Buah Duku: Kandungan Nutrisi, Manfaat Kesehatan, dan Cara Mengolahnya


kandungan nutrisi buah duku

Buah duku (Lansium parasiticum), juga dikenal sebagai lanzones, adalah buah tropis asli Asia Tenggara. Termasuk dalam keluarga Meliaceae, duku dikenal dengan kulitnya yang bersisik berwarna cokelat keemasan, daging buahnya yang putih dan beraroma manis, serta biji yang berwarna hitam dan keras. Pohon duku dapat tumbuh hingga 30 meter dan menghasilkan buah yang berlimpah selama musim tertentu. Buah ini banyak disukai karena rasanya yang menyegarkan dan kandungan nutrisinya yang tinggi, seperti vitamin C, serat, dan antioksidan.

Kandungan Nutrisi Buah Duku

Buah duku (Lansium domesticum) adalah buah tropis yang kaya akan nutrisi penting. Berikut ini adalah kandungan nutrisi yang terdapat dalam 100 gram buah duku:

Air 8,0 gram (g)
Kalori 63 kkal
Protein 1,0 g
Serat 4,3 g
Lemak 0,2 g
Karbohidrat 16,1 g
Kalsium 18 miligram (mg)
Fosfor 9 mg
Besi 0,9 mg
Natrium 2 mg
Kalium 149 mg
Tembaga 0,09 mg
Seng 0,2 mg
Thiamin 0,05 mg
Riboflavin 0,15 mg
Niasin 1,5 mg
Vitamin C 9 mg

Manfaat Buah Duku untuk Kesehatan

Menguatkan Imunitas

Buah duku kaya akan vitamin C, antioksidan yang kuat yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C membantu tubuh membentuk sel darah putih, yang melawan infeksi dan penyakit.

Menjaga Kesehatan Jantung

Buah duku mengandung potasium, mineral penting yang membantu mengatur tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit jantung. Kalium membantu mengendurkan pembuluh darah, sehingga darah dapat mengalir lebih mudah, menurunkan tekanan darah.

Mengobati Anemia

Buah duku juga kaya akan zat besi, nutrisi penting yang diperlukan untuk produksi sel darah merah. Konsumsi buah duku secara teratur dapat membantu mengatasi anemia, suatu kondisi di mana tubuh kekurangan sel darah merah yang sehat.

Memperlancar Pencernaan

Buah duku kaya akan serat, yang penting untuk menjaga kesehatan pencernaan. Serat membantu melancarkan pergerakan usus dan mencegah konstipasi. Selain itu, buah duku juga mengandung enzim yang membantu memecah makanan dan meningkatkan penyerapan nutrisi.

Mencegah Penuaan Dini

Buah duku mengandung antioksidan kuat, seperti vitamin C dan vitamin E, yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif. Antioksidan ini membantu mencegah penuaan dini dan mengurangi risiko penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung.

Baca juga:   Sayuran Lobak: Kandungan Nutrisi, Manfaat Kesehatan, dan Cara Mengolahnya

Cara Mengolah Buah Duku agar Manfaatnya Optimal

Pilih Buah Duku yang Matang dan Segar

Pilihlah buah duku yang berwarna kuning kecokelatan dengan kulit mengkilap. Hindari buah yang masih hijau atau terdapat bintik hitam menandakan memar atau kerusakan. Buah duku yang matang memiliki aroma khas yang harum dan tekstur daging yang lembut.

Cuci Buah Duku Secara Menyeluruh

Cuci buah duku menggunakan air mengalir untuk menghilangkan kotoran atau residu pestisida. Gunakan sikat lembut untuk membersihkan permukaan kulit, terutama pada lekukan buah di mana kotoran dapat menumpuk. Bilas buah hingga bersih dan tiriskan sebelum dikonsumsi atau diolah lebih lanjut.

Konsumsi Buah Duku Segar

Cara terbaik untuk mengonsumsi buah duku adalah memakannya secara segar. Hal ini akan memberikan manfaat nutrisi yang optimal karena tidak ada proses pengolahan yang dapat mengurangi kandungan nutrisi. Nikmati buah duku sebagai camilan sehat atau tambahkan ke dalam salad buah untuk menambah cita rasa.

Olah Buah Duku Menjadi Jus

Untuk variasi, buah duku dapat diolah menjadi jus yang segar dan kaya nutrisi. Blender buah duku yang sudah dikupas dengan sedikit air atau susu. Susu dapat membantu melunakkan jus dan menambah rasa manis alami. Jus duku dapat dikonsumsi langsung atau dicampur dengan buah atau sayuran lain untuk membuat smoothie yang menyehatkan.

Ide Resep Mengolah Buah Duku:

Smoothie Duku Segar

Bahan:
– 1 cangkir buah duku yang sudah dikupas dan dipisahkan bijinya
– 1/2 cangkir susu almond
– 1/4 cangkir yogurt yunani tawar
– 1 sendok makan madu
– 1/4 sendok teh bubuk vanila
– Es batu secukupnya

Cara Membuat:
1. Masukkan semua bahan ke dalam blender dan haluskan hingga lembut.
2. Tambahkan es batu dan blender kembali hingga mencapai kekentalan yang diinginkan.
3. Sajikan segera dengan buah duku utuh sebagai topping.

Pertanyaan dan Jawaban Mengenai Buah Duku

1. Apa manfaat buah duku untuk kesehatan?

Buah duku kaya akan vitamin dan mineral penting, seperti vitamin C, vitamin B, dan kalium. Konsumsi duku secara teratur dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh, menjaga kesehatan kulit, dan mengatur tekanan darah.

2. Apakah buah duku aman untuk penderita diabetes?

Ya, buah duku memiliki indeks glikemik yang rendah, sehingga tidak menyebabkan lonjakan gula darah secara drastis. Namun, tetap disarankan untuk dikonsumsi dalam jumlah sedang dan berkonsultasi dengan dokter untuk menentukan porsi yang sesuai.

3. Adakah efek samping yang harus diperhatikan saat mengonsumsi buah duku?

Efek samping dari konsumsi buah duku umumnya jarang terjadi. Namun, beberapa orang dapat mengalami reaksi alergi seperti ruam atau gatal-gatal. Selain itu, konsumsi duku berlebihan dapat menyebabkan gangguan pencernaan seperti sembelit atau diare.

Penutup

Buah duku kaya akan nutrisi penting seperti vitamin C, mangan, dan serat. Buah ini menawarkan berbagai manfaat kesehatan, termasuk meningkatkan kekebalan tubuh, mengurangi risiko penyakit kronis, dan mendukung kesehatan pencernaan. Pengolahan buah duku dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti dikonsumsi langsung, dibuat jus, atau dijadikan selai. Konsumsi buah duku secara teratur dapat berkontribusi pada pola makan yang sehat dan seimbang, memberikan tubuh nutrisi yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan dan kesejahteraan secara keseluruhan.