Buah Kenitu: Kandungan Nutrisi, Manfaat Kesehatan, dan Cara Mengolahnya

Kenitu, Buah Khas Indonesia Yang Kaya Manfaat - Yuni Handono

Buah Kenitu (Chrysophyllum cainito.) adalah buah yang berasal dari suku sawo-sawoan. tropis yang berasal dari Asia Tenggara. Biasanya ditemukan di hutan hujan tropis dan hutan bakau, serta memiliki pohon buah berukuran sedang hingga besar yang dapat mencapai ketinggian hingga 30 meter. Buah yang memiliki rasa manis dan bentuk bulat ini banyak dijumpai di pasar-pasar tradisional. Warna kulit buah kenitu beragam, ada yang berwarna hijau, hijau kecoklatan dan ungu.  Kenitu adalah sumber nutrisi yang baik, mengandung vitamin C, vitamin A, dan potasium, serta memiliki sifat antioksidan.

Kandungan Nutrisi Buah Kenitu

Buah kenitu, yang juga dikenal sebagai sawo durian, sawo ijo, atau sawo apel merupakan buah tropis yang kaya akan nutrisi. Berikut adalah kandungan nutrisi dalam 100g buah kenitu:

Kandungan air 78,4–85,7%
Kalori 67,2kcal
Protein 0,72–2,33gram
Karbohidrat 14,65gram
Gula Total 8,45–10,39gram
Serat 0,55–3,30gram
Kalsium 7,4–17,3mg
Fosfor 15,9–22,0mg
Zat Besi 0,30–0,68mg
Vitamin A 0,004–0,039mg
Vitamin B1 0,018–0,08mg
Vitamin B2 0,013–0,04mg
Vitamin B3 0,935–1,340mg
Vitamin C 3,0–15,2mg
Triptofan (asam amino) 4mg
Metionina (asam amino) 2mg
Lisina (asam amino) 22mg
Total Fenol 217,0–387,1mg

Selain nutrisi penting ini, buah kenitu juga mengandung jumlah protein dan lemak yang sedikit.

Manfaat Buah Kenitu untuk Kesehatan

Buah kenitu, yang juga dikenal sebagai buah gernitu atau manecu, adalah buah tropis kecil yang kaya akan nutrisi dan memberikan berbagai manfaat kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan utama dari buah kenitu:

Mengandung Antioksidan Tinggi

Buah kenitu kaya akan antioksidan, seperti antosianin dan flavonoid. Antioksidan ini membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, yang merupakan molekul tidak stabil yang dapat menyebabkan stres oksidatif dan berbagai penyakit. Antioksidan dalam buah kenitu membantu menetralisir radikal bebas, mengurangi risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung, stroke, dan kanker tertentu.

Memiliki Sifat Anti-inflamasi

Buah kenitu juga memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat. Senyawa seperti asam galat dan katekin dalam buah kenitu membantu mengurangi peradangan di seluruh tubuh. Peradangan kronis dikaitkan dengan berbagai penyakit, termasuk radang sendi, penyakit jantung, dan diabetes. Manfaat anti-inflamasi buah kenitu dapat membantu mengurangi gejala dan mencegah perkembangan penyakit ini.

Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Buah kenitu adalah sumber serat makanan yang baik. Serat membantu mengatur pergerakan usus, mencegah sembelit dan diare. Serat dalam buah kenitu juga membantu memberi makan bakteri baik di usus, mempromosikan kesehatan usus dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Memperkuat Tulang dan Gigi

Buah kenitu adalah sumber kalsium dan fosfor yang baik, mineral penting untuk kesehatan tulang dan gigi. Kalsium membantu membangun dan mempertahankan kepadatan tulang, sementara fosfor membantu meningkatkan penyerapan kalsium. Konsumsi buah kenitu secara teratur dapat membantu memperkuat tulang dan gigi, mengurangi risiko osteoporosis dan masalah gigi.

Baca juga:   Sayuran Lobak: Kandungan Nutrisi, Manfaat Kesehatan, dan Cara Mengolahnya

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Buah kenitu mengandung antioksidan dan serat yang membantu meningkatkan kesehatan jantung. Antioksidan membantu melindungi pembuluh darah dari kerusakan, sementara serat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Kombinasi ini dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, termasuk serangan jantung dan stroke.

Cara Mengolah Buah Kenitu agar Manfaatnya Optimal

Buah kenitu merupakan buah khas Indonesia yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Namun, untuk mendapatkan manfaatnya secara optimal, penting untuk mengolah buah kenitu dengan baik dan benar. Berikut adalah cara mengolah buah kenitu yang baik dan benar:

1. Pilih Buah Kenitu yang Matang

Pilihlah buah kenitu yang sudah matang sempurna. Buah kenitu yang matang ditandai dengan kulitnya yang berwarna kuning kecoklatan dan terasa agak lunak saat ditekan.

2. Kupas dan Buang Biji

Kupas kulit buah kenitu dengan hati-hati agar daging buahnya tidak rusak. Setelah itu, belah buah menjadi dua dan buang bijinya.

3. Kukus atau Rebus

Kukus atau rebus daging buah kenitu selama 15-20 menit hingga lunak. Setelah itu, angkat dan tiriskan.

4. Konsumsi Selagi Hangat

Konsumsi buah kenitu selagi hangat untuk mendapatkan manfaatnya secara optimal. Buah kenitu dapat dikonsumsi langsung atau diolah menjadi berbagai hidangan, seperti selai, manisan, atau jus.

Dengan mengolah buah kenitu dengan cara yang baik dan benar, kandungan nutrisi dan manfaatnya akan tetap terjaga sehingga dapat memberikan manfaat yang optimal bagi kesehatan.

Ide Resep Mengolah Buah Kenitu:

Puding Kenitu Sehat

Bahan:

– 10 buah kenitu, kupas dan buang bijinya
– 1 liter susu rendah lemak
– 1/2 cangkir gula pasir
– 2 sendok makan tepung maizena
– 1/4 sendok teh vanila ekstrak

Cara Membuat:

1. Haluskan buah kenitu dengan blender hingga halus.
2. Dalam panci, masukkan susu, gula, dan tepung maizena. Aduk hingga rata.
3. Tambahkan haluskan kenitu dan masak dengan api kecil sambil terus diaduk hingga mengental.
4. Angkat dan masukkan vanila ekstrak.
5. Tuang puding ke dalam cetakan dan dinginkan selama 4-5 jam atau semalaman.
6. Sajikan puding kenitu dingin sebagai camilan sehat yang mengenyangkan.

Pertanyaan dan Jawaban Mengenai Buah Kenitu

Apakah buah kenitu bermanfaat bagi kesehatan?

Ya, buah kenitu kaya akan antioksidan, vitamin C, dan serat, yang semuanya bermanfaat bagi kesehatan. Antioksidan membantu melindungi sel dari kerusakan, vitamin C meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan serat mendukung pencernaan yang sehat.

Apakah buah kenitu aman dikonsumsi untuk penderita diabetes?

Meskipun buah kenitu mengandung gula alami, namun indeks glikemiknya rendah, yang berarti tidak akan menyebabkan lonjakan kadar gula darah yang cepat. Oleh karena itu, buah kenitu dapat dikonsumsi dalam jumlah sedang oleh penderita diabetes.

Penutup

Buah kenitu kaya akan nutrisi penting seperti antioksidan, vitamin C, dan potasium, yang memberikan berbagai manfaat kesehatan. Antioksidan melindungi tubuh dari kerusakan sel, sementara vitamin C meningkatkan kekebalan dan pembentukan kolagen. Potasium membantu mengatur tekanan darah dan keseimbangan elektrolit. Mengonsumsi buah kenitu secara teratur dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung, memperkuat sistem kekebalan, mengurangi risiko penyakit kronis, dan meningkatkan kesehatan kulit. Cara pengolahan yang tepat, baik itu direbus, dimakan mentah, atau dijus, memastikan bahwa manfaat nutrisi buah kenitu dapat dinikmati secara maksimal.