Merica: Kandungan Nutrisi, Manfaat Kesehatan, dan Cara Mengolahnya

kandungan nutrisi merica

Merica, yang secara ilmiah dikenal sebagai Piper nigrum, adalah tanaman merambat berbuah yang berasal dari wilayah Malabar di India. Buahnya, dikenal sebagai buah lada, digunakan sebagai rempah-rempah dan dikeringkan untuk menghasilkan merica hitam, putih, hijau, dan merah muda yang umum digunakan dalam masakan di seluruh dunia. Merica telah lama dihargai karena kualitas aromatiknya yang khas dan sifat obatnya, dan telah memainkan peran penting dalam perdagangan dunia dan sejarah kuliner selama berabad-abad.

Kandungan Nutrisi Merica

Merica (Piper nigrum) adalah rempah-rempah yang banyak digunakan dalam masakan di seluruh dunia. Selain memberikan rasa pedas, merica juga kaya akan berbagai nutrisi penting. Berikut adalah kandungan nutrisi merica per 100 gram:

Energi 365 kkal
Lemak total 6,80 g
Vitamin A 0 mcg
Vitamin B1 0,20 mg
Vitamin B2 0,10 mg
Vitamin B3 2,50 mg
Vitamin C 0 mg
Karbohidrat total 64,40 g
Protein 11,50 g
Serat pangan 1 g
Kalsium 460 mg
Fosfor 200 mg
Natrium 4 mg
Kalium 99,70 mg
Tembaga 890 mcg
Besi 16,40 mg
Seng 1,10 mg
B-Karoten 0 mcg
Karoten total
Air 12,90 g
Abu 4,40 g

Manfaat Merica untuk Kesehatan

Meningkatkan Pencernaan

Piperin, senyawa aktif dalam merica, merangsang produksi enzim pencernaan, sehingga meningkatkan penyerapan nutrisi dan mengurangi gejala pencernaan seperti kembung, gas, dan sembelit.

Sifat Anti-inflamasi

Merica mengandung capsaicin, suatu senyawa yang memiliki sifat anti-inflamasi. Kandungan ini dapat membantu mengurangi peradangan di seluruh tubuh, terutama pada persendian dan otot.

Meningkatkan Imunitas

Merica kaya akan vitamin C dan antioksidan lainnya yang berperan penting dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh. Vitamin C membantu menghasilkan sel darah putih, sementara antioksidan melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas.

Menurunkan Tekanan Darah

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa merica dapat membantu menurunkan tekanan darah dengan merelaksasi pembuluh darah. Hal ini disebabkan oleh adanya kalium dalam merica, yang membantu mengurangi efek natrium pada tekanan darah.

Baca juga:   Kegunaan dan Manfaat Baking Soda Bagi Kesehatan Yang Menakjubkan

Menurunkan Kadar Gula Darah

Piperin dalam merica dapat meningkatkan sensitivitas insulin, sehingga membantu menurunkan kadar gula darah. Hal ini bermanfaat bagi penderita diabetes atau mereka yang berisiko mengalami diabetes.

Membantu Mengatasi Mual

Merica memiliki sifat karminatif, yang dapat membantu mengurangi mual dan muntah. Carvacrol, senyawa lain dalam merica, juga telah terbukti memiliki efek anti-mual.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Piperin dalam merica dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Selain itu, merica mengandung antioksidan yang melindungi jantung dari kerusakan.

Cara Mengolah Merica agar Manfaatnya Optimal

Pilih Merica yang Berkualitas

Pilih merica yang berwarna hitam pekat dan mengkilap. Hindari merica yang memiliki bercak atau kerutan, karena dapat menandakan kerusakan. Merica utuh lebih disukai daripada merica bubuk, karena lebih menjaga kandungan nutrisi dan aromanya.

Giling Merica Segar

Giling merica sesaat sebelum digunakan untuk melepaskan aroma dan rasa terbaiknya. Gunakan penggiling merica berkualitas baik untuk hasil yang optimal. Menggiling merica dalam jumlah besar dan menyimpannya dapat mengurangi intensitas rasanya seiring waktu.

Tambahkan Merica pada Akhir Memasak

Tambahkan merica menjelang akhir proses memasak untuk mempertahankan rasa dan aromanya. Memasak merica terlalu lama dapat menghilangkan piperin, senyawa yang memberikan efek kesehatan yang bermanfaat.

Gunakan Sebagai Bumbu dan Penambah Cita Rasa

Merica dapat digunakan sebagai bumbu serbaguna untuk berbagai hidangan, termasuk sup, semur, daging, dan sayuran. Selain menambah cita rasa, merica juga memberikan manfaat kesehatan yang potensial, seperti sifat antioksidan, anti-inflamasi, dan antibakteri.

Pertanyaan dan Jawaban Mengenai Merica

Apakah merica baik untuk kesehatan?

Ya, merica mengandung antioksidan yang tinggi, seperti piperin, yang memiliki sifat anti-inflamasi dan antikanker. Merica juga merupakan sumber vitamin C, vitamin K, dan mineral, seperti kalium dan mangan.

Bagaimana merica dapat bermanfaat bagi pencernaan?

Piperin dalam merica merangsang produksi asam lambung, yang dapat membantu pencernaan. Selain itu, merica memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu melawan bakteri berbahaya di saluran pencernaan. Merica juga dapat membantu mengurangi kembung dan perut kembung.

Penutup

Merica memiliki kandungan nutrisi yang kaya, kaya akan antioksidan, vitamin, dan mineral. Manfaat kesehatannya yang beragam, termasuk sifat anti-inflamasi, meningkatkan pencernaan, dan meningkatkan kekebalan tubuh, menjadikannya bumbu yang sangat bermanfaat. Ada banyak cara untuk mengolah merica, baik dalam bentuk utuh, bubuk, atau ekstrak, menjadikannya bahan serbaguna dalam berbagai hidangan dan minuman. Dengan memasukkan merica ke dalam makanan, individu dapat memanfaatkan berbagai manfaat kesehatannya dan menikmati rasanya yang unik dan menyengat.