8 Manfaat Kesehatan Dari Mendengarkan Musik Menurut Para Ahli Kesehatan

Manfaat Mendengarkan Musik Bagi Kesehatan – Jika anda saat ini memang menyukai jenis musik tertentu dan seringkali mendengarkannya dari waktu ke waktu, maka anda pun bisa memetik berbagai macam manfaat darinya. Tidak hanya sebagai pemuas keinginan anda akan hiburan, tetapi juga berimbas terhadap kesehatan tubuh.

Mendengarkan musik sambil jalan kaki, lari pagi, ataupun sambil melakukan aktivitas lain memang dapat memberikan suasana yang berbeda, menjadikan hari Anda lebih bersemangat.

Charles Darwin sendiri pernah berkata bahwa jika ia mampu hidup sekali lagi, maka ia akan membuat aturan untuk selalu membaca puisi dan mendengarkan musik setidaknya seminggu sekali. Albert Einstein pun mengaku bahwa jika ia bukanlah seorang fisikawan, maka kemungkinan ia pun akan menjadi seorang musisi.

Sebagai seorang ilmuwan, mereka tentunya tahu alasan kenapa harus mendengarkan musik dari waktu ke waktu. Salah satunya adalah mampu memberikan manfaat terhadap kesehatan tubuh seseorang. Faktanya, penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa mereka yang mendengarkan musik dapat meningkatkan kesehatan mental dan fisik secara bersamaan.

Bahkan jika anda berlatih memainkan alat musik, maka kegiatan tersebut akan meningkatkan IQ anda secara signifikan sekaligus tetap menjaga agar memori otak anda tetap tajam seiring dengan berjalannya usia. Tetapi tentunya, manfaatnya tidak berhenti sampai di sana. Terdapat banyak sekali manfaat musik untuk kesehatan tubuh yang bisa anda petik secara langsung, dimana telah kami paparkan di bawah ini secara lengkap.

Manfaat Kesehatan Mendengarkan Musik
Manfaat Kesehatan Mendengarkan Musik

Aneka Manfaat Mendengarkan Musik Bagi Kesehatan Tubuh

Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat kesehatan yang dapat Anda petik hanya dengan mendengarkan musik, yaitu:

Membuat Anda Lebih Bahagia

Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa jika seseorang mendengarkan musik yang mereka suka, maka otak mereka pun akan melepaskan dopamin, yaitu sejenis neurotransmitter perasaan baik.

Seorang ilmuwan neural (neuroscientist) bernama Valorie Salimpoor dari McGill University melakukan percobaan terhadap 8 orang pecinta musik dengan menyuntikkan zat radioaktif pengikat reseptor dopamin setelah mendengarkan musik yang menjadi favorit mereka. Kemudian scan PET (Positron Emission Tomography) menunjukkan bahwa sejumlah besar dopamin dilepaskan sehingga secara biologis menyebabkan perasaan senang, kegembiraan, dan sukacita.

Jadi, jika anda saat ini tengah merasa sedih atau tengah membutuhkan sebuah dorongan emosional, cobalah untuk mendengarkan musik favorit anda selama 15 menit. Bukan hanya cara ini bisa bekerja dengan sangat baik, tetapi juga memungkinkan anda terhindar dari berbagai macam obat-obatan yang dikemas dengan bahan kimia.

Menurunkan Stres

Mendengarkan musik yang anda sukai juga dapat menurunkan kadar hormon kortisol di dalam tubuh, dengan begitu dapat melawan efek kronis secara langsung. Tentu saja ini merupakan temuan yang menarik karena stress sendiri telah berkontribusi terhadap berbagai macam penyakit dan gangguan kesehatan hingga 60%.

Selain itu, terdapat pula penelitian lainnya yang memperlihatkan bahwa jika seseorang turut serta dalam memainkan musik atau bernyanyi, maka sistem kekebalan tubuh mereka akan meningkat lebih tinggi dibandingkan dengan orang-orang yang hanya mendengarkan saja.

Tetapi, baik hanya mendengarkan ataupun memainkannya secara langsung, keduanya sudah terbukti dapat mengurangi kadar stres di tubuh secara lebih efektif sehingga memungkinkan anda terhindar dari berbagai macam penyakit mengerikan.

Membantu Tidur Lebih Nyenyak

Di era canggih modern saat ini, banyak orang yang mengalami insomnia, yaitu sejenis kondisi kesehatan yang membuat anda tidak bisa tidur di malam hari, atau selalu terbangun di tengah malam sehingga mempengaruhi kualitas tidur itu sendiri.

Tetapi untungnya bisa diatasi dengan mendengarkan musik yang santai dan easy-listening. Sebuah penelitian sendiri bahkan menunjukkan bahwa mereka yang mendengarkan musik klasik selama 45 menit sebelum tidur mampu tidur lebih nyenyak dibandingkan dengan mereka yang tidak melakukannya.

Baca juga:   16 Manfaat Minyak Kelapa Bagi Kesehatan dan Kecantikan serta Efek Sampingnya

Mengurangi Depresi

Selain stres, musik pun dapat mengobati anda yang tengah menderita depresi. Tentu saja, stres dan depresi merupakan dua kondisi kesehatan mental yang berbeda. Faktanya, lebih dari 350 juta orang di seluruh dunia menderita jenis gangguan mental yang satu ini, dimana 90% diantaranya mengalami insomnia sebagai dampak atau gejala darinya.

Tetapi sama halnya dengan mengobati insomnia, mendengarkan musik klasik sebelum tidur juga ternyata bisa berdampak baik terhadap kesehatan mental anda, sehingga bisa mengurangi depresi secara signifikan.

Perlu diperhatikan juga bahwa untuk bagian ini, anda harus hati-hati dalam pemilihan genre musik itu sendiri. Salah satu jenis musik yang bekerja secara efektif dalam mengurangi depresi merupakan genre yang santai dan menenangkan. Hindari juga jenis musik tekno dan heavy metal karena dapat memperparah kondisi anda tersebut.

Meningkatkan Daya Ingat dan Belajar

Selalu mudah lupa dan kesulitan saat belajar? Maka musik pun kemungkinan besar bisa membantu anda mengatasi masalah tersebut. Faktanya, musik memang dapat membantu seseorang dalam mempelajari sesuatu sekaligus mengingat kembali informasi yang telah lalu. Tetapi efek ini bekerja tergantung pada seberapa besar anda menyukai musik atau musisi yang menyanyikan lagu tersebut.

Membantu Mengatasi Kecemasan Sebelum Operasi

Memiliki penyakit tertentu yang mengharuskan diri anda menjalani operasi memang menjadi tantangan tersendiri. Tak jarang kecemasan pun melanda dan detak jantung pun meningkat tajam. Saat itu terjadi, cobalah untuk mendengarkan musik favorit anda demi mengurangi kecemasan tersebut, agar terhindar dari serangan kepanikan.

Bahkan mendengarkan musik ternyata lebih efektif mampu menurunkan kecemasan dibandingkan dengan Midazolam, yaitu sejenis obat yang diberikan kepada para pasien sebelum menjalani operasi agar tenang dan mengantuk. Dan lagi, midazolam juga seringkali memiliki efek samping berupa batuk dan muntah.

Tidak berhenti sampai di sana, mendengarkan musik pun dapat membantu diri anda yang telah menjalani operasi agar lebih santai dan tenang. Secara global, terdapat sekitar 234 juta orang yang menjalani operasi setiap tahunnya. Jadi, jika anda salah satunya – atau kenalan dan keluarga anda – ada baiknya untuk mempersiapkan musik yang menenangkan agar rasa cemas mereka mampu turun secara signifikan.

Mengurangi Rasa Sakit

Rasa sakit seringkali datang saat anda tengah menderita penyakit tertentu. Untungnya, menurut sebuah penelitian dari Drexel University di Philadelphia menemukan bahwa ternyata terdapat sebuah terapi yang menggunakan musik, yang mana dapat mengurangi rasa sakit secara lebih efektif terhadap para penderita kanker dibandingkan dengan jenis obat-obatan biasa.

Tetapi sama halnya seperti kemampuannya dalam melawan depresi, anda tidak boleh sembarangan dalam memilih jenis musik untuk tujuan ini. Beberapa yang disarankan untuk didengarkan adalah musik santai dan musik klasik.

Membantu Mengobati Stroke

Stroke sudah termasuk ke dalam jenis penyakit mematikan. Jenis serangan otak ini tak ayal membuat seseorang kehilangan kemampuannya dalam melakukan jenis aktivitas apapun selain terbaring di kamar tidurnya. Jika terdapat teman atau keluarga anda yang sudah menderita penyakit ini, cobalah untuk membuatnya mendengarkan musik agar mampu diobati secara perlahan namun pasti.

Teori ini telah didukung oleh penelitian dari University of Helsinki yang memperlihatkan bahwa para penderita stroke yang mendengarkan musik favorit mereka selama 2 jam per hari cenderung dapat meningkatkan pemulihan fungsi kognitif mereka secara signifikan.

Pilihlah musik yang memiliki lirik (bukan musik instrumen yang biasanya terdapat dalam musik klasik) demi mendukung pendengaran dan ingatan verbal dari si penderita stroke tersebut.

Nah itulah beberapa manfaat kesehatan yang dapat Anda rasakan hanya dengan mendengarkan musik. Semoga bermanfaat ..