Buah Srikaya: Kandungan Nutrisi, Manfaat Kesehatan, dan Cara Mengolahnya

Buah Srikaya. The sugar-apple, or sweetsop, is the fruit of Annona

Srikaya, buah tropis yang berasal dari Asia Tenggara, dikenal luas karena rasanya yang manis dan khas. Ini adalah buah berdaging dengan kulit hijau berduri dan daging putih berbiji hitam kecil. Srikaya kaya akan nutrisi, termasuk vitamin C, potasium, dan serat. Selain digunakan sebagai buah segar, srikaya juga dapat diolah menjadi jus, selai, dan bahkan es krim.

Kandungan Nutrisi Buah Srikaya

Buah srikaya, dengan nama ilmiah Annona muricata, merupakan sumber nutrisi yang baik dan serbaguna. Buah ini kaya akan berbagai vitamin, mineral, dan antioksidan yang memberikan beragam manfaat kesehatan. Berikut adalah kandungan nutrisi buah srikaya per 100 gram:

Air 83,4 g
Energi 63 kalori (Kal)
Protein 1,1 g
Lemak 0,5 g
Karbohidrat 13,9 g
Serat 2,1 g
Abu 1,1 g
Kalsium 127 miligram (mg)
Fosfor 30 mg
Besi 2,7 mg
Karoten 31 mikrogram (mcg)
Thiamin 0,08 mg
Vitamin C 28 mg

Manfaat Buah Srikaya untuk Kesehatan

Mengatur Kadar Gula Darah

Srikaya mengandung serat larut yang disebut pektin, yang membantu memperlambat penyerapan gula ke dalam aliran darah. Hal ini dapat membantu mengatur kadar gula darah, membuatnya bermanfaat bagi penderita diabetes dan mereka yang ingin mengelola kadar gula darahnya.

Meningkatkan Pencernaan

Pektin dalam srikaya juga berfungsi sebagai prebiotik, yang berarti memberi makan bakteri menguntungkan di usus. Bakteri ini membantu memecah makanan dan meningkatkan pencernaan. Konsumsi srikaya secara teratur dapat membantu meredakan masalah pencernaan seperti sembelit, kembung, dan sindrom iritasi usus besar (IBS).

Menguatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Srikaya kaya akan vitamin C, antioksidan yang membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Vitamin C membantu melawan infeksi dan melindungi sel dari kerusakan. Konsumsi srikaya secara teratur dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan mengurangi risiko penyakit.

Menurunkan Risiko Penyakit Kronis

Senyawa antioksidan dalam srikaya, seperti flavonoid dan polifenol, membantu melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Kerusakan akibat radikal bebas dikaitkan dengan perkembangan penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung. Mengkonsumsi srikaya dapat membantu mengurangi risiko penyakit ini dengan menetralkan radikal bebas.

Baca juga:   Bahaya dan Manfaat Santan Kelapa Bagi Kesehatan

Mempercepat Penyembuhan Luka

Srikaya mengandung enzim protease, yang membantu memecah protein menjadi asam amino. Asam amino ini dapat mempercepat penyembuhan luka dengan mempromosikan pertumbuhan jaringan baru. Oleskan pasta srikaya yang baru dihancurkan pada luka untuk mempercepat proses penyembuhan.

Cara Mengolah Buah Srikaya agar Manfaatnya Optimal

Seleksi Buah Srikaya yang Matang

Pilih buah srikaya yang matang dan memiliki kulit yang mengkilap. Hindari buah yang belum matang karena dagingnya akan keras dan pahit. Untuk menguji kematangan, tekan lembut kulit buah. Buah yang matang akan sedikit lunak saat ditekan.

Buka dan Bersihkan Buah

Potong buah srikaya menjadi dua bagian. Buang bijinya dengan menggunakan sendok. Selanjutnya, kerok daging buah srikaya dengan menggunakan sendok atau garpu.

Konsumsi Daging Buah

Anda dapat mengonsumsi daging buah srikaya secara langsung. Rasanya yang manis dan sedikit asam menyegarkan. Daging buah srikaya juga dapat ditambahkan ke dalam smoothies, jus, atau salad untuk menambah rasa dan nutrisi.

Hindari Mengonsumsi Biji

Meskipun daging buah srikaya aman untuk dikonsumsi, biji buah mengandung toksin yang dapat membahayakan kesehatan. Hindari mengunyah atau menelan biji buah srikaya.

Simpan dengan Benar

Jika tidak segera dikonsumsi, simpan daging buah srikaya dalam wadah kedap udara di lemari es. Daging buah srikaya dapat disimpan hingga 3-5 hari. Hindari membekukan daging buah srikaya, karena dapat merusak teksturnya.

Ide Resep Mengolah Buah Srikaya: Es Krim Srikaya

Langkah-Langkah:

1. Siapkan buah srikaya, keruk dagingnya dan buang biji.
2. Blender daging buah srikaya, susu cair, dan gula halus hingga halus.
3. Dalam mangkuk terpisah, kocok krim kental hingga mengembang.
4. Larutkan tepung maizena dengan sedikit air, lalu tambahkan ke adonan srikaya.
5. Masukkan adonan srikaya ke dalam mangkuk yang berisi krim kental. Aduk rata.
6. Tuang adonan ke dalam wadah tahan freezer, lalu bekukan selama minimal 4 jam atau hingga mengeras.
7. Keluarkan es krim dari freezer dan biarkan sedikit melunak.
8. Hidangkan dengan topping sesuai selera, seperti buah-buahan atau saus cokelat.

Pertanyaan dan Jawaban Mengenai Buah Srikaya

Bagaimana srikaya bermanfaat bagi kesehatan?

Buah srikaya kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan yang memiliki banyak manfaat kesehatan, seperti memperkuat sistem kekebalan tubuh, mengurangi peradangan, meningkatkan kesehatan jantung, dan membantu pencernaan.

Apakah srikaya aman dikonsumsi oleh ibu hamil?

Ya, srikaya umumnya aman dikonsumsi oleh ibu hamil. Kandungan folat yang tinggi dalam srikaya penting untuk perkembangan janin yang sehat. Namun, sebaiknya batasi konsumsinya karena srikaya juga mengandung asam sianida dalam jumlah kecil.

Penutup

Buah srikaya kaya akan nutrisi penting dan memberikan segudang manfaat kesehatan, termasuk meningkatkan kesehatan jantung, pencernaan, dan sistem kekebalan tubuh. Kandungan antioksidannya yang tinggi juga membantu melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, buah srikaya sangat fleksibel dalam hal pengolahan, bisa dikonsumsi langsung, dijadikan jus, atau ditambahkan ke dalam berbagai hidangan. Mengingat kandungan nutrisinya yang mengesankan dan manfaatnya yang banyak, memasukkan srikaya ke dalam pola makan Anda dapat memberikan tambahan nutrisi dan meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan.