Buah Sawo Manila: Kandungan Nutrisi, Manfaat Kesehatan, dan Cara Mengolahnya

Cara Menanam Biji Sawo Manila - Kampus Tani

Buah sawo manila (Manilkara zapota) adalah buah tropis yang berasal dari hutan hujan Amerika Tengah dan Selatan. Di Indonesia, buah ini dikenal luas dan banyak dibudidayakan. Sawo manila memiliki bentuk bulat hingga oval, dengan kulit coklat kehitaman ketika matang. Daging buahnya berwarna kuning kecokelatan, teksturnya lembut, manis, dan beraroma harum. Buah sawo manila kaya akan vitamin C, B, dan serat, menjadikannya pilihan yang sehat dan menyegarkan untuk dikonsumsi.

Kandungan Nutrisi Buah Sawo Manila

Buah sawo manila kaya akan berbagai nutrisi penting, antara lain antioksidan dan serat. Selain itu, buah sawo manila juga mengandung niasin, thiamin, riboflavin, zat besi, dan tembaga.

Berikut adalah kandungan nutrisi dalam 100g buah sawo manila segar:

Energi 92 kkal
Lemak total 1,10 g
Vitamin A 0 mcg
Vitamin B1 0,01 mg
Vitamin B2 0,04 mg
Vitamin B3 1,40 mg
Vitamin C 21 mg
Karbohidrat total 22,40 g
Protein 0,50 g
Serat pangan 9,50 g
Kalsium 25 mg
Fosfor 12 mg
Natrium 26 mg
Kalium 110,20 mg
Tembaga 0 mcg
Besi 1 mg
Seng 0,10 mg
B-Karoten 111 mcg
Air 75,50 g
Abu 0,50 g

Manfaat Buah Sawo Manila untuk Kesehatan

Buah sawo manila, dengan kulitnya yang coklat dan daging buahnya yang manis dan lembut, bukan hanya suguhan yang lezat tetapi juga dikemas dengan banyak manfaat kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaat utama dari buah tropis ini:

Kaya akan Antioksidan

Buah sawo manila adalah sumber antioksidan yang sangat baik, seperti vitamin C, beta-karoten, dan polifenol. Antioksidan ini membantu melindungi sel-sel dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, yang dapat berkontribusi pada berbagai penyakit kronis seperti penyakit jantung, kanker, dan penyakit Alzheimer.

Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Sawo manila kaya akan serat makanan, yang penting untuk kesehatan pencernaan. Serat membantu memperlancar pergerakan usus, mencegah sembelit, dan memberikan rasa kenyang. Selain itu, sawo manila mengandung enzim pencernaan yang membantu memecah makanan dan meningkatkan penyerapan nutrisi.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Kalium dalam buah sawo manila membantu mengatur tekanan darah dan menjaga fungsi jantung yang tepat. Kalium juga berperan dalam menyeimbangkan kadar cairan dan elektrolit dalam tubuh. Selain itu, serat yang ada dalam sawo manila dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Vitamin C yang terkandung dalam sawo manila merupakan nutrisi penting untuk sistem kekebalan tubuh. Vitamin C membantu meningkatkan produksi sel darah putih, yang merupakan garis pertahanan pertama tubuh terhadap infeksi. Selain itu, antioksidan dalam sawo manila membantu melindungi sel-sel kekebalan dari kerusakan.

Baca juga:   Buah Kelengkeng: Kandungan Nutrisi, Manfaat Kesehatan, dan Cara Mengolahnya

Manfaat Tambahan

Selain manfaat yang disebutkan di atas, buah sawo manila juga dikaitkan dengan beberapa manfaat kesehatan tambahan, seperti:

  • Mencegah anemia karena kandungan zat besinya yang baik
  • Memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh
  • Mengontrol kadar gula darah karena indeks glikemiknya yang rendah

Cara Mengolah Buah Sawo Manila agar Manfaatnya Optimal

Pemilihan Buah

Untuk memperoleh manfaat optimal dari buah sawo manila, pilihlah buah yang matang sempurna. Buah matang ditandai dengan kulit yang agak keriput dan sedikit lunak saat ditekan, serta warna kulit yang kecoklatan kehitaman. Hindari memilih buah yang terlalu keras atau masih mentah karena kandungan nutrisinya belum optimal.

Cara Menyimpan

Setelah memilih buah sawo yang matang, simpanlah di tempat yang sejuk dan kering. Buah sawo utuh dapat disimpan di suhu ruangan selama beberapa hari. Jika ingin disimpan lebih lama, masukkan sawo ke dalam lemari es dalam kantong plastik tertutup. Sawo yang sudah dikupas hanya dapat bertahan beberapa jam saja di suhu ruangan atau beberapa hari di lemari es.

Cara Memasak

Selain dikonsumsi secara langsung, buah sawo manila juga dapat diolah menjadi berbagai hidangan sehat. Misalkan, diolah menjadi smoothie, jus, atau salad buah. Untuk membuat smoothie, kupas sawo dan masukkan ke dalam blender bersama susu, yogurt, atau buah-buahan lain. Sedangkan untuk membuat jus, kupas sawo dan gunakan juicer untuk mengekstrak sarinya.

Tips Tambahan

Agar manfaat sawo manila optimal, konsumsilah bersama asupan serat lain, seperti buah-buahan atau sayuran. Hal ini karena serat membantu memperlambat penyerapan gula sehingga menjaga kadar gula darah tetap stabil. Selain itu, hindari mengonsumsi sawo secara berlebihan karena dapat menyebabkan gangguan pencernaan seperti sembelit.

Ide Resep Mengolah Buah Sawo Manila:

Smoothie Sawo Manila Alami

Bahan:

– 1 buah sawo manila, kupas dan buang bijinya
– 1 cangkir susu almond
– 1 sendok makan madu
– 1/2 sendok teh bubuk kayu manis

Cara Membuat:

1. Masukkan semua bahan ke dalam blender.
2. Blender hingga halus dan lembut.
3. Tuang ke dalam gelas dan sajikan segera.

Pertanyaan dan Jawaban Mengenai Buah Sawo Manila

Apakah sawo manila baik untuk kesehatan?

Ya, sawo manila kaya akan nutrisi penting seperti vitamin C, potasium, dan antioksidan. Kandungan ini dapat membantu menjaga kesehatan sistem kekebalan tubuh, mengurangi risiko penyakit kronis, dan meningkatkan kesehatan pencernaan.

Apakah sawo manila membantu menurunkan kolesterol?

Studi telah menunjukkan bahwa kandungan serat yang tinggi dalam sawo manila dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Serat mengikat kolesterol di usus dan membawanya keluar dari tubuh.

Penutup

Secara keseluruhan, buah sawo manila sarat dengan kandungan nutrisi penting yang bermanfaat bagi kesehatan. Dari vitamin C yang tinggi untuk meningkatkan kekebalan tubuh hingga serat yang membantu pencernaan, sawo manila menawarkan banyak manfaat kesehatan. Selain itu, buah ini mudah diolah dan dapat dinikmati dalam berbagai cara, menjadikannya tambahan yang sehat dan lezat untuk pola makan harian kita. Dengan kandungan nutrisinya yang kaya dan rasanya yang manis, sawo manila adalah buah tropis yang patut dimasukkan dalam daftar makanan sehat kita.