Buah Aprikot: Kandungan Nutrisi, Manfaat Kesehatan, dan Cara Mengolahnya

13 Manfaat Buah Aprikot bagi Kesehatan & Kecantikan - DokterSehat

Buah aprikot adalah buah berbiji yang berasal dari Asia Tengah dan Barat Daya. Pohon aprikot (Prunus armeniaca) adalah pohon buah berukuran sedang yang dapat mencapai ketinggian hingga 12 meter. Buah aprikot biasanya berukuran kecil hingga sedang dengan kulit kuning keoranyean, daging buah yang manis dan agak asam, dan biji yang tidak dapat dimakan. Buah ini merupakan sumber vitamin A, C, dan kalium yang baik, serta mengandung antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan. Aprikot dapat dikonsumsi segar, dikeringkan, atau diolah menjadi berbagai makanan dan minuman, seperti selai, jus, dan pai.

Kandungan Nutrisi Buah Aprikot

Buah aprikot merupakan sumber vitamin, mineral, dan antioksidan yang sangat baik. Berikut adalah kandungan nutrisi yang terdapat dalam 100 gram buah aprikot segar:

Vitamin

– Vitamin A (retinol): 1.278 mcg
– Vitamin C (asam askorbat): 10,5 mg
– Vitamin E (alfa-tokoferol): 0,6 mg
– Vitamin K (phylloquinone): 9,1 mcg

Mineral

– Kalium: 258 mg
– Zat besi: 0,6 mg
– Fosfor: 20 mg
– Magnesium: 10 mg
– Kalsium: 15 mg

Antioksidan

– Beta-karoten: 1.312 mcg
– Likopen: 700 mcg
– Lutein: 117 mcg

Nutrisi Makronutrien

– Karbohidrat: 11,1 g
– Gula: 9,2 g (terutama fruktosa dan glukosa)
– Serat: 1,9 g
– Protein: 1,4 g
– Lemak: 0,3 g

Manfaat Buah Aprikot untuk Kesehatan

Aprikot, buah berbatu yang lezat, menawarkan beragam manfaat kesehatan berkat nutrisi dan antioksidannya yang melimpah. Berikut adalah beberapa manfaat utama buah aprikot untuk kesehatan:

Kaya Antioksidan

Aprikot kaya akan antioksidan, seperti beta-karoten, lutein, dan zeaxanthin. Antioksidan ini membantu melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas, yang dapat menyebabkan penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung.

Mendukung Kesehatan Mata

Lutein dan zeaxanthin adalah antioksidan yang terkonsentrasi secara khusus di mata. Mereka membantu menyaring cahaya biru berbahaya dan melindungi mata dari degenerasi makula terkait usia (AMD) dan katarak.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Aprikot mengandung potasium, yang membantu mengatur tekanan darah dan mengurangi risiko stroke. Serat dalam aprikot juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan menjaga kesehatan jantung secara keseluruhan.

Melancarkan Pencernaan

Aprikot merupakan sumber serat yang baik, yang dapat membantu melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit. Serat juga membuat kenyang lebih lama, membantu mengontrol berat badan.

Mencegah Anemia

Aprikot kaya akan zat besi, yang penting untuk produksi sel darah merah. Mengonsumsi aprikot dapat membantu mencegah anemia defisiensi besi, suatu kondisi yang ditandai dengan kelelahan dan sesak napas.

Baca juga:   Buah Duku: Kandungan Nutrisi, Manfaat Kesehatan, dan Cara Mengolahnya

Meningkatkan Kesehatan Kulit

Vitamin C dan A dalam aprikot berperan penting dalam kesehatan kulit. Vitamin C merangsang produksi kolagen, yang menjaga kulit tetap kencang dan elastis, sedangkan vitamin A membantu memperbaiki jaringan kulit dan mengurangi peradangan.

Cara Mengolah Buah Aprikot agar Manfaatnya Optimal

Buah aprikot kaya akan nutrisi penting, seperti vitamin A, C, dan kalium. Mengolah buah aprikot dengan benar dapat membantu melestarikan nutrisi ini dan memaksimalkan manfaatnya bagi kesehatan.

Pilih Aprikot Segar dan Matang

Pilih aprikot yang berwarna oranye terang dan memiliki permukaan yang halus. Hindari buah yang memar atau lunak, karena dapat menunjukkan kualitas yang buruk. Aprikot yang matang memiliki aroma manis dan daging buah yang empuk.

Cuci Bersih

Cuci aprikot dengan air dingin untuk menghilangkan kotoran atau residu pestisida. Anda dapat menggunakan sikat lembut untuk menghilangkan kotoran yang menempel pada permukaan buah.

Potong dan Buang Biji

Belah aprikot menjadi dua dan buang bijinya. Biji aprikot mengandung amygdalin, yang dapat melepaskan sianida dalam jumlah kecil saat dikonsumsi. Oleh karena itu, penting untuk membuang biji sebelum mengonsumsi aprikot.

Konsumsi Segera atau Simpan dengan Benar

Untuk manfaat optimal, konsumsi aprikot segar sesegera mungkin setelah dipotong. Jika Anda ingin menyimpannya, letakkan aprikot yang sudah dipotong dalam wadah kedap udara di lemari es hingga 3-5 hari. Anda juga dapat membekukan aprikot dalam wadah kedap udara hingga 10-12 bulan.

Ide Resep Mengolah Buah Aprikot:

Resep Aprikot Pie

1. Panaskan oven hingga 190 derajat Celcius.
2. Dalam mangkuk sedang, campurkan buah aprikot, gula, kayu manis, dan tepung. Aduk hingga rata.
3. Tuang campuran aprikot ke dalam kulit pai.
4. Panggang selama 25-30 menit, atau hingga kerak berwarna keemasan dan isian menggelegak.
5. Dinginkan sebelum disajikan.

Nikmati pie aprikot yang lezat dan sehat ini sebagai camilan atau hidangan penutup yang menyegarkan. Kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan, pie ini akan memuaskan hasrat manis Anda tanpa mengorbankan kesehatan Anda.

Pertanyaan dan Jawaban Mengenai Buah Aprikot

Apakah Aprikot Baik untuk Kesehatan Jantung?

Ya, aprikot kaya akan potasium dan serat. Potasium membantu mengatur tekanan darah, sementara serat dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL), sehingga meningkatkan kesehatan jantung.

Apakah Aprikot Kaya Antioksidan?

Ya, aprikot mengandung antioksidan kuat seperti vitamin C, vitamin E, dan beta-karoten. Antioksidan ini melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas, mengurangi risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung dan kanker.

Apakah Aprikot Membantu Sistem Pencernaan?

Ya, aprikot merupakan sumber serat yang baik. Serat membantu melancarkan pencernaan dan mencegah konstipasi. Selain itu, aprikot juga mengandung enzim pencernaan yang dapat memecah makanan dan meningkatkan penyerapan nutrisi.

Penutup

Aprikot, dengan kandungan nutrisi yang mengesankan dan manfaat kesehatan yang tak terhitung banyaknya, adalah buah yang sangat baik untuk ditambahkan ke dalam makanan kita. Kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan, aprikot mendukung kesehatan jantung, penglihatan, pencernaan, dan sistem kekebalan tubuh. Entah dimakan segar, dikeringkan, atau diolah menjadi selai atau jus, buah serbaguna ini menawarkan cara mudah untuk meningkatkan nutrisi dan merasakan banyak manfaat kesehatannya. Dengan mempertimbangkan kandungan nutrisinya yang kaya dan sifat penyembuhannya, aprikot adalah buah yang luar biasa yang pantas mendapatkan tempat di piring dan lemari kita.