Buah Stroberi: Kandungan Nutrisi, Manfaat Kesehatan, dan Cara Mengolahnya

Buah Strawberry: Manfaat Beserta Kandungannya - Jovee.id

Buah stroberi, yang secara ilmiah dikenal sebagai Fragaria, merupakan tanaman buah yang populer dan banyak dikonsumsi di seluruh dunia. Stroberi termasuk dalam keluarga Rosaceae, yang juga mencakup buah-buahan lain seperti apel, pir, dan persik. Tanaman ini menghasilkan buah yang sangat harum dan manis dengan biji-bijian kecil yang menempel pada permukaannya. Stroberi biasanya berwarna merah cerah saat matang, tetapi beberapa varietas ada yang berwarna putih, kuning, atau bahkan ungu.

Kandungan Nutrisi Buah Stroberi

Buah stroberi merupakan buah yang kaya akan nutrisi. Berikut ini adalah kandungan nutrisi buah stroberi dalam 100 gram:

Kalori 32 kcal
Karbohidrat 7,7g
Air 0,91
Protein 0,7g
Gula 4,9g
Serat 2g
Lemak 0,3g
Vitamin A 1µg
Vitamin C 58,8mg
Vitamin D 0µg
Vitamin E 0,29mg
Vitamin K 2,2µg
Vitamin B1 (Thiamine) 0,02mg
Vitamin B2 (Riboflavin) 0,02mg
Vitamin B3 (Niacin) 0,39mg
Vitamin B5 (Panthothenic acid) 0,13mg
Vitamin B6 (Pyridoxine) 0,05mg
Vitamin B9 (Folat) 24µg
Vitamin B12 0µg
Kalsium 16mg
Zat Besi 0,41mg
Magnesium 13mg
Fosfor 24mg
Potassium (Kalium) 153mg
Sodium 1mg
Seng (Zinc) 0,14mg

Manfaat Buah Stroberi untuk Kesehatan

Buah stroberi yang manis dan menyegarkan ini tidak hanya memanjakan lidah Anda, tetapi juga menawarkan serangkaian manfaat kesehatan yang mengesankan. Berikut beberapa manfaat utama stroberi untuk tubuh Anda:

Kaya Antioksidan

Stroberi sarat dengan antioksidan yang kuat seperti vitamin C, antosianin, dan asam ellagic. Antioksidan ini melawan radikal bebas berbahaya yang dapat merusak sel dan berkontribusi pada penyakit kronis. Vitamin C, khususnya, membantu melindungi sel dari kerusakan oksidatif dan mendukung produksi kolagen untuk kulit yang sehat.

Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan serat yang tinggi dan fitonutrien yang disebut antosianin dalam stroberi dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Serat membantu menurunkan kadar kolesterol dan gula darah, sementara antosianin memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

Meningkatkan Imunitas

Vitamin C dalam stroberi sangat penting untuk fungsi sistem kekebalan tubuh. Ini membantu meningkatkan produksi sel darah putih, yang melawan infeksi dan penyakit. Selain itu, kandungan vitamin C stroberi yang tinggi dapat membantu mengurangi durasi dan keparahan pilek.

Baca juga:   6+ Manfaat Propolis Bagi Kesehatan Tubuh Sungguh Luar Biasa!

Menjaga Kesehatan Otak

Antioksidan dalam stroberi, seperti antosianin dan asam ellagic, telah dikaitkan dengan manfaat kognitif. Mereka dapat membantu melindungi terhadap kerusakan kognitif yang terkait dengan penuaan dan mengurangi risiko penyakit neurodegeneratif, seperti penyakit Alzheimer.

Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Stroberi merupakan sumber serat yang baik, yang penting untuk pencernaan yang sehat. Serat membantu melancarkan pergerakan usus, mencegah sembelit, dan mendukung keseimbangan bakteri usus yang baik.

Cara Mengolah Buah Stroberi agar Manfaatnya Optimal

Pemilihan Stroberi

Pilihlah stroberi yang matang sempurna dengan warna merah cerah dan mengilap. Hindari stroberi yang memar atau lunak untuk memastikan kualitas dan kesegaran terbaik.

Pencucian

Cuci stroberi secara menyeluruh dengan air mengalir dingin. Gunakan saringan atau colander untuk membilasnya dengan lembut. Jangan rendam stroberi karena dapat menghilangkan nutrisi penting.

Pembuangan Tangkai

Buang tangkai stroberi dengan menggunakan pisau atau peralatan pengupas. Berhati-hatilah untuk tidak memotong terlalu banyak daging buah.

Penyimpanan

Simpan stroberi dalam wadah kedap udara yang dilapisi tisu untuk menyerap kelembapan berlebih. Letakkan stroberi di lemari es dan konsumsi dalam waktu beberapa hari untuk menjaga kesegaran dan kandungan nutrisinya.

Pengolahan untuk Konsumsi

Stroberi dapat dikonsumsi segar atau diolah menjadi berbagai makanan sehat seperti smoothie, jus, selai, atau salad buah. Hindari memasak stroberi dalam suhu tinggi karena dapat merusak kandungan vitamin C yang tinggi.

Pertanyaan dan Jawaban Mengenai Buah Stroberi

Apa saja manfaat kesehatan dari buah stroberi?

Buah stroberi kaya akan vitamin C, yang berperan penting dalam menjaga kesehatan kekebalan tubuh dan melindungi sel dari kerusakan. Mereka juga merupakan sumber serat makanan yang baik, yang membantu menurunkan kadar kolesterol, mengontrol kadar gula darah, dan meningkatkan rasa kenyang.

Apakah buah stroberi bermanfaat untuk kesehatan jantung?

Ya, buah stroberi mengandung antioksidan yang disebut antosianin, yang telah dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung. Antosianin membantu menurunkan peradangan, meningkatkan fungsi pembuluh darah, dan mengurangi pembentukan gumpalan darah.

Apakah buah stroberi meredakan peradangan?

Ya, buah stroberi mengandung senyawa anti-inflamasi yang disebut quercetin. Quercetin membantu mengurangi peradangan kronis di seluruh tubuh, yang dapat bermanfaat bagi kondisi seperti penyakit jantung, radang sendi, dan kondisi kulit tertentu.

Penutup

Stroberi adalah buah yang sangat bergizi dengan kandungan antioksidan, vitamin, dan mineral yang tinggi. Mengonsumsinya secara teratur memberikan berbagai manfaat kesehatan, termasuk mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes, dan beberapa jenis kanker. Buah ini juga kaya akan serat, yang dapat meningkatkan kesehatan pencernaan. Stroberi dapat dikonsumsi dalam berbagai cara, seperti dimakan segar, diolah menjadi jus, atau dijadikan topping untuk makanan penutup. Dengan kandungan nutrisinya yang luar biasa dan rasanya yang lezat, stroberi merupakan pilihan buah yang sangat baik untuk dikonsumsi sebagai bagian dari diet sehat.