Buah Jambu Mede: Kandungan Nutrisi dan Manfaat Kesehatan

Gambar Buah Jambu Mede - Gambar Buah

Buah jambu mede adalah buah tropis yang berasal dari Brasil. Pohon jambu mede (Anacardium occidentale) tumbuh di daerah tropis dan subtropis di seluruh dunia. Buah jambu mede terdiri dari dua bagian utama: cangkang luar yang keras dan buah berbentuk ginjal yang disebut biji mete atau lebih dikenal dengan nama kacang mete / kacang mede. Biji mete yang kita konsumsi sebenarnya adalah biji dari buah tersebut. Buah jambu mede memang kalah pamor dibandingkan dengan kacang mede, walaupun demikian buah jambu mede juga memiliki kandungan nutrisi dan dapat memberikan manfaat kesehatan.

Kandungan Nutrisi Buah Jambu Mede

Jambu mede (Anacardium occidentale) adalah buah tropis yang kaya akan berbagai nutrisi penting. Buah ini terdiri dari biji jambu mede ( kacang jambu mede ) yang tertutup cangkang keras dan buah yang berair dan asam. Berikut adalah kandungan nutrisi dari 100 gram buah jambu mede:

Kalori 553 (2315 kJ)
Karbohidrat Total 32,7 gram
Serat Makanan 3,3 gram
Lemak Total 43,8 gram
Lemak Jenuh 7,8 gram
Protein dan Asam amino 18,2 gram
Vitamin C 0,5 mg
Vitamin E 0,9 mg
Vitamin K 34,1 mcg
Vitamin B1 0,4 mg
Vitamin B2 0,1 mg
Vitamin B3 1,1 mg
Vitamin B6 0,4 mg
Folat 25,0 mcg

Lemak dalam buah jambu mede sebagian besar terdiri dari asam lemak tak jenuh tunggal (43%) dan asam lemak tak jenuh ganda (33%). Asam lemak tak jenuh ini dapat membantu menurunkan kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung.

Buah jambu mede mengandung antioksidan seperti flavonoid dan karotenoid, yang dapat membantu melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas.

Manfaat Buah Jambu Mede untuk Kesehatan

Kaya Antioksidan

Jambu mede merupakan sumber antioksidan yang sangat baik, seperti asam anakardat, kardanol, dan anacardiol. Antioksidan ini membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, yang dapat menyebabkan penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung.

Baca juga:   Bumbu Dasar Merah: Kandungan Nutrisi, Manfaat Kesehatan, dan Cara Mengolahnya

Menjaga Kesehatan Jantung

Jambu mede mengandung lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda yang sehat, yang membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Ini dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dengan mencegah penumpukan plak di arteri.

Mengontrol Gula Darah

Serat yang tinggi dalam jambu mede membantu memperlambat penyerapan gula ke dalam darah, yang dapat membantu mengontrol gula darah dan mengurangi risiko diabetes tipe 2. Jambu mede juga mengandung magnesium, yang telah terbukti meningkatkan sensitivitas insulin, yang penting untuk mengatur kadar gula darah.

Meningkatkan Kesehatan Tulang

Jambu mede kaya akan mineral penting seperti magnesium, fosfor, dan kalsium. Mineral ini sangat penting untuk kesehatan tulang, karena membantu membangun dan memperkuat tulang. Magnesium juga berperan dalam mengatur kalsium dalam tubuh, yang penting untuk kepadatan tulang.

Mendukung Kesehatan Otak

Jambu mede mengandung vitamin B6, yang penting untuk produksi neurotransmiter seperti serotonin dan dopamin. Neurotransmiter ini berperan dalam mengatur suasana hati, tidur, dan kognisi. Selain itu, jambu mede juga mengandung lemak sehat yang penting untuk mendukung fungsi otak yang optimal.

Pertanyaan dan Jawaban Mengenai Buah Jambu Mede

Apakah buah jambu mede kaya nutrisi?

Ya, buah jambu mede sangat kaya akan nutrisi, seperti lemak sehat, protein, vitamin (termasuk vitamin C dan B6), mineral (seperti seng dan magnesium), dan serat.

Apa manfaat kesehatan dari buah jambu mede?

Konsumsi buah jambu mede secara teratur dapat memberikan beberapa manfaat kesehatan, seperti:
– Mendukung kesehatan jantung berkat kandungan lemak tak jenuhnya yang tinggi.
– Meningkatkan fungsi otak dengan menyediakan magnesium dan vitamin B6.
– Memperkuat sistem kekebalan berkat kandungan vitamin C-nya.
– Membantu mengatur kadar gula darah karena kandungan seratnya yang tinggi.

Penutup

Buah jambu mede kaya akan berbagai nutrisi penting, termasuk vitamin, mineral, antioksidan, dan serat. Konsumsi teratur jambu mede memberikan sejumlah manfaat kesehatan, mulai dari meningkatkan kesehatan jantung dan saluran pencernaan hingga melindungi dari kanker dan peradangan.