Buah Kapulasan: Kandungan Nutrisi, Manfaat Kesehatan, dan Cara Mengolahnya

7 Manfaat Kapulasan (Buah) Bagi Kesehatan, Mencegah Hipertensi - Health

Buah kapulasan  merupakan tanaman buah unggulan dari daerah tropis Asia Tenggara, khususnya Indonesia. Buah yang memiliki bentuk unik menyerupai rambutan dengan kulit berduri pendek berwarna merah keunguan dikenal dengan nama lokal rambutan cina atau leci cina ini. Isinya berwarna putih, bertekstur lembut, dan memiliki rasa manis sedikit asam dengan aroma khas yang menyegarkan. Sebagai sumber antioksidan alami, buah kapulasan kaya akan vitamin C dan flavonoid, sehingga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh dan mencegah berbagai penyakit.

Kandungan Nutrisi Buah Kapulasan

Buah kapulasan (Artocarpus integer) merupakan buah tropis yang memiliki banyak manfaat kesehatan. Buah ini memiliki berbagai kandungan nutrisi yang penting bagi tubuh, antara lain protein, karbohidrat, vitamin dan mineral.

Berikut adalah kandungan nutrisi dalam 100g buah kapulasan:

Protein 0,82 gram
Karbohidrat 12,86 gram
Serat 0,14 gram
Lemak 0,55 gram
Kalsium 0,01-0,05 mg
Zat Besi 0,002 mg
Vitamin C 11 mg
Air 84.54%-90.87%.

Manfaat Buah Kapulasan untuk Kesehatan

Buah kapulasan, juga dikenal sebagai rambutan botak, merupakan buah tropis yang banyak ditemukan di Asia Tenggara. Buah ini memiliki rasa manis dan asam yang unik, serta kaya akan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaat buah kapulasan untuk kesehatan:

Kaya Akan Antioksidan

Buah kapulasan mengandung antioksidan kuat seperti vitamin C dan antosianin. Antioksidan ini membantu melindungi tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas, yang dapat menyebabkan penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah kapulasan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C berperan penting dalam produksi sel darah putih, yang melawan infeksi dan penyakit.

Menjaga Kesehatan Pencernaan

Buah kapulasan mengandung serat makanan yang larut dan tidak larut. Serat larut membantu menurunkan kadar kolesterol dan mengatur gula darah, sedangkan serat tidak larut membantu melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit.

Baca juga:   Khasiat dan Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan Beserta Kandungan Nutrisinya

Menjaga Kesehatan Jantung

Antosianin dalam buah kapulasan memiliki efek anti-inflamasi dan antioksidan yang dapat membantu melindungi jantung dari penyakit. Selain itu, kandungan kalium dalam buah ini membantu mengatur tekanan darah.

Meningkatkan Kesehatan Kulit

Vitamin C dalam buah kapulasan berperan penting dalam produksi kolagen, protein yang menjaga kulit tetap kencang dan sehat. Antioksidan dalam buah ini juga membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

Cara Mengolah Buah Kapulasan agar Manfaatnya Optimal

Pemilihan Buah

Pilih buah kapulasan yang matang sempurna, berwarna merah cerah dengan kulit yang halus. Hindari buah yang memiliki memar, penyok, atau terlihat busuk.

Pencucian

Cuci buah kapulasan dengan air mengalir beberapa kali untuk menghilangkan kotoran dan pestisida. Gunakan sikat lembut jika perlu untuk membersihkan bulu-bulu pada permukaan buah.

Pengupasan

Gunakan pisau tajam untuk mengupas kulit buah kapulasan secara tipis. Hindari mengupas terlalu dalam agar tidak menghilangkan bagian buah yang paling bergizi.

Pemotongan

Potong buah kapulasan menjadi potongan-potongan kecil yang mudah dimakan. Anda juga dapat memotongnya menjadi dua dan mengeluarkan bijinya.

Penyajian

Buah kapulasan dapat disajikan segar, ditambahkan ke salad buah, dijadikan jus, atau dibuat menjadi selai atau jeli. Konsumsi buah kapulasan secara teratur untuk mendapatkan manfaat kesehatannya yang optimal.

Ide Resep Mengolah Buah Kapulasan:

Salad Buah Kapulasan Segar

Bahan:
– 1 buah Kapulasan segar, potong dadu
– 1/2 buah Apel hijau, potong dadu
– 1/4 buah Melon, potong dadu
– 1/4 cangkir Stroberi, potong belah
– 1/4 cangkir Blueberry
– 2 sdm Gula pasir
– 1 sdm Air perasan jeruk nipis

Cara membuat:
1. Campurkan semua bahan dalam mangkuk besar.
2. Aduk rata hingga semua bahan tercampur.
3. Dinginkan selama 30 menit sebelum disajikan.
4. Nikmati salad buah kapulasan yang segar dan sehat ini!

Pertanyaan dan Jawaban Mengenai Buah Kapulasan

Apa saja manfaat kesehatan dari buah kapulasan?

Buah kapulasan kaya akan vitamin C, antioksidan, dan serat. Konsumsinya dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah kerusakan sel, dan melancarkan pencernaan.

Apakah buah kapulasan aman untuk dikonsumsi?

Ya, buah kapulasan umumnya aman untuk dikonsumsi. Namun, penderita gangguan pencernaan atau penyakit asam lambung disarankan untuk membatasi konsumsinya karena kandungan asamnya yang tinggi. Selain itu, konsumsi berlebihan dapat menyebabkan diare atau gangguan pencernaan lainnya.

Penutup

Buah kapulasan memiliki kandungan nutrisi yang kaya yang menawarkan berbagai manfaat kesehatan, mulai dari meningkatkan kekebalan tubuh hingga melindungi dari penyakit kronis. Cara pengolahan buah ini juga beragam, menjadikannya pilihan yang lezat dan bergizi untuk dikonsumsi. Dengan memasukkan kapulasan ke dalam makanan, kita dapat memanfaatkan manfaat nutrisinya yang luar biasa untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan secara keseluruhan.