7 Cara Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-Pecah Secara Alami

Cara Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-Pecah Secara Alami – Salah satu masalah / gejala penyakit yang sering dihadapi saat puasa adalah bibir kering dan pecah-pecah yang dapat membuat penampilan Anda sehari-hari kurang sempurna.

Penyebab bibir kering dan pecah-pecah beraneka ragam, bisa disebabkan karena kurangnya cairan / kurang minum, kurang konsumsi buah & sayuran, penggunaan pasta gigi yang mengandung banyak detergen, lipstick yang tidak cocok, makanan yang terlalu asam atau pedas, kebiasaan minum kopi, kebiasaan buruk merokok, atau beraktivitas di ruangan ber-AC, dan ini mungkin yang sering dilakukan adalah kebiasan menjilat bibir sendiri.

Lalu bagaimana cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah secara alami agar tampil lebih percaya diri.

Nah bila Anda sudah bosan dengan masalah bibir dan ingin mencari solusi cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah secara alami, silahkan ikuti ulasan Dunia Kesehatan berikut ini ..

cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah
Bibir Kering (photo credit: commons.wikipedia.org)

Cara Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-Pecah Secara Alami

Berikut ini adalah bahan-bahan alami yang ada di sekitar Anda yang dapat digunakan untuk melembapkan dan melembutkan bibir Anda secara alami:

  1. Air Putih

Salah satu penyebab kulit kering adalah kurangnya cairan sehingga cara mengatasi bibir kering karena kurang cairan adalah dengan memberikan asupan cairan yang cukup dengan minum air putih setidaknya 8 gelas per hari.

  1. Madu

Khasiat madu untuk kesehatan sudah merupakan rahasia umum. Oleskan madu pada bibir kering untuk meghilangkan bibir kering dan pecah-pecah. Cara mengatasi bibir kering ini cukup disukai karena rasa madu yang manis.

  1. Mentega

Mentega kaya akan asam lemak yang sangat baik untuk melembabkan kulit kering. Caranya cukup dioleskan pada bibir kering dan pecah-pecah dan ulangi setiap kali Anda merasa bibir Anda kering. Cara mengatasi bibir kering ini pun disukai karena praktis dan rasanya yang enak.

  1. Tomat
Baca juga:   10 Gejala Penyakit Yang Sering Timbul Saat Puasa dan Cara Mengatasinya

Tomat sangat kaya akan vitamin dan air yang sangat baik untuk mengatasi kulit kering. Gunakan irisan tomat untuk memijat bibir kiring agar segera pulih.

  1. Mentimun

Cukup tempelkan irisan timun pada bibir kering Anda untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah.

  1. Wortel

Ada 2 cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah dengan wortel yaitu Anda dapat meminum jus wortel secara teratur atau menggunakan parutan wortel pada bibir Anda.

Kandungan antioksidan dalam wortel mampu menghilangkan bibir kering.

  1. Lidah Buaya

Lidah buaya / Aloe vera sudah sangat terkenal sebagai bahan pelembap alami. Gunakan daging buah lidah buaya dan oleskan pada bibir kering hingga merata untuk mengatasi bibir kering. Sayangnya daging buah yang terkena getah lidah buaya sering terasa pahit.

Bagaimana cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah dengan menggunakan bahan alami cukup mudah bukan? Pilih saja salah satu cara di atas yang menggunakan bahan yang ada di rumah Anda. Jangan lupa bila bibir Anda kering, jangan sekali-kali menjilat bibir Anda karena kebiasan tsb akan memperparah kondisi bibir Anda.