Khasiat dan Manfaat Buah Alpukat Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Buah Alpukat Bagi Kesehatan – Buah Alpukat / Avocado termasuk salah satu buah yang unik, pasalnya buah ini sangat kaya akan lemak “sehat” sementara buah lainnya kaya akan karbohidrat.

Selain rasanya yang enak dan mengenyangkan, ternyata terdapat banyak manfaat alpukat untuk kesehatan loh.

Buah alpukat yang ada di dunia ini cukup bervariasi baik dari bentuk (mulai dari yang berbentuk seperti pear sampai bulat) dan warnanya (dari hijau sampai hitam). Banyak sekali yang menyukai buah alpukat mentega karena rasanya yang pulen dan tanpa serat kasar yang sulit dikunyah.

Selain daging buahnya, ada juga yang memanfaatkan biji alpukat loh!

Sebelum Dunia Kesehatan mengulas mengenai aneka khasiat buah alpukat, mungkin Anda ingin mengetahui dulu kandungan gizi dari buah ini.

Kandungan Nutrisi Buah Alpukat

Buah alpukat termasuk salah satu jenis buah yang memiliki banyak kandungan gizi. Setidaknya terdapat 20 vitamin dan mineral di dalamnya.

Berikut ini adalah kandungan nutrisi buah alpukat per 100 gram daging buahnya:

  • Menyediakan 160 kalori, 2 gram protein, 15 gram lemak sehat, dan 9 gram karbohidrat
  • mensuplai 26% dari kebutuhan harian Vitamin K
  • mensuplai 20% dari kebutuhan harian folat
  • mensuplai 17% dari kebutuhan harian Vitamin C
  • mensuplai 14% dari kebutuhan harian Kalium
  • mensuplai 14% dari kebutuhan harian Vitamin B5
  • mensuplai 13% dari kebutuhan harian Vitamin B6
  • mensuplai 10% dari kebutuhan harian Vitamin E

Selain itu terdapat juga sejumlah kecil Magnesium, Mangan, Tembaga, Zat Besi, Zinc, Fosfor, Vitamin A, Vitamin B1 (Thiamine), Vitamin B2 (Riboflavin), dan Vitamin B3 (Niacin).

Selain kandungan nutrisi buah alpukat di atas, ternyata buah ini pun tak mengandung kolesterol atau sodium, dan sangat rendah kandungan lemak jenuhnya.

Untuk lebih lengkapnya mengenai kandungan gizi buah alpukat ini, silahkan lihat gambar berikut ini:

kandungan nutrisi buah alpukat dan manfaat buah alpukat bagi kesehatan tubuh

Potensi Manfaat Buah Alpukat Bagi Kesehatan Tubuh

Berdasarkan kandungan nutrisi buah alpukat di atas, maka berikut ini adalah beberapa potensi khasiat buah alpukat bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui:

Potensi Manfaat Alpukat Bagi Kesehatan #1: Menurunkan Hipertensi

Salah satu penyebab hipertensi / tekanan darah tinggi karena tingginya kadar natrium (garam) dalam darah.

Kalium merupakan salah satu zat nutrisi yang membantu menyehatkan sistem kardiokasvular (yaitu jantung dan pembuluh darah).

Asupan kalium yang tinggi dapat membantu menurunkan tekanan darah yang dapat memicu terjadinya serangan jantung, stroke, dan gagal ginjal.

Bila Anda mengira sumber kalium terbaik adalah pisang maka anggapan Anda salah karena ternyata kandungan kalium di buah ini lebih besar loh. Dalam 100 gram penyajian, buah alpukat dapat mensuplai sekitar 14% kebutuhan kalium sementara buah pisang hanya 10% saja.

Potensi Manfaat Buah Alpukat Bagi Kesehatan #2: Mencegah Penyakit Jantung

Kolesterol memang diperlukan oleh tubuh namun terlalu banyak kolesterol dalam darah sangat berisiko pada kesehatan. Salah satu dampak buruk tingginya kadar kolesterol darah adalah penyumbatan pembuluh darah yang dapat memicu terjadinya stroke, serangan jantung, gagal jantung, dll.

Baca juga:   Manfaat Kulit Manggis Untuk Kesehatan dan Kecantikan, Fakta atau Mitos?

Kabar baiknya, buah alpukat sangat kaya akan lemak “baik” yang baik untuk jantung kita. Kandungan utama lemak yang ada pada buah ini adalah asam oleat yang memiliki efek menurunkan peradangan dan menghambat terjadinya kanker.

Menurut hasil penelitian berikut ini adalah beberapa khasiat buah alpukat yaitu menurunkan kadar kolesterol total, menurunkan kadar trigliserida darah hingga 20%, menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) hingga 22%, dan menaikkan kadar kolesterol baik (HDL) hingga 11%.

Potensi Manfaat Buah Alpukat Bagi Kesehatan #3: Baik Untuk Berat Badan dan Kesehatan Metabolisme

Khasiat buah alpukat untuk menjaga berat badan ideal karena kandungan serat di dalamnya. Serat merupakan zat yang membuat Anda kenyang lebih lama, melancarkan saluran pencernaan, dan menurunkan terjadinya lonjakan kadar gula darah.

Dalam 100g buah alpukat mengandung 7g serat yaitu sekitar 27% dari kebutuhan harian. Sekitar 25% dari total serat tsb bersifat larut sementara sisanya tidak larut. Kandungan serat yang larut sangat penting untuk kelangsungan bakteri baik yang hidup di usus.

Potensi Manfaat Alpukat Bagi Kesehatan #4: Lebih Sehat

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang terbiasa makan buah alpukat cenderung lebih sehat dibandingkan orang-orang yang tidak mengkonsumsinya. Alasannya karena orang yang mengkonsumsi buah alpukat ini memiliki asupan gizi yang lebih tinggi yang dapat meningkatkan kecepatan metabolisme, menurunkan risiko penyakit jantung dan diabetes. Selain itu manfaat mengkonsumsi buah alpukat pun dapat menurunkan indeks masa tubuh (BMI / Body Mass Index) dan mengecilkan lingkar perut.

Potensi Khasiat Buah Alpukat Bagi Kesehatan #5: Lebih Mudah Menyerap Nutrisi Lainnya

Lemak tak sepenuhnya memberikan dampak buruk bagi kesehatan karena sejumlah lemak di dalam tubuh pun memiliki peranan yang sangat penting. Apalah jadinya bila kita memakan banyak nutrisi namun tubuh kita tidak mampu menyerapnya dengan baik, tentunya akan terbuat dengan sia-sia.

Anda mungkin pernah mendengar ada beberapa nutrisi yang dapat larut dalam lemak, yang artinya dalam penyerapan dan penggunaan nutrisi tsb dalam tubuh diperlukan lemak. Nutrisi tsb adalah vitamin A, D, E, K dan antioksidan seperti karotenoid.

Sebuah penelitian menunjukkan salah satu manfaat buah alpukat adalah meningkatkan penyerapan antioksidan sampai 15 kalinya.

Jadi manfaat buah alpukat bagi kesehatan ini bukan hanya karena buah nya sendiri bergizi tinggi namun kandungan lemaknya dapat meningkatkan penyerapan nutrisi yang diperoleh dari tanaman yang Anda makan lainnya.

Potensi Manfaat Buah Alpukat Bagi Kesehatan #6: Dapat Melindungi Mata

Khasiat buah alpukat tak hanya meningkatkan penyerapan antioksidan dari sumber makanan lain namun buah ini pun sangat kaya akan antioksidan seperti Lutein dan Zeaxantin. Kedua antioksidan tsb sangat penting untuk kesehatan mata. Menurut penelitian manfaat dari antioksidan tsb adalah dapat menurunkan risiko katarak dan penurunan fungsi mata karena usia.

Potensi Manfaat Buah Alpukat Bagi Kesehatan #7: Mencegah Kanker

Bukti khasiat buah alpukat dalam pencegahan kanker memang masih terbatas. Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi buah ini dapat menurukan efek samping kemoterapi pada limfosit.

Dalam penelitian lainnya, ekstrak buah alpukat pun dapat menghambat pertumbuhan sel kanker prostat. Karena penelitian ini baru dilakukan pada sel yang terisolasi dan belum dilakukan secara klinis maka perlu diperoleh bukti lanjutan dari penelitian tsb di atas.

Potensi Khasiat Buah Alpukat Bagi Kesehatan #8: Meredakan Gejala Artritis

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak alpukat dan minyak kacang kedelai dapat meredakan gejala radang sendi (osteoarthritis).

Selain potensi manfaat kesehatan buah alpukat yang disebutkan di atas, masih ada beberapa khasiat lainnya seperti manfaat makan alpukat bagi ibu hamil dan janinnya.

Itulah beberapa potensi manfaat buah alpukat bagi kesehatan tubuh yang perlu diketahui. Agar khasiat buah alpukat ini dapat tetap terjaga, konsumsilah segera buah alpukat yang telah dibuka karena akan teroksidasi segera. Untuk memperlambat efek oksidasinya, Anda dapat menambahkan jus jeruk. Semoga bermanfaat …

Sumber Referensi:
authoritynutrition.com/12-proven-benefits-of-avocado/