Buah Blewah: Kandungan Nutrisi, Manfaat Kesehatan, dan Cara Mengolahnya

Cegah Penuaan Kulit dengan Konsumsi Buah Blewah - GenPI.co

Buah blewah, yang secara ilmiah dikenal sebagai Cucumis melo var. cantalupensis, adalah buah berbiji besar anggota keluarga Cucurbitaceae. Buah bulat dengan kulit bertekstur jaring ini memiliki daging buah berwarna oranye yang berair dan manis. Blewah banyak dibudidayakan di daerah tropis dan subtropis di seluruh dunia dan merupakan sumber vitamin, mineral, dan antioksidan yang sangat baik.

Kandungan Nutrisi Buah Blewah

Blewah merupakan buah tropis yang kaya akan nutrisi. Berikut kandungan nutrisi dalam 100 gram buah blewah:

  • Air: 90,2 gram (g)
  • Kalori: 34 kkal
  • Protein: 0,84 g
  • Lemak: 0,19 g
  • Karbohidrat: 8,16 g
  • Serat: 0,9 g
  • Kalsium: 9 miligram (mg)
  • Fosfor: 15 mg
  • Zat besi: 0,21 mg
  • Kalium: 15 mg
  • Magnesium: 12 mg
  • Zinc: 0,18 mg
  • Retinol (Vit. A): 169 mikrogram (mcg)
  • Thiamin (Vit. B1): 0,041 mg
  • Riboflavin (Vit. B2): 0,019 mg
  • Niacin (Vit. B3): 0,734 mg
  • Vitamin C: 36,7 mg

Manfaat Buah Blewah untuk Kesehatan

Kaya Nutrisi dan Elektrolit

Buah blewah merupakan sumber vitamin, mineral, dan elektrolit yang sangat baik. Buah ini kaya akan vitamin C, yang penting untuk kekebalan tubuh, dan potasium, yang membantu mengatur tekanan darah dan keseimbangan cairan. Kandungan elektrolit seperti sodium dan kalsium juga membantu menjaga hidrasi dan fungsi otot.

Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Serat dalam buah blewah membantu melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit. Selain itu, sifat antioksidannya dapat melindungi sel-sel saluran pencernaan dari kerusakan dan mengurangi risiko penyakit pencernaan seperti kanker usus besar.

Mendukung Kesehatan Mata

Buah blewah kaya akan beta-karoten, yang merupakan antioksidan yang diubah menjadi vitamin A dalam tubuh. Vitamin A sangat penting untuk kesehatan mata dan dapat membantu mencegah degenerasi makula dan katarak.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Buah blewah memiliki kandungan kalori yang rendah dan tinggi serat, sehingga dapat membantu membuat merasa kenyang lebih lama dan mengurangi asupan makanan secara keseluruhan. Ini dapat membantu menurunkan berat badan dan menjaga berat badan yang sehat.

Menjaga Kesehatan Jantung

Kalium dalam buah blewah dapat membantu menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit jantung. Selain itu, kandungan antioksidannya seperti vitamin C dan beta-karoten dapat membantu melindungi pembuluh darah dari kerusakan dan mengurangi peradangan.

Baca juga:   Sayuran Kecipir: Kandungan Nutrisi dan Manfaat Kesehatannya

Meningkatkan Kesehatan Kulit

Vitamin C dalam buah blewah adalah antioksidan kuat yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Ini dapat membantu mengurangi tanda-tanda penuaan seperti kerutan dan bintik hitam, serta mempercepat penyembuhan luka.

Cara Mengolah Buah Blewah agar Manfaatnya Optimal

Buah blewah kaya akan nutrisi penting seperti vitamin A, C, dan kalium. Untuk mendapatkan manfaat optimal dari buah ini, penting untuk mengolahnya dengan benar.

Pemilihan dan Penyimpanan

Pilih buah blewah yang matang dan berat untuk ukurannya. Hindari buah yang memar atau ada tanda busuk. Simpan buah blewah pada suhu ruangan selama 2-3 hari, atau di lemari es hingga 2 minggu.

Cuci dan Potong

Cuci bersih buah blewah dengan air mengalir. Lalu, potong menjadi dua dan buang bijinya. Potong daging buah menjadi potongan kecil atau sesuai keinginan.

Konsumsi Segar

Cara terbaik untuk menikmati manfaat kesehatan buah blewah adalah dengan mengonsumsinya segar. Hal ini akan mempertahankan kadar vitamin dan mineral secara maksimal.

Jus atau Smoothie

Untuk mendapatkan asupan nutrisi yang lebih cepat, blender buah blewah bersama dengan bahan lain seperti buah-buahan atau sayuran. Ini menciptakan jus atau smoothie yang kaya antioksidan dan hidrasi.

Salad

Tambahkan potongan buah blewah ke dalam salad untuk menambah rasa manis dan nutrisi. Blewah cocok dipadukan dengan sayuran hijau seperti arugula, bayam, atau kangkung.

Puding atau Es Krim

Campurkan buah blewah yang dihaluskan dengan yogurt, susu, atau krim untuk membuat puding atau es krim. Ini adalah cara yang lezat untuk menikmati buah blewah sekaligus mendapatkan nutrisi penting.

Pertanyaan dan Jawaban Mengenai Buah Blewah

Apa saja manfaat buah blewah untuk kesehatan?

Blewah kaya akan vitamin C, A, dan kalium yang penting untuk menjaga kesehatan jantung, memperkuat sistem kekebalan tubuh, dan meningkatkan kesehatan mata.

Apakah buah blewah baik untuk pencernaan?

Ya, blewah mengandung banyak serat yang dapat memperlancar pencernaan, mencegah konstipasi, dan menurunkan kadar kolesterol.

Bagaimana cara terbaik mengonsumsi buah blewah?

Blewah dapat dikonsumsi secara langsung, dibuat jus, atau ditambahkan ke dalam salad, makanan penutup, dan makanan panggang. Hindari mengolah blewah secara berlebihan karena dapat mengurangi kandungan nutrisinya.

Penutup

Buah blewah merupakan sumber nutrisi yang kaya dengan manfaat kesehatan yang beragam. Tinggi akan kandungan vitamin A, C, dan kalium, blewah membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh, meningkatkan kesehatan mata, dan mengatur tekanan darah. Selain itu, pektin dalam blewah dapat membantu mengatasi masalah pencernaan. Untuk mengolah buah blewah, Anda dapat mengonsumsi langsung, membuatnya menjadi jus, es buah, atau hidangan penutup yang menyegarkan. Dengan kandungan nutrisi dan manfaat kesehatannya yang melimpah, blewah menjadi pilihan buah yang tepat untuk dimasukkan dalam pola makan sehat Anda.