengan sedikit rasa manis dan aroma floral yang khas. Belimbing sayur kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan, menjadikannya tambahan yang sehat untuk berbagai makanan dan minuman.

Kandungan Nutrisi Buah Belimbing Sayur

Buah belimbing sayur kaya akan berbagai nutrisi penting, menjadikannya makanan yang sangat bergizi. Berikut ini adalah kandungan nutrisi per 100 gram buah belimbing sayur segar:

Energi 21kal
Kadar air 94,1gram
Protein 0,7gram
Lemak 0,2gram
Karbohidrat 4,7gram
Serat 0,6gram
Abu 0,3gram
Kalsium 7miligram
Fosfor 11miligram
Zat besi 0,4miligram
Sodium (Na) 4miligram
Kalium 148miligram
Vitamin C 9miligram
Vitamin A 145IU
Thiamin 0,01miligram
Ribovlafin 0,03miligram
Niasin 0,3miligram

Selain nutrisi di atas, buah belimbing sayur juga mengandung sejumlah kecil vitamin K, vitamin E, dan tembaga. Buah ini juga dianggap sebagai sumber folat yang baik, yang penting untuk produksi sel darah merah dan perkembangan janin.

Manfaat Buah Belimbing Sayur untuk Kesehatan

Buah belimbing sayur, juga dikenal sebagai carambola, adalah buah tropis yang terkenal dengan bentuk bintang yang unik dan rasa asamnya yang menyegarkan. Buah ini bukan hanya lezat, tetapi juga kaya akan berbagai nutrisi yang memberikan banyak manfaat kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan utama buah belimbing sayur:

1. Mengandung Antioksidan Kuat

Buah belimbing sayur adalah sumber antioksidan yang sangat baik, seperti vitamin C, flavonoid, dan likopen. Antioksidan ini membantu melawan kerusakan akibat radikal bebas, molekul tidak stabil yang dapat merusak sel dan menyebabkan penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung.

2. Mendukung Kesehatan Pencernaan

Belimbing sayur mengandung serat larut dan tidak larut yang penting untuk kesehatan pencernaan. Serat larut membantu menurunkan kadar kolesterol dan mengatur kadar gula darah, sedangkan serat tidak larut menambah massa tinja dan melancarkan buang air besar.

3. Meredakan Peradangan

Beberapa senyawa dalam buah belimbing sayur, seperti quercetin dan bromelain, memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan di seluruh tubuh. Ini berpotensi bermanfaat bagi kondisi seperti radang sendi, asma, dan penyakit radang usus.

Baca juga:   11 Manfaat Berpuasa Bagi Kesehatan Tubuh Yang Perlu Diketahui

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Belimbing sayur mengandung potasium, yang membantu mengatur tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit jantung. Selain itu, antioksidan dalam buah ini dapat membantu melindungi arteri dari kerusakan dan mengurangi peradangan yang terkait dengan penyakit jantung.

5. Melindungi Fungsi Kognitif

Antioksidan dalam belimbing sayur, seperti vitamin C dan flavonoid, dapat membantu melindungi dari kerusakan kognitif dan mengurangi risiko penyakit seperti Alzheimer dan demensia. Senyawa ini dapat menjaga kesehatan neuron dan mengurangi peradangan di otak.

Cara Mengolah Buah Belimbing Sayur agar Manfaatnya Optimal

Belimbing sayur, dengan nama ilmiah Averrhoa bilimbi, adalah buah tropis yang kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan. Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari buah ini, penting untuk mengolahnya dengan baik dan benar.

Pemilihan Buah Belimbing Sayur

Pilih belimbing sayur yang segar, berwarna hijau terang, dan bebas dari cacat. Buah yang memiliki bintik-bintik berwarna coklat atau memar sebaiknya dihindari karena dapat menandakan buah yang terlalu matang atau rusak.

Pembersihan dan Pemotongan

Cuci bersih belimbing sayur di bawah air mengalir untuk menghilangkan kotoran dan residu pestisida. Potong kedua ujung buah dan iris-iris tipis atau sesuai selera. Batang tengah yang berserat dapat dibuang untuk mengurangi kepahitan.

Pengolahan

Belimbing sayur dapat dikonsumsi secara langsung atau diolah menjadi berbagai hidangan. Beberapa cara pengolahan yang dapat memaksimalkan manfaatnya meliputi:

  • Jus: Blender belimbing sayur dengan air atau jus buah lainnya untuk membuat jus menyegarkan yang kaya vitamin dan antioksidan.
  • Salad: Iris belimbing sayur dan tambahkan ke salad sayuran favorit untuk tambahan rasa asam dan nutrisi.
  • Tumis: Tumis belimbing sayur dengan sayuran lain, bumbu, dan saus untuk membuat hidangan tumis yang sehat dan lezat.
  • Kari: Masukkan belimbing sayur ke dalam kari sayuran atau daging untuk menambah rasa dan nutrisi.
  • Acar: Rendam belimbing sayur dalam larutan cuka, gula, dan rempah-rempah untuk membuat acar yang dapat disimpan dalam waktu lama.

Pertanyaan dan Jawaban Mengenai Buah Belimbing Sayur

1. Apa saja manfaat buah belimbing sayur untuk kesehatan?

Belimbing sayur kaya akan vitamin C, antioksidan, dan serat. Manfaatnya antara lain meningkatkan kekebalan tubuh, menurunkan kolesterol, mengatur kadar gula darah, dan melancarkan pencernaan.

2. Apakah buah belimbing sayur aman dikonsumsi oleh penderita asam lambung?

Tidak disarankan, karena belimbing sayur memiliki rasa asam yang dapat memperburuk gejala asam lambung. Konsumsi berlebihan juga dapat menyebabkan iritasi pada saluran pencernaan.

3. Berapa banyak buah belimbing sayur yang boleh dikonsumsi dalam sehari?

Konsumsi buah belimbing sayur dalam jumlah sedang, sekitar 1-2 buah per hari, sudah cukup untuk mendapatkan manfaat kesehatannya. Konsumsi berlebihan dapat menyebabkan efek samping, seperti mual, muntah, dan gangguan pencernaan.

Penutup

Buah belimbing sayur kaya akan nutrisi esensial, seperti vitamin C, serat, dan antioksidan. Konsumsinya dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan, termasuk memperkuat sistem kekebalan tubuh, meningkatkan kesehatan pencernaan, dan mengurangi peradangan. Berbagai cara pengolahan dapat digunakan untuk menikmati buah ini, mulai dari dimakan segar hingga diolah menjadi tumisan atau salad. Dengan kandungan nutrisinya yang tinggi dan manfaat kesehatannya yang luar biasa, buah belimbing sayur sangat layak dimasukkan ke dalam pola makan sehat dan seimbang.