Informasi Obat Lansoprazole : Fungsi, Dosis & Efek Samping

Obat Lansoprazole merupakan jenis obat golongan penghambat pompa proton. Obat ini digunakan untuk menurunkan jumlah asam yang diproduksi di dalam lambung. Bagi Anda penderita penyakit maag, tukak lambung, esophagitis mungkin sudah tidak asing dengan jenis obat ini. Namun bagi Anda yang belum pernah menggunakannya sebaiknya ketahui dulu apa itu obat lansoprazole, fungsi, dosis, dan efek sampingnya.

Setelah sebelumnya SehatPlus telah mengajak Anda untuk mengenal Informasi Obat Asam Mefenamat, maka pada kesempatan kali ini Anda akan diajak untuk mengenal obat lansoprazole lebih dekat.

Apa Itu Obat Lansoprazole ..

Telah disebutkan di atas bahwa obat lansoprazole termasuk golongan penghambat pompa proton (proton pump inhibitor) yang akan menghambat sekresi / pengeluaran asam lambung. Jenis obat ini akan bekerja secara spesifik dengan menghambat enzim H+ / K+-ATPase (yang merupakan pompa proton) yang terdapat pada sel parietal dinding lambung.

Obat lansoprazole termasuk jenis obat OTC (over the counter) yang artinya dapat Anda peroleh baik di apotek maupun toko obat tanpa harus menggunakan resep dokter. Walaupun demikian, sebaiknya periksakan dulu kondisi kesehatan Anda sebelum penggunaan obat ini agar penggunaan obat ini sesuai dengan indikasi dan peruntukannya.

Berbagai merek dagang dapat Anda temukan di pasaran yang mengandung obat ini. Untuk mengkonsumsi obat lansoprazole dengan cara diminum dan efeknya akan dirasakan dalam waktu 2 jam setelah dikonsumsi.

Indikasi Obat Lansoprazole

Berikut ini adalah beberapa fungsi dan kegunaan obat lansoprazole, yaitu:

  • Pengobatan jangka pendek tukak usus
  • Pengobatan jangka pendek tukak lambung
  • Alternatif pengobatan untuk penderita tukak lambung dan usus yang tidak sembuh dengan pemberian obat antagonis reseptor H2
  • Pengobatan esofagitis erosif (kerusakan esofagus karena asam lambung), perlu pemeriksaan endoskopi
  • Pengobatan kondisi lain yang berkaitan dengan produk asam lambung berlebih seperti sindrom Zollinger-Ellison
  • Pengobatan heartburn (rasa begah dan panas di perut) yang sering terjadi 2 hari atau lebih per minggu. Namun obat ini tidak ditujukan untuk mengatasi gejala heartburn secara cepat. Perlu Anda ketahui banyak orang yang salah mengira gejala heartburn padahal yang muncul tsb adalah gejala serangan jantung. Jadi sebaiknya Anda waspada dan bila Anda merasa nyeri di bagian dada / sesak, dan rasa nyeri tsb menyebar ke lengan ataupun bahu, mual, berkeringat, dan merasa tidak enak badan maka segeralah periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Kontra Indikasi Obat Lansoprazole

Obat Lansoprazole tidak boleh digunakan pada penderita yang hipersensitif dengan obat ini atau memiliki reaksi alergi terhadap obat ini.

Bila Anda memiliki penyakit liver atau memiliki kadar magnesium darah yang rendah sebaiknya tanyakan dulu ke dokter atau apoteker mengenai aman atau tidaknya mengkonsumsi obat ini.

Baca juga:   Bahaya dan Manfaat Singkong Untuk Kesehatan Yang Perlu Diketahui

Dosis Obat Lansoprazole

Di pasaran, obat ini tersedia dalam bentuk sediaan kapsul dengan dosis 30mg yang diminum sehari sekali. Selain itu juga tersedia dalam bentuk suspensi oral.

obat lansoprazole
Obat Lansoprazole Sediaan Kapsul (image: drugs.com)

Berikut ini adalah dosis obat lansoprazole yang dianjurkan untuk orang dewasa:

  • Penderita tukak usus / duodenal : 30mg sehari, kesembuhan biasanya dicapai dalam 4 minggu pengobatan.
  • Penderita tukak lambung : 30mg sehari, kesembuhan biasanya dicapai dalam 8 minggu pengobatan.
  • Pengobatan esofagitis erosif : 60mg sehari, kesembuha biasanya dicapai dalam 8 minggu pengobatan
  • Pengobatan tukak usus yang tidak dapat disembuhkan dengan jenis obat lain: 60mg sehari, kesembuhan biasanya dicapai dalam 4 minggu pengobatan
  • Pengobatan tukak lambung yang tidak dapat disembuhkan dengan jenis obat lain: 60mg sehari, kesembuhan biasanya dicapai dalam 8 minggu pengobatan

Sementara ini penggunaan obat lansoprazole untuk anak-anak belum diketahui secara pasti baik dosis maupun keamanannya.

Cara Penggunaan Obat Lansoprazole

Obat ini harus ditelan utuh diminum dengan segelas air putih, kapsul tidak boleh dibuka, dikunyah, dihancurkan / atau digerus.

Sebaiknya obat ini diminum pagi hari sebelum sarapan pagi agar aktivitas Anda sehari-hari dapat lebih lancar dan tidak terganggu.

Pada beberapa kondisi kesehatan tertentu diperlukan pengobatan kombinasi lansoprazole dan antibiotik. Sebaiknya bacalah cara penggunaannya dan patuhi resep dokter.

Efek Samping Obat Lansoprazole

Beberapa efek samping ringan dapat saja terjadi seperti pusing, sakit kepala, kembung, mual, diare, konstipasi, ruam dan gatal pada kulit.

Informasi Keamanan

  • Lansoprazole yang diberikan dengan dosis yang melebihi 90 mg, sebaiknya diberikan menjadi 2 dagi menjadi 2 dosis pemberian dalam sehari.
  • Lansoprazole sebaiknya tidak digunakan pada masa kehamilan, menyusui, bayi dan anak-anak karena belum tersedia informasi yang cukup.
  • Lansoprazole dapat memperpanjang eliminasi / penguraian beberapa obat-obatan seperti diazepam, penitoin dan warfarin, sehingga sangat disarankan untuk menurunkan dosis pemakaian obat tsb bila digunakan bersamaan dengan obat lansoprazole.
  • Jangan gunakan lansoprazole bersamaan dengan sucralfate (Carafate). Sucralfate dapat membuat penyerapan lansoprazole lebih sulit. Setidaknya tunggu 30 menit setelah minum lansoprazole sebelum Anda konsumsi sucralfate.
  • Walapun gejala sudah hilang sebaiknya Anda tetap terus melanjutkan pengobatan seperti petunjuk dosis agar infeksi yang dialami benar-benar sembuh.
  • Tanyakan pada dokter atau apoteker mengenai boleh tidaknya mengkonsumsi obat lansoprazole bila Anda memiliki penyakit liver, kadar magnesium darah rendah, osteoporosis (tulang rapuh) atau osteopenia (kerapatan tulang rendah)
  • Jangan gunakan obat ini tanpa petunjuk dokter jika Anda memiliki kesulitan / nyeri saat menelan, BAB berdarah atau kehitaman, muntah berdarah atau seperti serbuk kopi, heartburn selama 3 bulan, seringkali merasa nyeri dada, penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan, mual atau muntah, nyeri lambung, atau mengalami gangguan metabolisme atau ketidakseimbangan elektrolit.
  • Informasikan juga kepada dokter bila Anda memiliki fenilketonuria karena beberapa sediaan lansoprazole dapat mengandung fenilalanin.

Itulah informasi obat lansoprazole yang perlu diketahui seputar fungsi / indikasi, kontra indikasi, efek samping, dan informasi keamanannya. Semoga bermanfaat ..

Sumber Referensi:
www.drugs.com/lansoprazole.html