Buah Binjai: Kandungan Nutrisi, Manfaat Kesehatan, dan Cara Mengolahnya

SAJE SUKA-SUKA: Buah Kemang atau Buah Binjai

Buah binjai (Mangifera caesia) adalah buah tropis yang berasal dari Asia Tenggara. Buah berukuran sedang ini memiliki kulit hijau tua yang bergelombang dan daging berwarna kuning lembut yang beraroma manis dan asam. Binjai kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan, menjadikannya makanan yang sangat bergizi. Selain dikonsumsi langsung, buah binjai juga sering digunakan dalam berbagai hidangan, seperti sup, kari, dan minuman.

Kandungan Nutrisi Buah Binjai

Buah binjai (Mangifera caesia) adalah buah tropis yang kaya akan nutrisi. Berikut ini adalah kandungan nutrisi utama yang terdapat dalam 100 gram buah binjai:

Kalori 128 Kcal
Karbohidrat 29,2g
Serat 4,8g
Protein 2g
Lemak 0,4g
Thiamin (Vitamin B1) 0,2 mg
Riboflavin (Vitamin B2) 0,4 mg
Niacin (Vitamin B3) 2,4 mg
Vitamin C 148,2 mg
Calcium 14 mg
Iron 0,6 mg
Phosphorus 34 mg
Potassium 240 mg
Sodium 2 mg

Selain nutrisi yang disebutkan di atas, buah binjai juga mengandung fitokimia bermanfaat, seperti polifenol, flavonoid, dan karotenoid, yang memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi.

Manfaat Buah Binjai untuk Kesehatan

Buah binjai yang berasal dari pohon Binjai (Mangifera caesia) memiliki beragam manfaat kesehatan. Berikut beberapa di antaranya:

1. Kaya Antioksidan

Buah binjai kaya akan antioksidan, seperti flavonoid dan polifenol. Antioksidan ini membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul yang tidak stabil dan dapat menyebabkan stres oksidatif, yang dapat memicu kondisi kronis seperti penyakit jantung dan kanker.

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Buah binjai mengandung asam lemak tak jenuh, seperti asam oleat dan asam linoleat. Asam lemak ini membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Dengan menjaga kadar kolesterol tetap sehat, buah binjai dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

3. Menunjang Kesehatan Pencernaan

Buah binjai merupakan sumber serat yang baik. Serat membantu mengatur pergerakan usus, mencegah sembelit, dan menjaga kesehatan sistem pencernaan.

4. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Buah binjai mengandung vitamin C, yang sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh yang kuat. Vitamin C membantu memproduksi sel darah putih, yang melawan infeksi dan melindungi tubuh dari penyakit.

Baca juga:   Khasiat dan Manfaat Kolang Kaling Bagi Kesehatan Yang Perlu Diketahui

5. Memiliki Sifat Anti-inflamasi

Flavonoid dalam buah binjai memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan di dalam tubuh. Peradangan kronis dikaitkan dengan berbagai penyakit, seperti radang sendi dan penyakit jantung.

6. Sifat Anti-kanker

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa senyawa dalam buah binjai memiliki sifat antikanker. Senyawa ini membantu menghambat pertumbuhan dan penyebaran sel kanker.

Cara Mengolah Buah Binjai agar Manfaatnya Optimal

Pemilihan dan Penyimpanan

Pilih buah binjai yang matang dan memiliki kulit berwarna kuning cerah. Setelah dipetik, simpan buah di tempat sejuk dan lembap untuk memperpanjang kesegarannya.

Pengupasan dan Pemotongan

Gunakan pisau tajam untuk mengupas kulit buah binjai dan potong daging buah menjadi potongan-potongan kecil. Pastikan untuk membuang bagian tengah buah yang keras dan pahit.

Pengonsumsian Segar

Cara paling sederhana untuk mengonsumsi buah binjai adalah memakannya langsung dalam keadaan segar. Menyantapnya secara langsung dapat memberi manfaat optimal, karena tidak ada nutrisi yang hilang selama proses pengolahan.

Pengolahan Menjadi Jus

Buah binjai juga dapat diolah menjadi jus yang menyegarkan. Blender potongan buah dengan sedikit air atau susu, lalu saring jusnya. Jus binjai kaya akan antioksidan dan dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Pengolahan Menjadi Selai

Bagi yang menyukai cita rasa yang manis, buah binjai dapat diolah menjadi selai. Rebus potongan buah dengan gula dan air hingga mengental. Selai binjai dapat dioleskan pada roti atau biskuit sebagai isian yang sehat.

Perhatian Penting

Meskipun buah binjai memiliki banyak manfaat kesehatan, penting untuk diperhatikan bahwa konsumsi berlebihan dapat menyebabkan efek samping, seperti gangguan pencernaan dan sakit perut. Hindari mengonsumsi buah binjai secara berlebihan dan konsultasikan dengan dokter jika Anda memiliki pertanyaan atau kekhawatiran.

Pertanyaan dan Jawaban Mengenai Buah Binjai

Apakah buah binjai bermanfaat untuk kesehatan?

Ya, buah binjai memiliki kandungan nutrisi yang tinggi, seperti vitamin C, serat, dan antioksidan. Kandungan ini bermanfaat untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh, memperbaiki pencernaan, dan melindungi sel tubuh dari kerusakan.

Dapatkah buah binjai menyembuhkan penyakit tertentu?

Meskipun buah binjai memiliki manfaat kesehatan, belum ada bukti ilmiah yang mendukung klaim bahwa buah ini dapat menyembuhkan penyakit tertentu. Namun, konsumsi buah binjai secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan secara keseluruhan dan mengurangi risiko terkena penyakit kronis.

Penutup

Buah binjai kaya akan nutrisi penting yang memberikan banyak manfaat kesehatan. Kandungan antioksidannya membantu melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas, sementara seratnya mendukung pencernaan yang sehat dan dapat membantu mengatur kadar gula darah. Selain itu, buah ini mengandung vitamin, mineral, dan senyawa tanaman yang menawarkan manfaat anti-inflamasi, antimikroba, dan anti-kanker. Dengan rasanya yang unik dan cara pengolahannya yang mudah, buah binjai dapat dengan mudah dimasukkan ke dalam makanan sehari-hari untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan secara keseluruhan.