Manfaat Minyak Kelapa untuk Konstipasi, Begini Resepnya!

Manfaat Minyak Kelapa untuk KonstipasiMinyak kelapa merupakan obat alami yang sangat baik untuk sembelit karena berfungsi sebagai obat pencahar efektif bila digunakan dalam jumlah yang tepat. Hal ini dapat melunakkan tinja yang keras dan mencegah robekan atau pendarahan berbahaya yang bisa terjadi saat Anda memaksa atau mendorong terlalu keras selama buang air besar sehingga menyebabkan buang air besar berdarah.

Minyak kelapa mengandung asam lemak rantai menengah, yang bekerja untuk merangsang sel yang melapisi usus dan saluran pencernaan Anda, meningkatkan efisiensi energi dan metabolisme sel-sel ini. Hal ini dapat meningkatkan tingkat pencernaan Anda dan menyerap lebih banyak nutrisi, sementara juga memindahkan kotoran melalui sistem pencernaan Anda pada tingkat normal (atau lebih cepat). Berbeda dengan asam lemak rantai panjang, minyak kelapa lebih kecil, dan dengan demikian dapat melewati membran sel dengan mudah, tanpa memerlukan aktivitas enzimatik. Mereka mudah bagi tubuh untuk dicerna dan biasanya ditransfer langsung ke hati untuk diubah menjadi energi, bukan disimpan sebagai lemak.

Konstipasi biasanya datang dalam dua bentuk – akut atau kronis. Konstipasi akut dapat terjadi setelah jangka waktu yang panjang dari pilihan makanan yang buruk, konsumsi alkohol berlebih atau dehidrasi. Untuk kasus akut ini, minyak kelapa dan asam lemak rantai sedang dapat dengan cepat meredakan gejala Anda, termasuk radang jaringan di sekitar anus, penghapusan darah di tinja, dan penyerapan nutrisi yang buruk.

Untuk penderita sembelit kronis, yang sering disebabkan oleh penggunaan jangka panjang obat tertentu, dehidrasi kronis, alergi makanan tertentu, atau kekurangan vitamin, minyak kelapa bisa menjadi tambahan reguler untuk diet Anda untuk melunakkan tinja dan menjaga kesehatan usus Anda.

Manfaat Minyak Kelapa untuk Konstipasi
Ilustrasi Manfaat Minyak Kelapa untuk Konstipasi

Bagaimana Cara Mendapatkan Manfaat Minyak Kelapa untuk Konstipasi?

Berikut ini beberapa cara menggunakan minyak kelapa untuk mengatasi susah buang air besar, yaitu:

  • Masukkan 1/2 sdt minyak kelapa ke dalam jus buah segar alami pilihan Anda, lalu campur hingga merata. Jus yang digunakan sebaiknya jus segar tanpa pengawet atau pemanis buatan.
  • Alternatif lain mendapatkan manfaat minyak kelapa untuk konstipasi adalah dengan mencampur minyak kelapa dalam air hangat, atau bahkan mencampurnya ke dalam smoothie kesehatan atau oatmeal pagi Anda.

Pilih salah satu cara di atas lalu minum kira-kira 30 menit sebelum makan. Karena tubuh Anda perlu waktu untuk adaptasi, sebaiknya gunakan porsi kecil dulu. Bila Anda sudah terbiasa dengan kehadiran minyak kelapa ini, sebaiknya perlahan-lahan tingkatkan jumlah minyak kelapa yang Anda gunakan setiap hari hingga 1-2 sendok makan.

Baca juga:   Bumbu Dasar Jingga: Manfaat Kesehatan dan Cara Membuatnya

Menurut beberapa testimoni, ada yang cukup menggunakan minyak kelapa 2-3 sdt / hari untuk mengatasi sembelit namun ada juga yang memerlukan 1-2 sdm / hari dan bahkan 3-4 sdm / hari. Mulai dari dosis kecil, hindari pemakaian minyak kelapa berlebih karena dapat berisiko diare. Ingat, minyak kelapa adalah obat pencahar yang hebat, dan setiap tubuh berbeda, jadi carilah jumlah yang tepat yang sesuai untuk Anda!

Berikut ini adada beberapa panduan spesifik cara mendapatkan manfaat minyak kelapa untuk konstipasi pada tingkatan usia tertentu atau kondisi medis tertentu, yaitu:

  • Balita: Anak kecil membutuhkan minyak kelapa dalam jumlah sedikit untuk mengatasi sembelit. Anda dapat menambahkan 1sdt minyak kelapa ke yoghurt pagi mereka atau ke dalam adonan pancake mereka atau menu sarapan mereka.
  • Bayi: Untuk memastikan bayi Anda tidak terkena reaksi alergi, masukkan sedikit minyak kelapa ke siku dalamnya untuk melihat apakah kulit menyerap minyak kelapa tanpa reaksi. Jika demikian, tambahkan setengah sendok teh ke sarapan mereka, bersama dengan cairan yang cukup, karena keduanya dibutuhkan untuk buang air besar yang tepat. Jika ini tidak berhasil, tingkatkan dosis menjadi 1 sendok teh dengan makan siang, dan seterusnya. Kondisi susah buang air besar semestinya sudah teratasi pada minggu pertama atau dengan pemakaian maksimal 5 sendok teh per hari.
  • Kehamilan: Satu sendok makan minyak kelapa dicampur dengan air hangat atau susu sebelum makan secara signifikan membantu melunakkan tinja dan mencegah konstipasi yang menyakitkan selama kehamilan. Yang sedang dikatakan, sembelit dapat disebabkan oleh banyak hal selama kehamilan, termasuk kekurangan vitamin, kram otot atau fluktuasi hormon. Jika dengan 1 sendok makan obat tidak bekerja setelah seminggu atau lebih, bicarakan dengan dokter Anda tentang kondisi sembelit Anda dan jelaskan apa yang telah Anda lakukan untuk meredakannya.

Nah itulah beberapa cara mengobati sembelit dengan minyak kelapa yang perlu diketahui. Minyak kelapa murni merupakan obat alami. Semoga cara mendapatkan manfaat minyak kelapa untuk konstipasi di atas dapat bermanfaat …