Buah Jeruk Kingkit: Kandungan Nutrisi, Manfaat Kesehatan, dan Cara Mengolahnya

kandungan nutrisi buah jeruk kingkit

Buah jeruk kingkit atau dikenal dengan nama kim quat / kimkit adalah jenis jeruk yang banyak ditemukan di Asia Tenggara. Ini adalah buah berukuran sedang dengan kulit bertekstur yang berwarna hijau hingga kuning saat matang. Kingkit ditandai dengan daging buah berwarna oranye yang beraroma kuat dan rasa asam yang khas. Yang unik dari buah jeruk ini adalah kulit buahnya yang dapat dimakan.

Buah ini banyak digunakan dalam masakan Asia untuk menambah rasa dan aroma pada kari, hidangan laut, dan salad. Selain sebagai bahan kuliner, kingkit juga dikenal sebagai obat tradisional untuk berbagai kondisi kesehatan.

Kandungan Nutrisi Buah Jeruk Kingkit

Buah jeruk kingkit, juga dikenal sebagai jeruk kimkit, merupakan sumber yang kaya nutrisi penting. Berikut adalah perincian kandungan nutrisinya:

Energi 179 kj, 43 kkal
Lemak 0,27g
Lemak Jenuh 0,034g
Lemak tak Jenuh Ganda 0,065g
Lemak tak Jenuh Tungga l0,04g
Kolesterol 0mg
Protein 0,81g
Karbohidrat 11,93g
Serat 2,3g
Gula 6,66g
Sodium 2mg
Kalium 141mg

Selain itu, Jeruk kingkit termasuk buah yang punya banyak kandungan vitamin C. Bahkan kandungan nutrisi vitamin C buah jeruk kimkit bisa mencapai 14 % dari kebutuhan harian pada vitamin C.

Penting untuk dicatat bahwa kandungan nutrisi dalam buah jeruk kingkit dapat bervariasi tergantung pada varietas, kondisi pertumbuhan, dan kematangan.

Manfaat Buah Jeruk Kingkit untuk Kesehatan

1. Kaya Antioksidan

Buah jeruk kingkit mengandung berbagai antioksidan, seperti vitamin C, flavonoid, dan karotenoid. Antioksidan ini membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, yang dapat memicu berbagai penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung.

2. Sumber Vitamin C

Buah jeruk kingkit kaya akan vitamin C, yang penting untuk kesehatan kekebalan tubuh, kulit, dan fungsi kardiovaskular. Vitamin C membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi, menjaga kesehatan kulit, dan menurunkan risiko penyakit kardiovaskular dengan mencegah penumpukan plak di arteri.

Baca juga:   Manfaat Pisang Bagi Kesehatan dan Dampak Buruknya Yang Perlu Diketahui

3. Mendukung Kesehatan Pencernaan

Buah jeruk kingkit mengandung serat larut dan tidak larut, yang bermanfaat bagi kesehatan pencernaan. Serat larut membentuk zat seperti gel di perut yang membantu memperlambat pencernaan, membuat Anda kenyang lebih lama, dan mengatur kadar gula darah. Serat tidak larut menambah massa tinja dan membantu mencegah sembelit.

4. Menurunkan Tekanan Darah

Buah jeruk kingkit mengandung potasium, mineral penting yang membantu mengatur tekanan darah. Potasium bekerja dengan menyeimbangkan kadar natrium dalam tubuh, yang dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah jika terlalu tinggi.

5. Membantu Menurunkan Berat Badan

Buah jeruk kingkit rendah kalori dan tinggi serat. Serat membuat Anda merasa kenyang lebih lama, yang dapat membantu mengurangi asupan kalori secara keseluruhan dan mendorong penurunan berat badan.

Cara Mengolah Buah Jeruk Kingkit agar Manfaatnya Optimal

Pilih Jeruk Kingkit yang Segar

Pilihlah jeruk kingkit yang masih segar dan berkualitas baik. Ciri-cirinya adalah kulitnya mulus dan berwarna hijau kekuningan, daging buahnya tebal, dan aromanya harum.

Cuci Bersih

Cuci buah jeruk kingkit secara menyeluruh menggunakan air mengalir. Bilas hingga bersih untuk menghilangkan kotoran dan pestisida.

Kupas dan Belah

Kupas kulit jeruk kingkit secara tipis agar tidak terbuang banyak daging buahnya. Belah jeruk kingkit menjadi beberapa bagian untuk memudahkan pengambilan daging buahnya.

Konsumsi Langsung

Cara terbaik untuk mendapatkan manfaat optimal dari buah jeruk kingkit adalah dengan mengonsumsinya secara langsung. Jeruk kingkit kaya akan vitamin C dan antioksidan yang mudah diserap oleh tubuh dalam bentuk segar.

Peras Menjadi Jus

Jika ingin mengonsumsi jeruk kingkit dalam bentuk jus, peraslah daging buahnya tanpa tambahan air atau gula. Jus jeruk kingkit segar kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan yang baik untuk kesehatan.

Tambahkan ke Salad atau Hidangan

Daging buah jeruk kingkit dapat ditambahkan ke dalam salad, smoothie, atau hidangan lainnya. Ini akan memberikan rasa asam yang menyegarkan dan menambah nilai gizi pada makanan.

Pertanyaan dan Jawaban Mengenai Buah Jeruk Kingkit

Apakah Buah Jeruk Kingkit Baik untuk Kesehatan?

Ya, buah jeruk kingkit Kaya akan vitamin C, antioksidan, dan serat yang bermanfaat bagi kesehatan. Vitamin C mendukung sistem kekebalan, sementara antioksidan melindungi sel-sel dari kerusakan dan serat membantu mengatur pencernaan.

Apa Saja Manfaat Kesehatan Buah Jeruk Kingkit?

Buah jeruk kingkit dikaitkan dengan beberapa manfaat kesehatan, termasuk:
– Meningkatkan kekebalan tubuh
– Melindungi dari penyakit kronis seperti penyakit jantung dan kanker
– Mengatasi sembelit dan masalah pencernaan
– Mengurangi peradangan
– Menjaga kesehatan kulit

Penutup

Buah jeruk kingkit kaya akan nutrisi penting yang memberikan berbagai manfaat kesehatan, mulai dari meningkatkan sistem kekebalan tubuh hingga melindungi kesehatan jantung. Pengolahan jeruk kingkit yang tepat, seperti mengonsumsinya langsung, membuat jus, atau memanfaatkan kulitnya untuk teh, dapat memaksimalkan penyerapan nutrisinya. Dengan memasukkan buah jeruk kingkit ke dalam pola makan secara teratur, individu dapat memperoleh manfaat kesehatannya yang luar biasa dan menjalani gaya hidup yang lebih sehat secara keseluruhan.