Manfaat Tanaman Kumis Kucing Untuk Kesehatan Anda

Sayuran kacang merah kaya akan nutrisi penting, termasuk protein, serat, zat besi, dan antioksidan. Konsumsi kacang merah secara teratur telah dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan,

Manfaat Tanaman Kumis Kucing – Salah satu jenis tanaman obat tradisional yang paling diajurkan ditanam di pekarangan rumah karena memiliki banyak khasiat adalah tanaman kumis kucing.

Tanaman kumis kucing sudah dikenal sebagai obat tradisional untuk infeksi saluran kencing sejak jaman dulu kala. Nah sebetulnya apa saja ya manfaat tanaman kumis kucing bagi kesehatan?

Sebelum Dunia Kesehatan membahas aneka manfaat dan khasiat tananan kumis kucing, sebaiknya Anda kenali dulu jenis tanaman herbal ini ..

Mengenal Tanaman Kumis Kucing

Sesuai namanya, tanaman kumis kucing (Orthosiphon grandiflarus) memiliki bagian yang mirip kumis kucing. Tanaman merupakan salah satu jenis tanaman semak yang banyak tersebar di daerah beriklim tropis, terutama di Asia Tenggara.

Tak perlu dipungkiri, manfaat tanaman kumis kucing bagi kesehatan sudah diketahui sejak dulu. Coba Anda lihat saja bagaimana banyak ramuan obat herbal / jamu menggunakan tanaman kumis kucing ini Hal ini terbukti dengan banyaknya ramuan herbal dan jamu menggunakan tanaman kumis kucing ini untuk menyembuhkan aneka penyakit.

manfaat tanaman kumis kucing bagi kesehatan
Manfaat Tanaman Kumis Kucing Untuk Kesehatan

Kandungan Tanaman Kumis Kucing

Bagian dari tananan ini yang banyak dimanfaatkan sebagai obat trafisional ataupun jamu adalah bagian daunnya. Hal ini wajar saja karena bagian daun kumis kucing mengandung kalium yang tinggi. Selain itu daunnya pun mengandung Glikosida Orthosiponin yaitu sebuah senyawa yang dapat menurunkan kadar asam urat, fosfat, dan oksalat dari dalam tubuh kita.

Aneka Manfaat Tanaman Kumis Kucing

Khasiat tanaman kumis kucing tak hanya dikenal oleh masyarakat Indonesia, namun juga negara lainnya. Biasanya daun kumis kucing ada yang dimanfaatkan secara basah maupun dikeringkan sebagai simplisia bahan baku obat.

Di Indonesia sendiri, manfaat tanaman kumis kucing untuk kesehatan yang paling terkenal adalah sebagai diuretik atau memperlancar pengeluaran air kencing. Sementara di India, digunakan sebagai obat rematik.

Baca juga:   Manfaat Buah Manggis Untuk Ibu Hamil dan Janin, Amankah Dikonsumsi Saat Hamil?

Berbagai manfaat tanaman kumis kucing lainnya yang sering dimanfaatkan masyarakat sejak jaman dulu adalah penyembuhan batuk encok, masuk angin, dan sembelit.

Berikut ini adalah beberapa khasiat daun kumis kucing untuk kesehatan, yaitu:

Manfaat Tanaman Kumis Kucing Untuk Kesehatan Saluran Kemih dan Resep Ramuan Tradisional

Salah satu khasiat tanaman kumis kucing untuk kesehatan yang paling terkenal adalah mengobati infeksi saluran kemih, batu ginjal, dan kencing batu.

Khasiat Tanaman Kumis Kucing untuk Mengobati Infeksi Saluran Kemih

Salah satu resep ramuan tradisional tanaman kumis kucing untuk menyembuhkan infeksi saluran kemih adalah sbb:

  • Siapkan 10 helai daun kumis kucing, cuci bersih
  • Rebus daun tsb dengan 2 gelas air hingga tertinggal +/- 1 gelas air saja
  • Minum ramuan tsb 2 x sehari @1/2 gelas, tiap pagi dan sore hari

Manfaat Tanaman Kumis Kucing untuk Mengobati Kencing Batu

Selain merupakan obat herbal infeksi saluran kencing, manfaat tanaman kumis kucing lainnya adalah memperlancar saluran kencing dan mengobati kencing batu.

Berikut ini ramuan obat tradisional yang dapat Anda coba:

  • Siapkan 90mg daun kumis kucing yang telah dicuci bersih
  • Rebus daun tsb dengan 1 liter air dan biarkan hingga rebusan tersisa 3/4 nya
  • Biarkan dingin lalu minum 3 x sehari @ 250ml.

Manfaat Tanaman Kumis Kucing untuk Mengobati Penyakit Batu Ginjal

Untuk mendapatkan khasiat tanaman kumis kucing untuk pengobatan penyakit ginjal seperti batu ginjal biasanya dikombinasikan dengan tanaman lain seperti daun keji beling dan daun ngokilo.

  • Siapkan daun kumis kucing, daun keji beling dan ngokilo @25g
  • Rebus dengan 1 liter air dan biarkan hingga tersisa 3/4 nya
  • Biarkan dingin lalu minum 4 x sehari bagi ke dalam dosis 4 gelas, yaitu pagi, siang, sore dan malam.

Itulah beberapa aneka manfaat tanaman kumis kucing bagi kesehatan. Bila Anda malas minum ramuan karena dirasa merepotkan, tak perlu khawatir karena sekarang banyak kapsul obat tradisional infeksi saluran kencing yang berisi ekstrak daun kumis kucing yang tersedia di pasaran, tinggal minum saja. Semoga bermanfaat ..