Buah Mengkudu: Kandungan Nutrisi, Manfaat Kesehatan, dan Cara Mengolahnya

5 Manfaat Buah Mengkudu untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Buah mengkudu (Morinda citrifolia) adalah buah tropis yang banyak ditemukan di wilayah Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Buah berbentuk bulat lonjong ini memiliki kulit berwarna hijau kecoklatan dengan permukaan yang berduri. Daging buahnya berwarna putih hingga krem dengan tekstur yang lunak dan berlendir, sedangkan bijinya berwarna hitam kecoklatan. Mengkudu dikenal memiliki kandungan nutrisi yang cukup beragam, seperti antioksidan, vitamin, dan mineral. Sejak zaman dahulu, buah ini telah digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengatasi berbagai penyakit.

Kandungan Nutrisi Buah Mengkudu

Buah mengkudu (Morinda citrifolia) dikenal dengan kandungan nutrisinya yang kaya. Berikut adalah beberapa kandungan nutrisi penting yang terdapat dalam 100g buah mengkudu:

Energi Total 47 kcal
Energi dari Lemak 1,8 kcal
Lemak Total 0,2 g
Lemak Jenuh 0,1 g
Lemak Trans 0,0 g
Kolesterol 0 mg
Protein 0,9 g
Karbohidrat Total 11,7 g
Serat Pangan 3,1 g
Gula 10,2 g
Natrium 3 mg
Kalium 272 mg
Vitamin C 33,6 mg
Kalsium 10 mg
Zat Besi 0,6 mg

Selain kandungan nutrisi di atas, buah mengkudu juga mengandung senyawa bioaktif lainnya yang berperan dalam kesehatan dan kesejahteraan manusia.

Manfaat Buah Mengkudu untuk Kesehatan

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Buah mengkudu kaya akan antioksidan, seperti vitamin C, vitamin A, dan flavonoid. Antioksidan ini membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, sehingga meningkatkan daya tahan tubuh terhadap berbagai infeksi dan penyakit.

Melawan Peradangan

Buah mengkudu mengandung senyawa anti-inflamasi, seperti proxeronin. Senyawa ini dapat membantu mengurangi peradangan di seluruh tubuh, termasuk pada persendian, saluran pencernaan, dan sistem kardiovaskular.

Melindungi Jantung

Ekstrak buah mengkudu telah terbukti menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Hal ini dapat membantu melindungi jantung dari penyakit seperti serangan jantung dan stroke.

Menurunkan Risiko Kanker

Buah mengkudu mengandung senyawa antikanker, seperti antosianin dan skopoletol. Senyawa ini dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dan memicu apoptosis (kematian sel kanker).

Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Buah mengkudu kaya akan serat, yang dapat melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit. Selain itu, buah ini juga mengandung enzim pencernaan, yang membantu memecah makanan dan meningkatkan penyerapan nutrisi.

Anti Penuaan

Antioksidan dalam buah mengkudu membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas, yang dapat menyebabkan penuaan dini. Selain itu, buah ini juga mengandung vitamin E, yang penting untuk kesehatan kulit dan rambut.

Baca juga:   11 Fakta Khasiat Susu Kambing Lebih Baik Dari Susu Sapi

Cara Mengolah Buah Mengkudu agar Manfaatnya Optimal

Buah mengkudu merupakan salah satu buah yang kaya akan nutrisi dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Namun, mengolah buah ini dengan cara yang benar sangat penting agar kandungan nutrisinya tetap terjaga. Berikut adalah cara mengolah buah mengkudu yang baik dan benar:

Pemilihan Buah

Pilihlah buah mengkudu yang sudah matang dan berwarna hijau cerah. Hindari buah yang sudah layu, memar, atau memiliki bintik-bintik hitam. Buah yang sudah matang akan lebih mudah diolah dan menghasilkan sari buah yang lebih banyak.

Pencucian

Cuci bersih buah mengkudu dengan air mengalir. Gosok perlahan permukaan buah menggunakan spons atau sikat lembut untuk menghilangkan sisa-sisa kotoran. Setelah itu, bilas kembali dengan air bersih hingga tidak ada kotoran yang menempel.

Pengupasan dan Pemotongan

Kupas kulit buah mengkudu menggunakan pisau tajam. Kemudian, potong buah menjadi beberapa bagian agar lebih mudah diblender atau diperas.

Proses Pengolahan

Ada dua cara utama untuk mengolah buah mengkudu, yaitu dengan cara diblender atau diperas. Jika menggunakan blender, masukkan potongan buah mengkudu ke dalam blender dan tambahkan sedikit air. Blender hingga halus dan sari buah keluar.

Jika menggunakan cara diperas, masukkan potongan buah mengkudu ke dalam kain kasa atau alat presser. Kemudian, peras hingga sari buah keluar. Ampas buah mengkudu dapat digunakan sebagai pupuk tanaman.

Penyimpanan

Sari buah mengkudu dapat disimpan di dalam lemari es selama 3-5 hari. Untuk penyimpanan lebih lama, sari buah dapat dibekukan dalam wadah kedap udara.

Pertanyaan dan Jawaban Mengenai Buah Mengkudu

Apa saja manfaat mengonsumsi buah mengkudu untuk kesehatan?

Buah mengkudu kaya akan antioksidan, vitamin, dan mineral yang memiliki banyak khasiat kesehatan, seperti:
– Meningkatkan kekebalan tubuh
– Meredakan peradangan
– Menurunkan tekanan darah
– Mencegah kanker
– Menurunkan kadar gula darah

Apakah aman mengonsumsi buah mengkudu setiap hari?

Ya, umumnya aman mengonsumsi buah mengkudu setiap hari dalam jumlah sedang (100-200 gram). Namun, orang dengan kondisi kesehatan tertentu, seperti penyakit ginjal atau sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsinya.

Bagaimana cara mengonsumsi buah mengkudu yang efektif?

Buah mengkudu dapat dikonsumsi dalam berbagai cara, seperti:
– Dimakan langsung
– Dibuat jus
– Dibuat teh
– Dijadikan suplemen
Disarankan untuk mengonsumsi buah mengkudu secara teratur untuk mendapatkan manfaat kesehatannya secara optimal.

Penutup

Buah mengkudu menawarkan berbagai manfaat kesehatan yang luar biasa berkat kandungan nutrisinya yang kaya. Antioksidan dan senyawa anti-inflamasi yang ditemukan dalam buah ini dapat membantu mengurangi risiko penyakit kronis, meningkatkan kesehatan kekebalan tubuh, dan meredakan peradangan. Selain itu, buah ini juga bermanfaat untuk kesehatan pencernaan, kesehatan jantung, dan manajemen berat badan. Pengolahan buah mengkudu yang tepat, seperti membuat jus atau mengolahnya menjadi suplemen, memungkinkan kita memanfaatkan manfaat kesehatannya secara maksimal. Dengan memasukkan buah mengkudu ke dalam pola makan kita secara teratur, kita dapat meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan kita secara keseluruhan.