Sayuran Gambas: Kandungan Nutrisi, Manfaat Kesehatan, dan Cara Mengolahnya

Jual Sayur Gambas / Oyong Fresh Segar Kiloan Pasar Murah Jakarta

Sayuran gambas (Lufffia acutangula) atau dikenal dengan nama oyong adalah tumbuhan yang merupakan anggota keluarga Cucurbitaceae yang tumbuh subur di daerah yang beriklim tropis dan subtropis.

Tanaman ini tumbuh merambat seperti mentimun. Buahnya berbentuk panjang dengan tonjolan pada bagian permukaan kulitnya dan berwarna hijau, sedangkan daging buahnya berwana putih. Gambas memiliki rasa yang hampir mirip dengan buah Zucchini.

Kandungan Nutrisi Sayuran Gambas

Sayuran gambas atau sayuran oyong merupakan sumber nutrisi yang kaya dan beragam. Berikut adalah kandungan nutrisi utama dalam 178 gram gambas:

Protein 1,17 g
Lemak total 0,61 g
Abu 0,66 g
Karbohidrat 25,53 g
Serat makanan 5.2 g
Total gula 9.2 g
Vitamin A 463 mcg
Vitamin B5 0,892 mg
Vitamin B6 0.176 mg
Vitamin C 10,1 mg
Vitamin B1 0,082 mg
Vitamin B2 0,075 mg
Mangan 0,397 mg
Kalium 806 mg
Tembaga 0.151 mg
Magnesium 36 mg
Besi 0,64 mg
Fosfor 55 mg
Asam lemak jenuh 0,048 g
Asam kelapa sawit 0,034 g

Manfaat Sayuran Gambas untuk Kesehatan

Sayuran gambas, yang juga dikenal sebagai oyong atau luffa, adalah sayuran yang kaya nutrisi dan menawarkan berbagai manfaat kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan yang telah terbukti dari sayuran gambas:

Meningkatkan Hidrasi

Gambas mengandung hingga 96% air, sehingga menjadikannya sayuran yang sangat menghidrasi. Mengonsumsi gambas dapat membantu menjaga keseimbangan elektrolit dan mencegah dehidrasi, terutama selama cuaca panas atau aktivitas fisik.

Mendukung Pencernaan yang Sehat

Gambas kaya akan serat larut dan tidak larut. Serat larut membantu memperlambat pencernaan, menciptakan rasa kenyang, dan mengatur kadar gula darah. Serat tidak larut menambah kotoran dan mendorong gerakan usus yang teratur, mencegah sembelit.

Mengatur Tekanan Darah

Gambas merupakan sumber potasium yang baik, mineral yang berperan penting dalam mengatur tekanan darah. Potasium membantu menyeimbangkan kadar natrium dalam tubuh, yang dapat berkontribusi pada hipertensi. Konsumsi gambas secara teratur dapat membantu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung.

Baca juga:   11 Manfaat Buah Alpukat Untuk Ibu Hamil

Mengurangi Risiko Kanker

Gambas mengandung antioksidan, seperti vitamin C dan beta-karoten, yang membantu melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Antioksidan ini telah dikaitkan dengan penurunan risiko beberapa jenis kanker, termasuk kanker paru-paru dan prostat.

Meningkatkan Kesehatan Tulang

Gambas mengandung kalsium, magnesium, dan boron, yang penting untuk kesehatan tulang. Mineral ini membantu menjaga kepadatan tulang dan mencegah kondisi seperti osteoporosis. Mengonsumsi gambas secara teratur dapat membantu memperkuat tulang dan mengurangi risiko patah tulang.

Cara Mengolah Sayuran Gambas agar Manfaatnya Optimal

1. Pilih Sayuran yang Segar

Pilih gambas yang masih segar dengan warna hijau cerah, tekstur kenyal, dan tidak layu. Hindari memilih gambas yang sudah memar atau busuk karena dapat mengurangi kandungan nutrisinya.

2. Cuci Bersih

Cuci gambas dengan air mengalir untuk menghilangkan kotoran dan residu pestisida. Gunakan spons atau sikat lembut untuk membersihkan bagian permukaan gambas secara menyeluruh.

3. Iris atau Potong Sesuai Selera

Iris atau potong gambas sesuai dengan ukuran dan bentuk yang diinginkan. Irisan tipis akan mempercepat proses memasak dan memudahkan penyerapan nutrisi.

4. Masak dengan Metode yang Tepat

Gambas dapat dimasak dengan berbagai metode, seperti tumis, rebus, kukus, atau panggang. Hindari memasak gambas terlalu lama karena dapat menghancurkan vitamin dan mineral yang terkandung di dalamnya.
Untuk mendapatkan manfaat optimal, disarankan untuk memasak gambas dengan metode kukus atau rebus selama waktu yang singkat, sekitar 5-10 menit.

5. Tambahkan Bumbu Secukupnya

Tambahkan bumbu secukupnya untuk menambah cita rasa, namun jangan berlebihan. Bumbu yang terlalu banyak dapat menutupi rasa alami gambas dan mengurangi penyerapan nutrisinya.

6. Konsumsi Segera

Gambas sebaiknya dikonsumsi segera setelah dimasak untuk mempertahankan nilai gizinya. Hindari menyimpan gambas yang sudah dimasak terlalu lama karena dapat menurunkan kandungan nutrisinya.

Pertanyaan dan Jawaban Mengenai Sayuran Gambas

Apakah gambas baik untuk kesehatan?

Ya. Gambas kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan, seperti vitamin A, vitamin C, folat, kalium, dan beta-karoten.

Apa saja manfaat gambas bagi kesehatan?

Konsumsi gambas dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan, termasuk:

  • Mengurangi risiko penyakit jantung
  • Membantu mengatur tekanan darah
  • Mendukung kesehatan mata
  • Membantu menguatkan sistem kekebalan tubuh
  • Menjaga kesehatan pencernaan

Penutup

Gambas, sayuran padat nutrisi, kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan yang memberikan berbagai manfaat kesehatan, mulai dari meningkatkan kesehatan pencernaan hingga mengurangi risiko penyakit kronis. Memasak gambas dengan benar, seperti mengukus atau merebus, akan mempertahankan kandungan nutrisinya secara optimal. Dengan mengonsumsi gambas secara teratur sebagai bagian dari pola makan sehat, individu dapat memanfaatkan manfaat kesehatan yang luar biasa dari sayuran yang luar biasa ini.