Buah Flamboyan: Kandungan Nutrisi, Manfaat Kesehatan, dan Cara Mengolahnya

kandungan nutrisi buah flamboyan

Flamboyan (Delonix regia) adalah pohon besar yang menawan dengan kanopi yang berbentuk payung dan bunga-bunga berwarna merah menyala yang mencolok. Berasal dari Madagaskar, pohon yang rimbun ini telah menjadi simbol tropis di seluruh dunia. Bunganya yang berbentuk lonceng, dikenal karena kemegahan dan umur pendeknya, mekar dalam kelompok yang besar, menciptakan tampilan yang spektakuler seperti api.

Buah flamboyan berbentuk pedang yang panjang dan sempit memiliki kulit hijau saat muda dan saat tua berubah cokelat yang keras dan berisi biji hitam.

Kandungan Nutrisi Buah Flamboyan

Buah flamboyan, yang juga dikenal sebagai bunga merak, kaya akan nutrisi penting bagi tubuh. Berikut adalah kandungan nutrisi pada 100g buah flamboyan:

Kalsium 31,8 mg
Natrium 53,0 mg
Kalium 18,0 mg
Magnesium 32,5 mg
Mangan 3,09 mg
Zat Besi 3,5 mg
Tembaga 4,0 mg
Seng (Zinc) 2,5 mg
Nikel 0,3 mg
Protein 8,75%
Saponin 0,28 mg
Tanin 0,12 mg
Serat Makanan 14,6%
Lemak 17,16%
Oksalat 0,25 mg

Manfaat Buah Flamboyan untuk Kesehatan

Pohon flamboyan, yang dikenal secara ilmiah sebagai Delonix regia, tidak hanya menghasilkan bunga yang indah, tetapi juga buah yang mengandung banyak manfaat kesehatan bagi tubuh manusia. Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan utama dari buah flamboyan:

Kaya Akan Antioksidan

Buah flamboyan adalah sumber antioksidan yang sangat baik, seperti flavonoid dan antosianin. Antioksidan ini membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, yang dapat menyebabkan berbagai macam penyakit kronis, seperti penyakit jantung, kanker, dan Alzheimer.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Antioksidan dalam buah flamboyan juga memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan pada pembuluh darah. Peradangan ini merupakan faktor risiko utama penyakit jantung. Selain itu, buah flamboyan mengandung kalium, mineral yang penting untuk mengatur tekanan darah dan mengurangi risiko stroke.

Menjaga Kesehatan Pencernaan

Buah flamboyan mengandung serat yang larut dan tidak larut, yang dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan. Serat yang larut membantu mengatur kadar gula darah dan menurunkan kadar kolesterol, sedangkan serat yang tidak larut membantu menjaga keteraturan sistem pencernaan dan mencegah sembelit.

Baca juga:   Temu Kunci: Kandungan Nutrisi, Manfaat Kesehatan, dan Cara Mengolahnya

Meningkatkan Kesehatan Tulang

Buah flamboyan adalah sumber magnesium yang baik, mineral yang penting untuk kesehatan tulang. Magnesium membantu mengatur penyerapan kalsium, mineral lain yang penting untuk kekuatan dan kepadatan tulang. Konsumsi buah flamboyan secara teratur dapat membantu mengurangi risiko osteoporosis dan penyakit tulang lainnya.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Buah flamboyan mengandung vitamin C yang tinggi, vitamin yang penting untuk fungsi sistem kekebalan tubuh. Vitamin C membantu melindungi tubuh dari infeksi dan penyakit dengan meningkatkan produksi sel darah putih dan antibodi.

Cara Mengolah Buah Flamboyan agar Manfaatnya Optimal

Pilih Buah yang Matang

Untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang maksimal, pilihlah buah flamboyan yang matang. Buah matang umumnya memiliki warna oranye terang dan kulit yang agak keriput. Hindari buah yang masih mentah karena kandungan gizinya belum optimal.

Keluarkan Biji

Buah flamboyan memiliki biji besar yang tidak dapat dimakan. Untuk mengolahnya, Anda perlu mengeluarkan biji tersebut dengan hati-hati. Gunakan pisau tajam untuk membelah buah menjadi dua bagian, lalu angkat bijinya dengan sendok.

Kupas Kulit

Setelah biji dikeluarkan, kupas kulit buah flamboyan. Kulit buah ini cukup tipis dan mudah dikupas. Anda dapat menggunakan pisau atau tangan untuk mengupas.

Konsumsi Segar atau Olah Menjadi Jus

Buah flamboyan dapat langsung dikonsumsi dalam keadaan segar. Anda juga dapat mengolahnya menjadi jus untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang lebih terkonsentrasi. Untuk membuat jus, blender daging buah flamboyan dengan sedikit air.

Hindari Memasak

Untuk menjaga kandungan nutrisi buah flamboyan, hindari memasaknya. Proses memasak dapat merusak beberapa vitamin dan mineral yang terkandung di dalamnya.

Pertanyaan dan Jawaban Mengenai Buah Flamboyan

Apakah buah rambutan bermanfaat untuk kesehatan?

Ya, buah rambutan mengandung berbagai nutrisi seperti vitamin C, antioksidan flavonoid, dan serat. Antioksidan membantu melawan kerusakan sel, sedangkan serat membantu menjaga kesehatan pencernaan.

Apakah buah rambutan aman dikonsumsi oleh semua orang?

Umumnya, buah rambutan aman dikonsumsi oleh sebagian besar orang. Namun, beberapa orang mungkin mengalami alergi terhadap buah ini, jadi disarankan untuk mencoba sedikit terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya dalam jumlah banyak. Selain itu, orang dengan diabetes atau batu ginjal disarankan untuk membatasi konsumsi rambutan karena kandungan gula dan oksalatnya yang tinggi.

Penutup

Flamboyan merupakan buah yang kaya nutrisi, seperti vitamin C, vitamin A, serat, dan antioksidan. Mengonsumsi buah ini secara teratur dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan, seperti meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan mata, memperbaiki pencernaan, dan melindungi dari kerusakan sel. Meskipun pohon flamboyan beracun, buahnya aman dikonsumsi setelah diolah dengan tepat, seperti direbus atau dikeringkan. Dengan kandungan nutrisinya yang berlimpah dan manfaat kesehatannya yang beragam, flamboyan menjadi buah yang layak untuk dimasukkan dalam pola makan sehat Anda.