Toner Kulit Alami untuk Kulit Sehat Bercahaya, Begini Cara Membuatnya!

Toner Kulit Alami untuk Kulit Sehat BercahayaPerawatan kulit harian Anda mungkin termasuk mencuci muka lalu menepuknya dengan lembut menggunakan handuk lembut. Anda mungkin menggunakan pelembab jika kulit Anda sangat kering. Mengambil langkah lebih jauh, Anda juga bisa menggunakan toner kulit.

Jenis kulit orang adalah berbeda-beda, ada yang memiliki jenis kulit kering, berminyak, sensitif, ataupun gabungannya. Setiap tipe memiliki masalah tersendiri.

Mungkin Anda memiliki terlalu banyak jerawat, mungkin Anda sudah muak dengan pori-pori terbuka yang jelek, mungkin kulit Anda terserang gatal, atau mungkin sedikit riasan makeup menyebabkan ruam di wajah Anda.

Anda harus pintar-pintar mengenali jenis kulit Anda dan produk perawatan kulit mana yang cocok dengan kulit Anda, baik itu produk perawatan alami buatan sendiri ataupun produk kosmetik yang ada di pasaran.

Toner Kulit Alami Buatan sendiri

Jenis kulit yang berbeda membutuhkan toner yang berbeda. Selain mengatasi masalah kulit, toner kulit juga membantu Anda menjaga agar kulit tetap sehat, bercahaya dan kulit tampak lebih muda. Tapi masalahnya tidak semua toner cocok untuk semua orang.

Berikut adalah beberapa resep membuat toner kulit alami untuk jenis kulit tertentu, dengan menggunakan bahan alami yang mudah ditemukan di rumah Anda.

  • Toner kulit untuk Kulit Berminyak
  • Toner kulit alami untuk Kulit Kering
  • Toner kulit alami buatan sendiri untuk Kulit Normal
cara membuat Toner Kulit alami untuk kulit sehat bercahaya
Ilustrasi cara menggunakan Toner Kulit alami untuk kulit sehat bercahaya

Cara Membuat Toner Buatan Sendiri untuk Kulit Berminyak dan Cara Penggunaannya

Jika Anda memiliki kulit berminyak atau berjerawat, Anda bisa mencoba toner ini untuk mengurangi minyak di kulit Anda dan mengecilkan pori-pori besar. Toner juga akan membantu mengurangi masalah jerawat yang biasa terjadi pada orang dengan kulit berminyak.

Teh hijau memiliki khasiat antiinflamasi yang akan mengurangi jerawat, sedangkan cuka sari apel akan mengurangi sifat berminyak pada kulit dan menurunkan tingkat pH.

Jika mau, Anda bisa menambahkan beberapa tetes minyak pohon teh dan / atau minyak lavender untuk keuntungan tambahan. Minyak pohon teh membantu mengatasi bintik hitam, noda, dan jerawat.

Minyak lavender memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri yang membantu melawan jerawat dan pembengkakan.

Hal-hal yang Anda butuhkan:

  • Teh hijau – ¾ cangkir
  • Cuka sari apel murni tanpa pemanis – ¼ cangkir
  • Minyak pohon teh (opsional) – beberapa tetes
  • Minyak lavender (opsional) – beberapa tetes

Cara Membuat Toner Kulit Berminyak Yang Alami

  1. Rendam sekantong teh hijau ke dalam ¾ cangkir air mendidih dan tuangkan ke dalam toples.
  2. Tambahkan ¼ cangkir cuka sari apel ke dalamnya dan aduk dengan baik.
  3. Sebagai tambahan, tambahkan minyak pohon teh atau minyak lavender ke dalamnnya.

Toner kulit alami buatan Anda sendiri untuk kulit berminyak dan berjerawat sekarang siap digunakan.

Cara menggunakan toner buatan sendiri untuk kulit berminyak

  1. Celupkan kapas ke dalam campuran dan oleskan dengan lembut di wajah Anda. Anda juga bisa menuangkan campuran ke dalam botol semprot dan dengan ringan semprotkan itu ke wajah Anda.
  2. Jangan membilasnya setelah dioleskan, biarkan kering.
  3. Gunakan dua kali sehari untuk hasil yang efektif.

Anda bisa menyimpan toner buatan sendiri untuk kulit berminyak ini di kulkas selama 10 hari.

Cara Membuat dan Cara Menggunakan Toner untuk Kulit Kering

Kulit kering bisa menyebabkan wajah Anda terlihat kusam, tua dan tidak menarik. Hal ini juga dapat menyebabkan kemerahan, gatal di kulit Anda. Kulit kering bisa menjadi cobaan yang mengerikan untuk Anda, terutama di musim dingin atau di daerah-daerah yang bersuhu dingin.

Baca juga:   3 Masker Wajah Untuk Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Tapi toner kulit kering alami ini akan membantu Anda mengatasi kekeringan kulit Anda dan menjaga agar kulit Anda tetap sehat dan lembab. Air mawar membantu mengembalikan pH kulit dan membuatnya tampak segar. Air mawar juga bisa membantu mengecilkan pori-pori besar. Gliserin membantu memberikan kelembaban yang cukup pada kulit kering.

Hal-hal yang Anda butuhkan:

  • Air mawar – 2 sendok makan
  • Gliserin – 1 sendok teh

Cara Membuat Toner Kulit Kering Yang Alami

  1. Tuang 2 sdm air mawar ke dalam botol semprot.
  2. Tambahkan 1 sendok teh gliserin dan aduk rata.

Toner DIY Anda untuk kulit kering sekarang siap untuk diaplikasikan.

Cara menggunakan toner buatan sendiri untuk kulit kering

  1. Sedikit semprotkan toner ke wajah Anda. Jika Anda mau, Anda bisa menyimpan toner di toples dan menggunakan alas kapas untuk mengolesnya di wajah Anda.
  2. Gunakan toner alami kulit kering setiap hari, sebelum mengoleskan pelembab.

Toner kulit alami bisa didinginkan hingga 10 hari.

Cara Membuat Toner Kulit Normal Dengan Bahan Alami dan Cara Menggunakannya

Jika kulit Anda tidak terlalu berminyak atau kering, Anda mungkin memiliki tipe kulit normal. Toner untuk kulit normal ini akan melindungi kulit dari menjadi terlalu kering atau berminyak, sekaligus melembabkannya.

Mentimun memiliki efek pendinginan pada kulit, bahkan pada kulit sensitif. Manfaat mentimun juga dapat menghidrasi kulit Anda dan memberikan sensasi yang menenangkan. Ini juga menciptakan keseimbangan sempurna antara sifat lembut dan kering, sehingga kulit Anda tetap normal.

Lidah buaya adalah tambahan yang bagus untuk toner kulit alami jika Anda tidak ingin kulit Anda menjadi berminyak saat tetap terhidrasi. Ini juga memiliki sifat antibakteri yang membantu menangkal jerawat. Ini juga mempercepat regenerasi sel kulit, sehingga berguna dalam menunda penuaan kulit.

Minyak esensial mawar memiliki khasiat yang sangat baik untuk meremajakan kulit Anda. Ini juga memiliki sifat astringent untuk merawat kulit berjerawat, serta sifat anti-inflamasi yang membantu mengobati kemerahan dan pembengkakan.

Minyak esensial peppermint membantu mengendalikan sifat berminyak, sehingga mencegah jerawat. Penggunaan minyak peppermint juga bisa menyegarkan dan mendinginkan kulit Anda.

Hal-hal yang Anda butuhkan:

  • Mentimun, berukuran sedang 1 buah
  • Gel dari 1 daun lidah buaya
  • Minyak mawar atau minyak peppermint – 5 tetes

Cara Membuat Toner Kulit Normal Secara Alami

  1. Ekstrak jus dari 1 mentimun berukuran sedang dan pindahkan ke toples.
  2. Tambahkan gel aloe vera ke jus mentimun.
  3. Tambahkan 5 tetes minyak mawar atau minyak peppermint.
  4. Campur dengan baik.
  5. Tuang ke dalam botol semprot.

Toner buatan tangan alami Anda untuk kulit normal siap digunakan.

Cara menggunakan toner buatan sendiri untuk kulit normal

  1. Anda bisa menyemprotnya di wajah Anda, memastikan semuanya menutupi seluruh area wajah.
  2. Biarkan selama 5 sampai 10 menit. Kemudian bilas dengan air normal.

Anda bisa menyimpan campuran toner kulit alami buatan sendiri ini di kulkas selama 5 sampai 7 hari.

Tips Tambahan untuk Penggunaan Toner Kulit Alami

  • Witch hazel juga berfungsi sebagai toner kulit yang hebat untuk semua jenis kulit . Anda bahkan tidak perlu menambahkan apapun padanya. Pastikan Anda menggunakan witch hazel bebas alkohol.
  • Jika Anda tidak memiliki teh hijau, cukup campurkan bagian yang sama dari air dan cuka sari apel untuk membuat toner kulit alami untuk kulit berminyak.
  • Untuk mengekstrak gel aloe vera dari daunnya, potong daunnya dengan menggunakan pisau dan serut dengan sendok untuk mengambil gelnya.
  • Jika Anda tidak memiliki botol semprot, Anda bisa menggunakan mangkuk dan bantalan kapas untuk mengoles toner di wajah Anda. Pastikan untuk memasukkannya ke dalam wadah kedap udara saat menyimpan.
  • Berhati-hatilah dalam menyimpan toner Anda. Sementara pendinginan dapat membantu mengawetkan toner, jangan simpan toner buatan sendiri selama lebih dari 10 hari, karena akan menghilangkan manfaatnya.

Itulah informasi seputar cara membuat toner kulit alami buatan sendiri untuk kulit sehat bercahaya. Semoga tips penggunaan toner buatan sendiri untuk kulit normal, kulit berminyak, dan kulit kering di atas dapat bermanfaat untuk Anda.