Sayuran Acorn Squash: Kandungan Nutrisi, Manfaat Kesehatan, dan Cara Mengolahnya

Acorn Squash » Goodale Farms

Acorn squash adalah varietas labu musim dingin yang kecil dan berbentuk seperti biji pohon ek, dengan daging berwarna oranye terang dan rasa manis yang sedikit seperti butternut squash. Dagingnya yang padat dan bertekstur halus menjadikannya sayuran serbaguna yang dapat dipanggang, dikukus, atau diisi. Batang bunga yang keras dapat dipotong dan dikukus untuk menambah tekstur dan rasa pada hidangan. Acorn squash kaya akan vitamin A, C, dan serat, serta merupakan sumber kalium, mangan, dan zat besi yang baik.

Kandungan Nutrisi Sayuran Acorn Squash

Acorn squash adalah sayuran musim gugur yang kaya nutrisi. Berikut ini adalah kandungan nutrisi yang terdapat dalam 1 cup (205 gram) acorn squash:

Kalori: 115
Karbohidrat: 30 gram
Protein: 2 gram
Serat: 9 gram
Provitamin A: 18% dari angka kebutuhan gizi harian
Vitamin C: 37% dari angka kebutuhan gizi harian
Vitamin B1: 23% dari angka kebutuhan gizi harian
Vitamin B6: 20% dari angka kebutuhan gizi harian
Vitamin B9: 10% dari angka kebutuhan gizi harian
Besi: 11% dari angka kebutuhan gizi harian
Magnesium: 22% dari angka kebutuhan gizi harian
Kalium: 26% dari angka kebutuhan gizi harian
Mangan: 25% dari angka kebutuhan gizi harian

Manfaat Sayuran Acorn Squash untuk Kesehatan

Sayuran acorn squash adalah sumber nutrisi yang luar biasa dan memiliki banyak manfaat kesehatan. Berikut ini adalah beberapa manfaat utama dari sayuran ini:

Menguatkan Imunitas

Acorn squash kaya akan vitamin C, antioksidan yang kuat yang membantu melindungi sel-sel dari kerusakan. Vitamin C juga memainkan peran penting dalam fungsi kekebalan tubuh, membantu tubuh melawan infeksi dan penyakit.

Menjaga Kesehatan Jantung

Acorn squash adalah sumber serat makanan yang baik, yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung. Serat juga membantu mengatur kadar gula darah dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga dapat membantu mengelola berat badan.

Mendukung Kesehatan Pencernaan

Acorn squash kaya akan serat, yang penting untuk kesehatan pencernaan. Serat membantu menjaga keteraturan pencernaan, mengurangi sembelit, dan dapat membantu mencegah gangguan pencernaan seperti divertikulitis dan sindrom iritasi usus besar.

Mencegah Kekurangan Vitamin

Acorn squash adalah sumber beberapa vitamin penting, termasuk vitamin A, vitamin B6, dan folat. Vitamin A penting untuk kesehatan penglihatan, sementara vitamin B6 terlibat dalam banyak fungsi tubuh, termasuk metabolisme dan pembentukan sel darah merah. Folat sangat penting untuk produksi DNA dan sel-sel baru.

Baca juga:   Buah Jengkol: Kandungan Nutrisi, Manfaat Kesehatan, dan Cara Mengolahnya

Menurunkan Risiko Kanker

Acorn squash mengandung antioksidan yang dapat membantu melindungi sel-sel dari kerusakan yang dapat menyebabkan kanker. Selain itu, serat yang ditemukan dalam acorn squash dapat membantu mendetoksifikasi tubuh dan menghilangkan karsinogen.

Cara Mengolah Sayuran Acorn Squash agar Manfaatnya Optimal

1. Pemilihan dan Penyimpanan

Pilih acorn squash yang berat dan keras, dengan kulit yang berwarna oranye cerah. Hindari memilih squash yang memiliki memar atau luka. Simpan acorn squash di tempat yang sejuk dan kering hingga selama 3 bulan. Cuci bersih sebelum diolah.

2. Potong dan Buang Isinya

Potong acorn squash menjadi dua bagian memanjang. Gunakan sendok untuk membuang biji dan bagian berserat di dalamnya. Kemudian, potong squash menjadi irisan atau kubus sesuai keinginan.

3. Pengukusan

Pengukusan adalah cara terbaik untuk mempertahankan nutrisi acorn squash. Kukus irisan squash selama 15-20 menit, atau hingga empuk saat ditusuk dengan garpu. Alternatifnya, Anda dapat merebus squash dalam air selama sekitar 10 menit.

4. Panggang

Memanggang acorn squash menghasilkan rasa yang lebih karamel dan renyah. Olesi irisan squash dengan sedikit minyak zaitun dan panggang dalam oven pada suhu 190-200°C selama 25-30 menit, atau hingga kulitnya sedikit kecokelatan.

5. Tumis atau tumbuk

Anda juga bisa menumis irisan acorn squash dengan sayuran lain, seperti bawang bombay dan paprika. Atau, haluskan squash yang sudah dikukus atau dipanggang untuk membuat sup atau puree yang kaya nutrisi.

6. Konsumsi

Acorn squash yang telah diolah dapat dikonsumsi sebagai lauk, campuran salad, atau bahan dalam berbagai hidangan. Tambahkan daging tanpa lemak, kacang-kacangan, atau keju untuk melengkapi nutrisi dan rasa.

Pertanyaan dan Jawaban Mengenai Sayuran Acorn Squash

Apa itu sayuran acorn squash dan apa manfaat kesehatannya?

Acorn squash adalah sayuran musim gugur yang berbentuk seperti biji ek. Kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan. Ini merupakan sumber serat yang baik, yang dapat membantu menurunkan kolesterol dan mengatur gula darah. Selain itu, acorn squash juga mengandung vitamin A, C, B6, dan folat, yang semuanya penting untuk kesehatan secara keseluruhan.

Apakah acorn squash cocok untuk menurunkan berat badan?

Ya, acorn squash bisa menjadi pilihan yang baik untuk menurunkan berat badan. Ini rendah kalori dan tinggi serat, yang membuat Anda merasa kenyang dan puas setelah makan. Serat juga membantu memperlambat pencernaan, yang dapat membantu Anda mempertahankan kadar gula darah yang stabil dan mencegah ngidam.

Penutup

Sayuran acorn squash kaya akan nutrisi penting seperti vitamin A, vitamin C, serat, dan kalium. Kandungan nutrisinya memberikan berbagai manfaat kesehatan, termasuk meningkatkan kesehatan mata, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengatur pencernaan, dan menjaga kesehatan jantung. Berbagai cara pengolahan acorn squash, seperti memanggang, memanggang, atau membuat sup, membuat sayuran ini menjadi pilihan makanan yang serbaguna dan bergizi. Dengan memasukkan acorn squash ke dalam makanan, individu dapat menikmati manfaat kesehatannya dan meningkatkan asupan nutrisi secara keseluruhan.