Buah Gowok: Kandungan Nutrisi, Manfaat Kesehatan, dan Cara Mengolahnya

Gowok Fruit Information and Facts
Gowok Fruit Information and Facts from specialtyproduce.com

Buah gowok (Syzygium polycephalum, Eugenia polycephala dan Myrciaria cauliflora), juga dikenal sebagai buah kupa, memiliki rasa manis, asem, dan sedikit sepet. Buah gowok dapat dijumpai di pulau Jawa, Sulawesi dan Kalimantan. Saat ini buah gowok sudah jarang kita temui di pasar tradisional karena semakin sedikitnya jumlah tanaman buah gowok.

Buah gowok tumbuh bergerombol pada batang pohon. Kulitnya berwarna hijau saat muda dan berubah menjadi ungu tua saat matang. Daging buahnya berwarna putih hingga ungu muda.

Kandungan Nutrisi Buah Gowok

Buah gowok, juga dikenal sebagai buah gohok atau gowok pelaga, merupakan buah yang kaya nutrisi dan manfaat kesehatan. Berikut adalah kandungan nutrisi buah gowok per 100 gram:

Kalori 45,7
Protein 0,11 gram
Lemak 0,01 gram
Karbohidrat 12,58 gram
Serat 0,08 gram
Kalsium 6,3 mg
Fosfor 9,2 mg
Zat Besi 0,49 mg
Vitamin B1 (Thiamine) 0,02 mg
Vitamin B2 (Riboflavin) 0,02 mg
Vitamin B3 (Niacin) 0,21 mg
Vitamin C 22,7 mg
Asam amino Tryptophan 1 mg
Asam amino Lysine 7 mg

Selain itu, buah gowok juga mengandung antioksidan seperti flavonoid dan karotenoid, yang dapat melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Manfaat Buah Gowok untuk Kesehatan

Antioksidan Tinggi

Buah gowok mengandung antioksidan tinggi yang dapat menangkal radikal bebas penyebab kerusakan sel dan penyakit. Antioksidan ini, seperti vitamin C, vitamin E, dan beta-karoten, membantu melindungi tubuh dari berbagai penyakit kronis seperti penyakit jantung, kanker, dan Alzheimer.

Menjaga Kesehatan Jantung

Buah gowok kaya akan serat yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik dalam darah. Serat juga membantu mengatur tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Meningkatkan Pencernaan

Kandungan serat dalam buah gowok juga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan pencernaan. Serat membantu mengatur pergerakan usus, mencegah sembelit, dan meningkatkan penyerapan nutrisi.

Baca juga:   Buah Kenitu: Kandungan Nutrisi, Manfaat Kesehatan, dan Cara Mengolahnya

Anti-inflamasi

Buah gowok mengandung senyawa anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan di dalam tubuh. Peradangan kronis telah dikaitkan dengan berbagai penyakit seperti arthritis, asma, dan penyakit radang usus.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C dalam buah gowok yang tinggi berperan penting dalam meningkatkan kekebalan tubuh. Vitamin C membantu produksi sel darah putih yang melawan infeksi dan penyakit.

Meningkatkan Kesehatan Kulit

Antioksidan dalam buah gowok, seperti vitamin C dan vitamin E, membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan radikal bebas. Mereka juga dapat membantu mengurangi kerutan dan meningkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan.

Cara Mengolah Buah Gowok agar Manfaatnya Optimal

Pilih Buah Matang

Pilihlah buah gowok yang sudah matang sempurna untuk mendapatkan manfaat optimal. Buah yang matang ditandai dengan kulit berwarna hijau kekuningan dan daging buah yang lunak.

Cuci Bersih

Cuci buah gowok dengan air bersih mengalir untuk menghilangkan kotoran dan residu pestisida. Pastikan untuk mencucinya secara menyeluruh.

Kupas dan Potong-potong

Kupas kulit buah gowok dan potong-potong sesuai selera. Anda dapat memotongnya menjadi potongan kecil-kecil, irisan tipis, atau bentuk lainnya sesuai preferensi.

Konsumsi Segar

Cara terbaik untuk mengonsumsi buah gowok adalah dengan memakannya segar. Hal ini akan mempertahankan kandungan vitamin dan mineralnya yang penting.

Olah Menjadi Jus

Jika Anda tidak menyukai rasa buah gowok segar, Anda dapat mengolahnya menjadi jus. Blender potongan buah gowok dengan sedikit air hingga halus. Anda dapat menambahkan madu atau pemanis alami lainnya untuk meningkatkan rasanya.

Tambahkan ke Salad atau Smoothie

Anda juga dapat menambahkan potongan buah gowok ke dalam salad atau smoothie. Ini akan menambah rasa asam dan menyegarkan serta meningkatkan nilai gizi hidangan Anda.

Pertanyaan dan Jawaban Mengenai Buah Gowok

Apa manfaat buah gowok untuk kesehatan?

Buah gowok kaya akan vitamin C, antioksidan, dan serat. Kandungan ini bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh, melindungi sel dari kerusakan, dan melancarkan pencernaan.

Apakah buah gowok aman dikonsumsi?

Buah gowok umumnya aman dikonsumsi. Namun, penderita alergi lateks sebaiknya berhati-hati karena buah gowok mengandung senyawa yang mirip dengan lateks. Selain itu, konsumsi berlebihan dapat menyebabkan gangguan pencernaan, seperti diare.

Penutup

Buah gowok merupakan buah yang kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan. Konsumsi gowok secara teratur dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh, kesehatan jantung, dan pencernaan. Pengolahan buah gowok yang tepat, seperti pembuatan jus, minuman, dan makanan penutup, dapat menjaga kandungan nutrisinya dan membuatnya lebih mudah dikonsumsi. Dengan manfaat kesehatannya yang beragam dan rasa manisnya yang khas, buah gowok menjadi pilihan yang sangat baik untuk melengkapi pola makan sehat dan seimbang.