Buah Namnam: Kandungan Nutrisi, Manfaat Kesehatan, dan Cara Mengolahnya

6 Manfaat Buah Namnam, Kaya Vitamin dan Antioksidan | Hello Sehat

Buah Namnam (Cynometra cauliflora) adalah buah langka ditemui di pasar tradiosional walaupun banyak tumbuh di daerah Asia Tenggara. Buah ini memiliki bentuk yang pipih dan menyerupai bentuk ginjal, berwarna hijau, kulit kasar dan keriput, namun saat matang buah ini akan berwarna cokelat dengan rasa yang asam dan ada beberapa yang agak manis.

Kandungan Nutrisi Buah Namnam

Walaupun buah namnam memiliki bentuk yang aneh namun buah ini mengandung berbagai nutrisi penting yang bermanfaat bagi kesehatan. Berikut kandungan nutrisi buah namnam per 100 gram:

Air 85gram
Protein 1.5gram
Lemak 0.06 – 1.28gram
Karbohidrat 10gram
Serat 1.4gram
Vitamin A 150 – 500IU
Vitamin C 25miligram

Manfaat Buah Namnam untuk Kesehatan

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Buah namnam kaya akan kalium, mineral penting yang membantu mengatur tekanan darah dan menjaga kesehatan jantung. Kalium melawan efek natrium, yang dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. Selain itu, namnam mengandung quercetin, flavonoid yang memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang telah dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung.

2. Mengontrol Gula Darah

Buah namnam memiliki indeks glikemik rendah, yang berarti tidak menyebabkan lonjakan gula darah secara tiba-tiba. Serat dalam namnam membantu memperlambat penyerapan gula ke dalam aliran darah, meningkatkan kadar gula darah yang stabil dan mengurangi risiko diabetes tipe 2.

3. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Namnam merupakan sumber serat yang sangat baik, yang penting untuk kesehatan pencernaan. Serat membantu melunakkan feses dan melancarkan pergerakan usus, mengurangi risiko sembelit dan gangguan pencernaan lainnya. Selain itu, namnam mengandung enzim pencernaan yang dapat membantu memecah makanan dan meningkatkan penyerapan nutrisi.

4. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Namnam kaya akan kalsium dan fosfor, mineral penting untuk kesehatan tulang. Kalsium membangun dan memperkuat tulang, sementara fosfor membantu penyerapan kalsium. Makan namnam secara teratur dapat membantu mencegah osteoporosis dan menjaga kepadatan tulang.

Baca juga:   Buah Jamblang: Kandungan Nutrisi, Manfaat Kesehatan, dan Cara Mengolahnya

5. Melindungi dari Kanker

Namnam mengandung antioksidan kuat seperti quercetin dan asam galat. Antioksidan ini membantu melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas, yang dikaitkan dengan perkembangan kanker. Selain itu, beberapa penelitian menunjukkan bahwa namnam memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi risiko kanker tertentu.

Cara Mengolah Buah Namnam agar Manfaatnya Optimal

1. Pemilihan Buah

Pilih buah namnam yang sudah matang sempurna dengan warna kulit kuning tua dan sedikit lunak saat diraba. Hindari buah yang masih mentah atau terlalu matang.

2. Pencucian

Cuci bersih buah namnam menggunakan air mengalir. Gunakan sikat lembut untuk menghilangkan kotoran atau sisa pestisida yang menempel pada permukaan kulit.

3. Pengupasan

Kupas kulit buah namnam dengan hati-hati menggunakan pisau tajam. Hindari mengupas terlalu tebal karena bagian tersebut mengandung banyak serat yang bermanfaat.

4. Pemotongan

Potong buah namnam sesuai selera, seperti bentuk kubus, irisan, atau potongan memanjang. Pemotongan yang lebih kecil akan mempercepat penyerapan nutrisi.

5. Penyimpanan

Simpan buah namnam yang sudah diolah dalam wadah kedap udara dan letakkan di lemari es. Buah namnam dapat disimpan selama 3-4 hari dalam kondisi baik.

6. Konsumsi

Konsumsi buah namnam secara langsung atau tambahkan ke dalam salad, smoothie, yogurt, atau makanan penutup lain. Buah namnam juga dapat diolah menjadi jus atau dikeringkan menjadi buah kering.

Pertanyaan dan Jawaban Mengenai Buah Namnam

Apakah buah namnam menyehatkan?

Ya, buah namnam merupakan sumber vitamin A, C, dan K yang baik. Vitamin A penting untuk kesehatan mata, sementara vitamin C dan K berkontribusi pada sistem kekebalan yang sehat dan kesehatan tulang.

Apakah buah namnam membantu menurunkan berat badan?

Meskipun buah namnam memiliki kandungan kalori yang rendah, namun buah ini tidak memiliki sifat spesifik yang dapat membantu menurunkan berat badan. Pola makan yang sehat dan olahraga teratur tetap menjadi kunci untuk mengelola berat badan.

Penutup

Sebagai kesimpulan, buah namnam kaya akan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan, mulai dari vitamin C, antioksidan, serat, hingga potasium. Konsumsi buah ini dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan, antara lain meningkatkan kekebalan tubuh, melindungi dari penyakit jantung, mengatur kadar gula darah, dan melancarkan pencernaan. Untuk mengolah buah namnam, dapat dimakan langsung, dijadikan jus, diolah menjadi selai, atau ditambahkan ke dalam hidangan lain seperti salad atau smoothie. Dengan kandungan nutrisinya yang tinggi dan rasa manisnya yang menyegarkan, menjadikan buah namnam sebagai pilihan makanan sehat yang dapat dinikmati oleh semua lapisan masyarakat.