Buah Plum: Kandungan Nutrisi, Manfaat Kesehatan, dan Cara Mengolahnya

7 Manfaat Buah Plum untuk Kesehatan Tubuh - Jovee.id

Buah plum merupakan buah yang berasal dari pohon plum (Prunus domestica) yang termasuk dalam famili Rosaceae. Buah ini memiliki ukuran dan bentuk bulat atau oval dengan diameter sekitar 2-5 cm. Plum hadir dalam berbagai warna, mulai dari merah muda, merah, ungu, hingga kehijauan. Daging buahnya biasanya berwarna kuning atau merah keunguan, memiliki tekstur yang lembut dan berair, serta rasa yang manis atau asam tergantung varietasnya. Plum kaya akan serat, vitamin C, vitamin K, dan antioksidan, menjadikannya buah yang bergizi dan menyehatkan.

Kandungan Nutrisi Buah Plum

Buah plum merupakan buah yang kaya akan nutrisi penting untuk kesehatan tubuh. Berikut adalah daftar kandungan nutrisi yang terdapat dalam 100g buah plum segar:

Energi Total 46 kcal
Energi dari Lemak 2,3 kcal
Lemak Total 0,3 g
Lemak Jenuh 0,2 g
Lemak Trans 0,0 g
Kolesterol 0 mg
Protein 0,7 g
Karbohidrat Total 11,4 g
Serat Pangan 1,4 g
Gula 9,9 g
Natrium 0 mg
Kalium 157 mg
Vitamin C 9,5 mg
Vitamin K 6,4 µg
Vitamin A 17 µg
Vitamin E 0,3 mg

Secara keseluruhan, buah plum merupakan makanan sehat yang kaya akan nutrisi penting, termasuk vitamin, mineral, antioksidan, serat, dan senyawa tumbuhan lainnya. Mengonsumsi buah plum secara teratur dapat memberikan banyak manfaat kesehatan, seperti meningkatkan sistem kekebalan tubuh, kesehatan jantung, dan pencernaan.

Manfaat Buah Plum untuk Kesehatan

Kaya Nutrisi dan Antioksidan

Buah plum kaya akan nutrisi penting, termasuk vitamin, mineral, dan serat. Vitamin A, C, dan K, serta mineral seperti kalium, magnesium, dan zat besi ditemukan dalam buah ini. Selain itu, plum mengandung antioksidan kuat, seperti antosianin, yang membantu melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas.

Meningkatkan Pencernaan

Serat tinggi dalam plum membantu meningkatkan pencernaan dengan mengatur pergerakan usus dan mencegah sembelit. Plum juga mengandung bahan kimia alami yang disebut sorbitol, yang memiliki efek pencahar ringan. Selain itu, plum dapat membantu mengurangi peradangan pada saluran pencernaan dan meningkatkan kesehatan pencernaan secara keseluruhan.

Mengurangi Risiko Penyakit Kronis

Antioksidan dalam plum membantu melindungi tubuh dari penyakit kronis seperti penyakit jantung dan kanker. Antosianin telah terbukti mengurangi peradangan, menurunkan kadar kolesterol, dan meningkatkan aliran darah. Selain itu, vitamin A, C, dan E dalam plum membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan melindungi dari infeksi.

Baca juga:   Bumbu Dasar Kuning: Komposisi, Manfaat Kesehatan, dan Cara Mengolahnya

Membantu Menurunkan Berat Badan

Buah plum rendah kalori dan kaya serat, sehingga dapat membantu merasa kenyang lebih lama. Hal ini dapat membantu mengurangi asupan kalori secara keseluruhan dan mendukung penurunan berat badan. Selain itu, sorbitol dalam plum memberikan rasa manis tanpa menambah kalori, yang menjadikannya pilihan camilan yang baik bagi mereka yang sedang melakukan diet.

Manfaat Lainnya

Buah plum juga bermanfaat untuk kesehatan dalam beberapa cara lain, antara lain:

  • Meningkatkan kesehatan tulang karena kandungan potasium dan vitamin K yang tinggi.
  • Melindungi kesehatan mata berkat kandungan vitamin A.
  • Mengurangi stres dan kecemasan berkat kandungan magnesium.
  • Membantu menyehatkan kulit dan rambut berkat kandungan vitamin C dan antioksidan.

Cara Mengolah Buah Plum agar Manfaatnya Optimal

Pemilihan dan Penyimpanan

Pilihlah buah plum segar, utuh, dan tidak memar. Plum harus memiliki warna yang cerah dan kulit yang sedikit kenyal. Simpan plum pada suhu kamar selama 2-3 hari atau di lemari es hingga seminggu.

Pencucian

Cuci bersih buah plum di bawah air mengalir. Gunakan sikat lembut untuk menghilangkan kotoran atau pestisida. Jangan membuang kulit buah plum, karena kulit ini mengandung banyak nutrisi.

Pengupasan dan Pemotongan

Jika diinginkan, kupas kulit buah plum menggunakan pengupas sayuran atau pisau. Potong buah plum menjadi potongan-potongan sesuai selera, seperti irisan, dadu, atau potongan memanjang.

Penggunaan

Plum dapat dikonsumsi langsung sebagai buah segar atau diolah menjadi berbagai hidangan.

Pertanyaan dan Jawaban Mengenai Buah Plum

Apa saja manfaat kesehatan dari buah plum?

Buah plum kaya akan antioksidan, vitamin, dan mineral. Antioksidannya membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan, vitamin dan mineralnya penting untuk kesehatan tulang, otot, dan sistem kekebalan tubuh.

Apakah buah plum baik untuk pencernaan?

Ya, buah plum merupakan sumber serat yang baik. Serat membantu melancarkan pencernaan, mencegah konstipasi, dan menurunkan risiko penyakit pencernaan tertentu. Selain itu, buah plum juga mengandung sorbitol, pencahar alami yang dapat membantu meredakan sembelit.

Apakah buah plum aman untuk penderita diabetes?

Ya, buah plum memiliki indeks glikemik rendah, yang berarti tidak menyebabkan lonjakan kadar gula darah yang tiba-tiba. Hal ini menjadikannya pilihan yang baik bagi penderita diabetes. Selain itu, buah plum juga mengandung antioksidan yang dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh gula darah tinggi.

Penutup

Buah plum tidak hanya lezat tetapi juga kaya akan nutrisi dan manfaat kesehatan yang luar biasa. Kandungan vitamin, mineral, antioksidan, dan seratnya berkontribusi pada kesehatan kardiovaskular, pencernaan, dan kekebalan tubuh yang optimal. Pengolahan buah ini secara tepat sangat penting untuk mempertahankan nilai nutrisinya. Dengan mengonsumsi buah plum segar, mengolahnya menjadi jus, atau memasukkannya ke dalam resep makanan, Anda dapat memperoleh manfaat kesehatannya yang berlimpah dan menikmati rasanya yang nikmat sekaligus.