Bahaya Minuman Alkohol Bagi Kesehatan Bisa Bikin Sakit Hati Loh

Tingginya konsumsi alkohol dan penggunaan narkoba seringkali menjadi biang kerok tingginya tingkat kriminal di suatu daerah. Miris memang bila kita saksikan aneka berita di televisi karena ternyata penyalahgunaan alkohol & narkoba ini sudah menyasar ke tingkat remaja dan bahkan anak-anak, bahkan ada yang sampai teganya mencekoki hewan dengan miras ini.

Mabuk-mabukan, entah itu karena tuntutan pergaulan, kebutuhan, ataupun hanya untuk menghilangkan stress memang memiliki dampak buruk. Tak hanya untuk kehidupan sosial, lebih jauh lagi, ternyata terdapat bahaya minuman alkohol bagi kesehatan tubuh loh. Karena lebih banyak efek negatif alkohol dibandingkan manfaatnya inilah mungkin kenapa minum alkohol diharamkan bagi mereka yang beragama muslim.

Memang betul, ada hasil penelitian yang menyebutkan bahwa minum alkohol juga memiliki manfaat kesehatan. Alkohol merupakan salah satu makronutrien yang dapat menghasilkan energi untuk tubuh kita. Namun bila berlebihan dan disalahgunakan, maka bukan dampak positif yang diperoleh namun bahaya minuman alkohol inilah yang pasti Anda dapatkan. Efek buruk minum alkohol ini terutama adalah bisa membuat sakit hati, merusak organ hati dan menimbulkan aneka penyakit hati.

bahaya minuman alkohol bagi kesehatan
bahaya minuman alkohol bagi kesehatan (image: zeenews.india.com)

Dampak Buruk dan Bahaya Minuman Alkohol Bagi Kesehatan Hati

Organ hati / liver merupakan salah satu organ vital dengan fungsi yang kompleks. Fungsi organ hati diantaranya adalah membantu proses pencernaan makanan, mengatur kadar gula darah dan kolesterol, menyaring racun, dan membantu tubuh melawan infeksi serta penyakit lainnya.

Saat seseorang minum minuman beralkohol, cairan yang masuk ke dalam saluran cerna akan diserap ke aliran darah dan melewati organ hati sebelum beredar ke bagian tubuh lainnya. Di dalam hati, alkohol ini akan dimetabolisme dan dipecah menjadi air dan karbondioksida agar tidak berdampak buruk bagi bagian tubuh lainnya. Beberapa sel hati ini akan mengalami kerusakan dan mati setiap kali terpapar oleh alkohol. Walaupun sel hati dapat meregenerasi sendiri dan memproduksi sel-sel baru namun kemampuannya akan terganggu bila orang tsb mengkonsumsi alkohol secara terus menerus dan berlebihan dalam jangka panjang. Akibatnya organ hati pun mengalami kerusakan dan kehilangan fungsinya.

Berikut ini adalah beberapa bahaya minuman alkohol bagi kondisi organ hati, yaitu:

Perlemakan Hati

Bahaya mengkonsumsi alkohol berlebih dapat menyebabkan penumpukan lemak pada organ hati. Kondisi perlemakan hati umumnya tidak menyebabkan gejala dan tidak memerlukan pengobatan khusus karena fungsi hati akan kembali normal dengan sendirinya bila Anda berhenti konsumsi alkohol selama 14 hari. Walaupun tanpa gejala, tetap saja Anda harus berhati-hati karena bila dibiarkan kondisi ini dapat memicu radang hati atau hepatitis.

Hepatitis

Perkembangan selanjutnya dalam bahaya mengkonsumsi alkohol setelah perlemakan hati adalah hepatitis dimana organ hati mengalami peradangan. Pada tahapan ini pun, seringkali tidak menunjukkan gejala dan dapat pulih bila Anda menghentikan konsumsi alkohol untuk selamanya. Walaupun demikian, kondisi ini dapat memburuk bila Anda tidak menghentikan kebiasaan minum miras.

Baca juga:   Manfaat BPJS Kesehatan Beserta Keuntungan dan Kekurangannya

Sirosis

Bahaya minuman alkohol bagi kesehatan hati yang terparah adalah sirosis. Sirosis merupakan kondisi dimana hati mengalami pengerasan, rusak dan tidak dapat memproduksi sel-sel baru lagi. Walaupun kondisi sirosis ini tidak dapat dipulihkan namun penting sekali juga untuk tetap berhenti mengkonsumsi minuman beralkohol untuk mencegah kerusakan hati yang lebih lanjut. Untuk mengatasi sirosis hati biasanya dapat dilakukan dengan transplantasi atau pencangkokan hati.

Kondisi terparah yang bisa Anda alami akibat terus-menerus mengonsumsi minuman alkohol adalah mengidap penyakit sirosis. Sirosis adalah kondisi ketika hati sudah rusak dan terluka sehingga tidak bisa memproduksi sel-sel baru lagi. Tidak seperti dua kondisi sebelumnya, sirosis tidak bisa dipulihkan. Namun dengan berhenti mengonsumsi minuman keras dapat mencegah kerusakan hati lebih lanjut. Kesempatan hidup juga dapat diperpanjang dengan menjalani transplantasi hati jika kondisi sirosis sudah sangat parah atau mengalami komplikasi.

Dampak Buruk Mengkonsumsi Alkohol Untuk Kesehatan Tubuh Lainnya

Selain dapat menyebabkan penyakit liver, bahaya minuman alkohol lainnya adalah sbb:

  • Menyebabkan gangguan pencernaan
  • Menyebabkan asam urat yang tinggi
  • Menyebabkan anemia
  • Menyebabkan penyakit jantung
  • Menyebabkan epilepsi
  • Menyebabkan osteoporosis
  • Menyebabkan demensia
  • Menyebabkan komplikasi diabetes
  • Menyebabkan gangguan pada mata
  • Menyebabkan disfungsi ereksi
  • Menyebabkan daya imunitas melemah
  • Menyebabkan kanker
  • Menyebabkan cacat lahir pada janin

Efek Negatif Konsumsi Minuman Beralkohol Lainnya

Selain berdampak buruk bagi kondisi kesehatan, bahaya minuman alkohol lainnya adalah berisiko kecelakaan saat menggunakan kendaraan, melakukan tindakan kekerasan, dan hal lain yang buruk yang tidak disadari karena kondisi mabuk.

Tips Cara Menghentikan Kecanduan Minuman Keras

Di atas sudah dijelaskan mengenai aneka bahaya minuman alkohol bagi kesehatan maupun lingkungan sekitar. Nah sebelum terlambat, sebaiknya Anda segera menghentikan kebiasan minum miras tsb.

Seperti halnya menghentikan kebiasaan merokok, menghetikan kebiasan minuman beralkohol pun memang sangat sulit terutama bagi Anda yang sudah berada di level kecanduan. Walaupun demikian, dengan niat yang kuat dan dukungan orang terdekat maka tidak ada hal yang tak mungkin di dunia ini.

Berikut ini beberapa tips menghentikan kebiasaan konsumsi alkohol yang dapat Anda coba, yaitu:

Perubahan Gaya Hidup

Mulailah dengan membuang semua botol minuman keras yang ada di rumah, menghindari tempat-tempat yang menjual minuman keras atau menjauhi orang-orang yang biasa menemani Anda minum miras. Alihkan keinginan untuk minum miras dengan hal positif lainnya seperti melakukan hobi yang disukai, berkumpul dengan keluarga, berolahraga, atau bergabung dengan kegiatan sosial. Yang penting, pastikan Anda berkumpul dengan orang-orang baik yang melakukan hal positif yang mendukung niatan Anda untuk berhenti mengkonsumsi alkohol.

Melakukan Terapi Pengobatan

Bila Anda mengalami kesulitan untuk menghentikan kebiasaan minum alkohol dengan perubahan gaya hidup saja, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter dan melakukan terapi pengobatan secara medis. Biasanya terapi ini dimulai dengan program detoksifikasi atau rehabilitasi.

Selain itu, dokter pun mungkin akan meresepkan obat-obatan tertentu untuk menekan rasa “ingin” minum miras atau memberikan efek tak enak saat minum minuman beralkohol.

Melakukan Terapi Alternatif

Beberapa pengobatan alternatif di rumah dapat dilakukan juga untuk menghentikan kebiasaan minuman beralkohol, diantaranya dengan terapi minum lemon madu, minum jus seledri, dll.

Nah itulah beberapa informasi seputar bahaya minuman alkohol bagi kesehatan tubuh dan dampak buruk minum miras lainnya. Semoga informasi di atas bermanfaat ..