Buah Feijoa: Kandungan Nutrisi, Manfaat Kesehatan, dan Cara Mengolahnya

16 Feijoa Varieties (Different Varieties of Feijoa) - ChowTray

Feijoa (Feijoa sellowiana) adalah buah tropis yang unik dan jarang diketahui. Berasal dari daerah pegunungan di Amerika Selatan, buah ini berbentuk oval dan berwarna hijau gelap dengan daging buah putih kehijauan yang bertekstur berbintik-bintik. Feijoa memiliki aroma dan rasa yang khas, yang sering digambarkan sebagai perpaduan antara nanas, jambu biji, dan stroberi. Buah ini kaya akan vitamin C, serat, dan antioksidan, menjadikannya pilihan yang sehat dan menyegarkan.

Kandungan Nutrisi Buah Feijoa

Buah feijoa adalah buah unik dari Amerika Selatan yang kaya akan berbagai nutrisi penting. Berikut adalah kandungan nutrisi buah feijoa per 100 gram:

Kalori: 49
Kalori Dari Lemak: 6,5
Total Lemak 0,8 g
Lemak Jenuh 0
Lemak Trans 0
Kolesterol 0 mg
Sodium 3 mg
Vitamin C 20,3 mg
Folat 38 mcg
Kalium 155 mg
Mangan 0,1 mg
Total Karbohidrat 10,6 g
Kalori 49
Protein 1,2 g
Vitamin B6 0,1 mg
Asam Pantotenat 0,2 mg
Magnesium 9 mg

Buah feijoa adalah sumber vitamin C yang sangat baik, yang penting untuk fungsi kekebalan tubuh dan kesehatan kulit. Ini juga merupakan sumber antioksidan yang baik, yang membantu melindungi sel dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Selain itu, feijoa mengandung sejumlah mineral penting, termasuk kalium dan magnesium, yang berperan penting dalam berbagai fungsi tubuh.

Manfaat Buah Feijoa untuk Kesehatan

Buah feijoa, yang juga dikenal sebagai jambu biji nanas, adalah buah tropis yang kaya akan nutrisi dan menawarkan berbagai manfaat kesehatan. Berikut penjelasannya:

Kandungan Nutrisi yang Melimpah

Buah feijoa kaya akan berbagai nutrisi, termasuk vitamin C, vitamin E, serat, kalium, dan antioksidan. Vitamin C penting untuk sistem kekebalan yang kuat, sementara vitamin E dan antioksidan membantu melindungi sel-sel dari kerusakan. Serat membantu mengatur pencernaan dan menjaga kadar gula darah yang stabil, sedangkan kalium penting untuk fungsi otot dan saraf.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kadar vitamin C yang tinggi dalam buah feijoa menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C merangsang produksi sel darah putih, yang berperan penting dalam melawan infeksi. Selain itu, antioksidan dalam buah feijoa dapat membantu melindungi sel-sel kekebalan dari kerusakan oksidatif.

Menurunkan Risiko Penyakit Kronis

Kandungan antioksidan dalam buah feijoa dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit kronis, seperti penyakit jantung dan kanker. Antioksidan membantu menetralkan radikal bebas, yang dapat merusak sel-sel dan menyebabkan penyakit. Selain itu, kandungan serat yang tinggi dalam buah feijoa dapat membantu mengurangi kadar kolesterol dan gula darah, yang merupakan faktor risiko penyakit jantung dan diabetes.

Baca juga:   Sayuran Kacang Polong: Kandungan Nutrisi, Manfaat Kesehatan, dan Cara Mengolahnya

Menjaga Kesehatan Saluran Pencernaan

Kandungan serat dalam buah feijoa sangat penting untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan. Serat membantu mengatur pergerakan usus, mencegah sembelit dan masalah pencernaan lainnya. Selain itu, serat dapat membantu meningkatkan rasa kenyang, yang dapat bermanfaat untuk mengelola berat badan.

Sifat Anti-Inflamasi

Buah feijoa mengandung senyawa anti-inflamasi yang disebut quercetin. Quercetin telah terbukti memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat, yang dapat membantu mengurangi peradangan di seluruh tubuh. Peradangan kronis dikaitkan dengan berbagai penyakit, termasuk penyakit jantung, artritis, dan beberapa jenis kanker.

Cara Mengolah Buah Feijoa agar Manfaatnya Optimal

1. Memilih Buah Feijoa yang Matang

Pilih buah feijoa yang memiliki kulit yang mengkilap dan tidak ada memar. Warna kulitnya harus berubah dari hijau ke kuning kecokelatan saat matang. Buah yang matang memiliki aroma buah yang harum dan terasa empuk saat ditekan.

2. Mencuci dan Mengupas

Cuci buah feijoa secara menyeluruh menggunakan air bersih. Gunakan spons atau kain bersih untuk menghilangkan kotoran dan residu pestisida. Kupas kulit buah dengan pisau tajam dan buang kedua ujungnya.

3. Mengonsumsi Mentah

Feijoa dapat dikonsumsi langsung dalam bentuk mentah. Potong buah menjadi dua dan keluarkan daging buahnya menggunakan sendok. Daging buahnya memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang manis asam yang menyegarkan.

4. Membuat Smoothie atau Jus

Untuk mendapatkan nutrisi yang lebih banyak, buatlah smoothie atau jus feijoa. Campurkan buah feijoa dengan buah-buahan lain, seperti pisang, stroberi, atau blueberry. Tambahkan yogurt atau susu untuk kekentalan.

5. Memasak

Feijoa juga dapat digunakan dalam masakan. Potong buah menjadi potongan-potongan kecil dan tambahkan ke dalam salad, sup, atau kari. Rasanya yang unik akan menambah cita rasa pada hidangan.

Pertanyaan dan Jawaban Mengenai Buah Feijoa

Apa saja manfaat buah feijoa untuk kesehatan?

Buah feijoa kaya akan antioksidan, vitamin C, dan serat makanan. Antioksidannya dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan, sementara vitamin C penting untuk kekebalan tubuh dan kesehatan kulit. Serat makanan dalam feijoa dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan mengatur gula darah.

Apakah buah feijoa dapat membantu mengurangi peradangan?

Ya, buah feijoa mengandung senyawa anti-inflamasi seperti quercetin dan antosianin. Senyawa ini dapat membantu mengurangi peradangan kronis di seluruh tubuh, yang dapat bermanfaat bagi kondisi seperti radang sendi dan penyakit jantung.

Penutup

Buah feijoa kaya akan nutrisi penting dan menawarkan berbagai manfaat kesehatan. Kandungan antioksidannya dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan sel, sementara seratnya mendukung pencernaan yang sehat. Buah ini juga kaya akan vitamin C, yang penting untuk sistem kekebalan tubuh yang kuat. Pengolahan buah feijoa sangat mudah, dapat dikonsumsi segar, dibuat jus, dibekukan, atau dijadikan selai. Dengan nilai gizinya yang tinggi dan keserbagunaannya, buah feijoa merupakan pilihan yang sangat baik untuk diet sehat dan bergizi.