Manfaat Jinten Hitam Bagi Kesehatan Tubuh Yang Perlu Diketahui

Manfaat Jinten Hitam Bagi Kesehatan – Jinten hitam / jintan hitam atau dikenal juga sebagai habbatussauda memiliki banyak kegunaan baik untuk mencegah penyakit hingga penyembuhannya. Biji hitam yang dihasilkan oleh tanaman Nigella Sativa ini telah digunakan sejak jaman dulu kala sebagai obat tradisional.

Khasiat habatussauda ini telah digunakan luas untuk pengobatan berbagai macam penyakit. Manfaat jinten hitam tak hanya sebagai obat penyembuh dalam literatur Islam namun juga direkomendasikan untuk dikonsumsi sehari-hari dalam Tibbun Nabawi (yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW). Kegunaan jintan hitam yang telah diyakini dari dulu adalah sebagai anti hipertensi, tonik hati, diuretik, anti diare, untuk melancarkan pencernaan, penambah nafsu makan, pereda nyeri (analgesik), anti bakteri, dan digunakan pada penyembuhan gangguan kulit.

Untuk lebih jelasnya mengenai apa saja manfaat jinten hitam untuk kesehatan, silahkan simak ulasan SehatPlus.org berikut ini ..

Manfaat Jinten Hitam atau Habbatussauda bagi Kesehatan Tubuh

Jintan hitam / habbatussauda memiliki efek farmakologi / manfaat kesehatan yang telah didukung oleh hasil penelitian. Berikut ini adalah beberapa manfaat jinten hitam bagi kesehatan, yaitu:

  • Anti diabetes
  • Anti kanker
  • Peningkat kekebalan tubuh (sistem imun)
  • Analgetik (pereda nyeri)
  • Anti mikroba
  • Anti radang
  • Spasmolitik (mengatasi kram perut)
  • Bronkodilator (pelega saluran pernapasan)
  • Melindungi hati
  • Melindungi ginjal
  • Melindungi saluran pencernaan
  • Memiliki zat anti oksidan

Jintan hitam juga dikenal sebagai obat herbal ajaib karena dapat menyembuhkan aneka penyakit. Sejak dulu, habbatussauda digunakan sebagai obat tradisional untuk menjaga kesehatan sistem imun, kesehatan saluran pencernaan, mengatasi gangguan pernapasan, mengatasi gangguan ginjal, mengatasi gangguan hati, dan menjaga kesehatan jantung. Sementara manfaat jinten hitam yang telah banyak digunakan di Asia dan Timur Tengah adalah untuk mengobati asma, bronchitis, rematik, dan penyakit radang lainnya.

Manfaat jinten hitam lainnya adalah obat tradisonal untuk mengobati gangguan pencernaan, hilang nafsu makan, diare, infeksi parasit, dan masalah kulit. Minyak jintan hitam juga digunakan sebagai antiseptik sementara jintan hitam bakar digunakan untuk menghentikan muntah-muntah.

Manfaat jinten hitam tsb dimungkinkan karena kandungan timokuinon, alfa hederin, alkaloid, flavonoid, antioksidan, dan asam lemak.

manfaat jinten hitam bagi kesehatan
Jintan Hitam / Nigella Sativa (image: naturallifeenergy.com)

Berikut ini adalah beberapa hasil penelitian terhadap manfaat jinten hitam tsb bagi kesehatan tubuh …

Khasiat Habbatussauda Untuk Mengatasi Kanker

Kandungan timokuinon di dalam jintan hitam telah dikenal memiliki efek anti kanker, hal ini didukung oleh hasil penelitian yang dipublikasikan dalam “Drug Discovery Today”. Itulah sebabnya salah satu manfaat ekstrak jinten hitam adalah efektif melawan penyakit kanker seperti kanker darah, kanker paru, kanker ginjal, kanker prostat, kanker payudara, kanker serviks, kanker usus besar, dan kanker kulit.

Manfaat Jinten Hitam Untuk Mengatasai Diabetes

Stress oksidatif dapat menurunkan efisiensi sel beta pankreas yang memiliki peranan dalam produksi dan pelepasan insulin (hormon pengontrol gula darah). Itu artinya adanya stress oksidatif ini berperan dalam pengembangan penyakit diabetes.

Baca juga:   Cara Menurunkan Tensi Darah Tinggi Secara Alami

Nah salah satu khasiat habbatussauda adalah menurunkan stress oksidatif dan melindungi sel beta pankreas dari kerusakan.

Hasill penelitian pada penderita diabetes yang memakan 2 gram jintan hitam / hari selama 3 bulan menunjukan bahwa ada penurunan gula darah puasa dan HbA1c serta peningkatan fungsi sel beta pankreas. Oleh karena itu habbatussauda disarankan sebagai obat herbal tambahan untuk terapi diabetes tipe 2.

Khasiat Habbatussauda dalam Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat jinten hitam lainnya adalah menurunkan kecepatan jantung dan tekanan darah. Timokuinon dalam jintan hitam pun dapat mengatasi disfungsi endothelial yang dapat memicu gangguan kesehatan jantung.

Kegunaan Jintan Hitam dalam Mengatasi Obesitas

Manfaat jinten hitam juga berkaitan dengan anti kegemukan yang dapat menurunkan berat badan, lingkar pinggang dan pinggul. Efek biji nigella sativa ini pun mampu menurunkan kadar gula darah puasa, trigliserida, dan kadar LDL (kolesterol jahat).

Manfaat Jinten Hitam dalam Menjaga Kesehatan Saluran Pernapasan

Beberapa hasil penelitian menyebutkan bahwa habbatussauda juga baik dalam penyembuhan asma. Kandungan timokuinon dalam jintan hitam ini dapat menurunkan 2 mediator penyebab radang dalam asma dan proses peradangan lainnya.

Sementara penelitian lainnya menyebutkan bahwa manfaat ekstrak jintan hitam pun menunjukkan efek bronkodilator (pelega pernapasan).

Disebutkan juga manfaat jinten hitam memberikan efek antikolinergik (yaitu mengurangi kejang otot polos) dan antihistamin (menghentikan reaksi alergi).

Bahkan timokuinon yang terdapat dalam ekstrak habbatussauda juga ditemukan dalam obat asma flutikason (jenis glukokortikoid sintetik).

Apakah Memakan Habbatussauda Setiap Hari BAIK untuk Kesehatan?

Beberapa negara seperti Cina / Tiongkok menggunakan jintan hitam sebagai anti aging (anti penuaan dini). Tanda-tanda penuaan dini seperti penurunan daya ingat, menurunnya fungsi pendengaran, dan munculnya uban sangat erat berkaitan dengan kurangnya asupan vitamin V dan besi. Sementara jintan hitam sangat kaya akan kedua zat tsb.

Tak hanya itu, habbatussauda pun kaya akan fitokimia, mengandung antioksidan dan nutrisi lainnya yang bila dikonsumsi secara rutin dapat mencegah aneka penyakit.

Bahkan menurut jurnal “Critical Reviews in Food Science and Nutrition”, manfaat jinten hitam ini mampu memberikan perlindungan terhadap 2 penyakit mematikan di Amerika Serikat yaitu kanker dan penyakit jantung.

Beberapa hasil penelitian juga memberikan bukti bahwa dengan konsumsi habbatussauda secara rutin maka Anda dapat merasakan manfaat jinten hitam dalam memperbaiki kesehatan tubuh.

Bagaimana Cara Konsumsi Jintan Hitam untuk Mendapatkan Manfaatnya?

Untuk mendapatkan aneka manfaat jinten hitam bagi kesehatan tubuh seperti yang telah diuraikan di atas, Anda dapat mengkonsumsi sediaan suplemen seperti kapsul yang berisi ekstrak jintan hitam atau Anda pun dapat menggunakan jintan hitam sebagai bumbu masakan.

Jintan hitam umum digunakan sebagai bumbu masakan, pemberi cita rasa pada salad, atau Anda dapat menambahkannya ke dalam kopi atau teh atau Anda dapat menyeduh kopi yang telah mengandung habbatussauda ini, rasanya juga enak loh …

Anda pun dapat merasakan manfaat jinten hitam dengan cara menambahkan air panas ke dalam gelas yang telah berisi 1 sdm biji habbatussauda, aduk, lalu biarkan setidaknya 10 menit lalu minum.

Nah itulah beberapa manfaat jinten hitam bagi kesehatan dan beberapa inspirasi penggunaan habbatussauda dalam makanan maupun minuman. Semoga bermanfaat …

Sumber Referensi:
http://articles.mercola.com/sites/articles/archive/2016/01/25/black-cumin-seed-benefits.aspx