Buah Kawista: Kandungan Nutrisi, Manfaat Kesehatan, dan Cara Mengolahnya

Kawista, Buah Dengan Rasa Yang Unik Simpan Banyak Manfaat Untuk Tubuh

Buah kawista (Limonia acidissima), juga dikenal sebagai gooseberry India, adalah buah tropis yang berasal dari Asia Selatan. Buah ini berbentuk bulat atau oval, berukuran kecil dengan diameter sekitar 2-3 cm. Kulitnya berwarna hijau terang saat mentah dan berubah menjadi kuning kecokelatan saat matang. Daging buahnya berwarna putih kehijauan, bertekstur lembut dan berair, dengan rasa asam yang menyegarkan. Kawista memiliki biji kecil dan berlimpah yang dapat dimakan setelah direndam dalam air. Buah ini kaya akan vitamin C, antioksidan, dan mineral penting, menjadikannya bermanfaat bagi kesehatan secara keseluruhan. Kawista banyak digunakan dalam masakan Asia, baik segar maupun diawetkan, serta dalam pengobatan tradisional.

Kandungan Nutrisi Buah Kawista

Buah kawista, yang juga dikenal sebagai buah bael, merupakan buah tropis yang memiliki beragam manfaat kesehatan. Buah ini kaya akan nutrisi penting yang bermanfaat bagi kesehatan secara keseluruhan. Berikut adalah kandungan nutrisi utama yang terkandung dalam buah kawista:

    1. Vitamin C: Buah kawista merupakan sumber vitamin C yang sangat baik, antioksidan kuat yang membantu melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas.
    2. Serat: Buah kawista mengandung serat yang tinggi, yang membantu meningkatkan rasa kenyang, mengatur pergerakan usus, dan menurunkan kadar kolesterol.
    3. Kalium: Buah kawista kaya akan kalium, mineral penting yang membantu mengatur tekanan darah dan fungsi otot.
    4. Vitamin B6: Buah kawista mengandung vitamin B6 dalam jumlah yang baik, yang penting untuk metabolisme energi dan pembentukan sel darah merah.
    5. Antioksidan: Buah kawista mengandung antioksidan yang kuat, seperti flavonoid dan polifenol, yang membantu melindungi tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.
    6. Mineral lain: Buah kawista juga merupakan sumber mineral lain, seperti magnesium, kalsium, zat besi, dan fosfor.

Berikut kandungan gizi dalam 100g buah kawista:

Air 71,61 gram (g)
Protein 3,66 g
Lemak 3,16 g
Serat 7 g
Karbohidrat 13,09 g
Kalsium 267 g
Zat besi 3,07 miligram (mg)
Magnesium 36 mg
Kalium 894 mg
Zink 4,43 mg
Vitamin A 25,17 mikrogram (mcg)
Beta-karoten 302 mcg
Vitamin C 23 mg

Buah ini juga mengandung berbagai fitonutrien atau senyawa khas tanaman, seperti flavonoid, asam fenolik, tannin, dan coumarin

Kandungan nutrisi spesifik dalam buah kawista dapat bervariasi tergantung pada faktor-faktor seperti varietas, kondisi pertumbuhan, dan tingkat kematangan.

Manfaat Buah Kawista untuk Kesehatan

Kaya Antioksidan

Buah kawista mengandung kadar antioksidan yang tinggi, seperti flavonoid dan polifenol. Antioksidan ini membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, yang dapat menyebabkan penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung.

Menjaga Kesehatan Pencernaan

Buah kawista kaya akan serat, yang penting untuk kesehatan pencernaan. Serat membantu melancarkan pergerakan usus, mencegah sembelit dan diare. Selain itu, serat membantu mengontrol kadar gula darah dan kolesterol.

Baca juga:   Sayuran Terung: Kandungan Nutrisi, Manfaat Kesehatan, dan Cara Mengolahnya

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Buah kawista mengandung vitamin C dalam jumlah yang tinggi, yang penting untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Vitamin C membantu tubuh melawan infeksi dan penyakit, serta meningkatkan produksi sel darah putih.

Menjaga Kesehatan Tulang

Buah kawista merupakan sumber kalsium yang baik, mineral penting untuk kesehatan tulang. Kalsium membantu memperkuat tulang dan mengurangi risiko osteoporosis, suatu kondisi yang menyebabkan tulang menjadi lemah dan rapuh.

Menurunkan Kolesterol

Buah kawista mengandung fitosterol, senyawa yang membantu menurunkan kadar kolesterol. Fitosterol menghambat penyerapan kolesterol dalam usus, sehingga dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

Mengontrol Gula Darah

Buah kawista memiliki indeks glikemik yang rendah, yang berarti tidak menyebabkan lonjakan kadar gula darah setelah dikonsumsi. Indeks glikemik yang rendah juga dapat membantu mengelola diabetes dan mencegah obesitas.

Cara Mengolah Buah Kawista agar Manfaatnya Optimal

Pemilihan Buah

Pilih buah kawista yang matang sempurna, berwarna oranye tua hingga kemerahan. Hindari buah yang masih hijau atau terlalu lembek.

Pencucian dan Pemotongan

Cuci bersih buah kawista dengan air mengalir. Potong buah menjadi dua bagian dan buang bijinya. Potong daging buah menjadi potongan-potongan kecil atau haluskan menggunakan blender.

Pengolahan

Ada berbagai cara mengolah buah kawista, seperti:

      • Jus: Campurkan potongan buah kawista dengan air secukupnya dan blender hingga halus. Saring jus dan konsumsi langsung.
      • Smoothie: Tambahkan potongan buah kawista ke dalam campuran smoothie favorit Anda, seperti pisang, bayam, dan susu almond.
      • Selai: Masak potongan buah kawista dengan gula dan air hingga mengental. Gunakan selai sebagai topping roti panggang atau biskuit.
      • Manisan: Iris tipis daging buah kawista dan celupkan ke dalam larutan gula. Keringkan manisan hingga renyah.

Penting untuk Diperhatikan

Sebaiknya konsumsi buah kawista dalam jumlah sedang, karena kandungan vitamin C yang tinggi dapat menyebabkan iritasi lambung pada beberapa orang. Cuci bersih tangan dan peralatan yang digunakan untuk mengolah buah kawista untuk mencegah kontaminasi bakteri.

Ide Resep Mengolah Buah Kawista:

Tumis Kawista Pedas

1. Panaskan minyak goreng dalam wajan. Tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum.
2. Masukkan cabai rawit, wortel, dan paprika. Aduk hingga layu.
3. Tambahkan buncis dan buah kawista. Masak hingga semua bahan lunak.
4. Bumbui dengan kecap manis, saus tiram, dan kecap ikan. Aduk rata.
5. Tambahkan garam, gula, dan merica sesuai selera. Masak hingga bumbu meresap.
6. Angkat dan sajikan dengan nasi hangat atau lauk lainnya.

Pertanyaan dan Jawaban Mengenai Buah Kawista

Apa saja manfaat buah kawista bagi kesehatan?

Buah kawista kaya akan vitamin C, antioksidan, dan serat yang berkontribusi pada banyak manfaat kesehatan, termasuk meningkatkan kekebalan tubuh, melindungi dari kerusakan sel, dan melancarkan pencernaan.

Apakah buah kawista aman dikonsumsi bagi semua orang?

Sebagian besar orang dapat menikmati buah kawista dengan aman. Namun, orang dengan alergi lateks atau getah tertentu mungkin mengalami reaksi alergi terhadap buah kawista karena kemiripan proteinnya.

Bagaimana cara mengonsumsi buah kawista?

Buah kawista dapat dikonsumsi mentah atau dimasak. Itu dapat ditambahkan ke salad, jus, atau smoothie. Bijinya dapat dipanggang atau digoreng untuk menghasilkan camilan yang renyah dan gurih.

Penutup

Buah kawista kaya akan kandungan nutrisi penting, termasuk vitamin C, potasium, dan serat. Konsumsinya dapat memberikan manfaat kesehatan yang beragam, seperti meningkatkan kekebalan tubuh, mengatur tekanan darah, dan melancarkan pencernaan. Buah ini dapat diolah dengan berbagai cara, seperti dikonsumsi segar, dibuat jus, atau diolah menjadi selai dan manisan. Dengan kandungan nutrisinya yang tinggi dan cara pengolahan yang beragam, buah kawista menjadi pilihan yang baik untuk melengkapi pola makan sehat dan seimbang.