Buah Kiwi: Kandungan Nutrisi, Manfaat Kesehatan, dan Cara Mengolahnya

Yuk Pelajari 10 Manfaat Buah Kiwi Yang Perlu Kamu Ketahui - IndonesianToday

Kiwi (Actinidia deliciosa), buah yang berasal dari Tiongkok, merupakan buah lezat yang kaya akan nutrisi. Dibungkus dengan kulit berbulu cokelat kehijauan, buah kiwi memiliki daging berwarna hijau cerah atau emas dengan biji-biji hitam kecil. Buah ini memiliki rasa asam manis yang unik dan merupakan sumber vitamin C yang sangat baik, antioksidan yang penting untuk kesehatan kulit dan kekebalan tubuh. Selain itu, kiwi juga kaya akan vitamin K, serat, kalium, dan sumber folat yang baik.

Kandungan Nutrisi Buah Kiwi

Buah kiwi, yang juga dikenal sebagai kiwi Tiongkok, adalah sumber nutrisi yang luar biasa. Buah ini dikemas dengan berbagai vitamin, mineral, antioksidan, dan serat yang bermanfaat bagi kesehatan secara keseluruhan.

Berikut adalah kandungan nutrisi utama buah kiwi per 100 gram:

Kalori 61 kal
Karbohidrat 14,7g
Air 0,83
Protein 1,1g
Gula 9g
Serat 3g
Lemak 0,5g
Vitamin A 4µg
Vitamin C 92,7mg
Vitamin D 0µg
Vitamin E 1,46mg
Vitamin K 40,3µg
Vitamin B1 (Thiamine) 0,03mg
Vitamin B2 (Riboflavin) 0,03mg
Vitamin B3 (Niacin) 0,34mg
Vitamin B5 (Panthothenic acid) 0,18mg
Vitamin B6 (Pyridoxine) 0,06mg
Vitamin B9 (Folat) 25µg
Vitamin B12 0µg
Cholin 7,8mg
Kalsium 34mg
Zat Besi 0,31mg
Magnesium 17mg
Fosfor 34mg
Potassium (Kalium) 312mg
Sodium 3mg
Seng (Zinc) 0,14mg
Tembaga (Copper) 0,13mg
Manganese 0,1mg
Selenium 0,2µg

Buah kiwi adalah buah yang sangat bergizi yang dapat memberikan banyak manfaat kesehatan. Kandungan vitamin, mineral, antioksidan, dan seratnya yang tinggi menjadikannya makanan yang sangat baik untuk dimasukkan ke dalam makanan sehat.

Manfaat Buah Kiwi untuk Kesehatan

Buah kiwi, dengan dagingnya yang hijau cerah dan biji hitam yang renyah, adalah buah yang kaya nutrisi yang menawarkan berbagai manfaat kesehatan. Berikut adalah beberapa keunggulan kiwi untuk kesehatan:

Kesehatan Pencernaan

Kiwi kaya akan serat larut, yang membantu mengatur pergerakan usus dan mencegah sembelit. Serat tersebut juga memberi makan bakteri menguntungkan di usus, mendorong kesehatan pencernaan yang baik. Selain itu, kiwi mengandung enzim pencernaan actinidin, yang membantu memecah protein dan meningkatkan pencernaan.

Kekebalan yang Kuat

Buah kiwi adalah sumber vitamin C yang sangat baik, antioksidan kuat yang sangat penting untuk fungsi kekebalan tubuh. Vitamin C membantu tubuh melawan infeksi dan penyakit dengan memperkuat sistem kekebalan tubuh dan merangsang produksi sel kekebalan.

Kesehatan Jantung

Kiwi mengandung antioksidan yang membantu melindungi dari kerusakan oksidatif, yang dikaitkan dengan penyakit jantung. Selain itu, kiwi kaya akan potasium, mineral yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Pencegahan Asma

Studi telah menunjukkan bahwa konsumsi buah kiwi secara teratur dapat membantu mengurangi risiko gejala asma pada anak-anak. Buah kiwi mengandung banyak vitamin C dan antioksidan yang membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mengurangi peradangan pada saluran pernapasan.

Baca juga:   Manfaat Kulit Manggis Untuk Kesehatan dan Kecantikan, Fakta atau Mitos?

Kesehatan Mata

Buah kiwi adalah sumber lutein dan zeaxanthin yang sangat baik, dua antioksidan yang sangat penting untuk kesehatan mata. Antioksidan ini membantu melindungi mata dari kerusakan oksidatif dan sinar UV yang berbahaya, yang dapat menyebabkan degenerasi makula terkait usia dan masalah mata lainnya.

Anti-inflamasi

Sifat anti-inflamasi kiwi dikaitkan dengan kandungan vitamin C dan antioksidannya yang tinggi. Buah kiwi dapat membantu mengurangi peradangan di seluruh tubuh, yang bermanfaat bagi kondisi seperti radang sendi, penyakit jantung, dan jenis kanker tertentu.

Cara Mengolah Buah Kiwi agar Manfaatnya Optimal

Pilih Kiwi yang Tepat

Pilih kiwi yang bertekstur keras namun agak lunak saat ditekan. Hindari kiwi yang terlalu keras atau lunak, karena ini menunjukkan kiwi yang belum matang atau terlalu matang. Kiwi yang matang memiliki kulit berwarna cokelat keemasan dan sedikit berbulu.

Cuci Bersih

Cuci kiwi secara menyeluruh dengan air mengalir. Gunakan sikat lembut untuk menghilangkan sisa-sisa kotoran atau pestisida dari kulitnya. Setelah dicuci, keringkan kiwi menggunakan tisu atau biarkan mengering sendiri.

Potong dengan Benar

Potong kiwi memanjang menjadi dua bagian. Dengan menggunakan sendok, keruk bagian dalam kiwi untuk mendapatkan daging buahnya. Hindari mengupas kulit kiwi, karena di situlah sebagian besar nutrisi berada. Daging buah kiwi dapat diiris, dipotong dadu, atau dihaluskan, tergantung pada preferensi Anda.

Konsumsi Segar

Cara terbaik untuk mendapatkan manfaat optimal dari buah kiwi adalah dengan mengonsumsinya segar. Kiwi dapat langsung dimakan begitu saja, dicampurkan ke dalam salad buah, atau dijus. Konsumsi kiwi dalam keadaan segar akan memastikan bahwa Anda memperoleh semua nutrisi, termasuk vitamin C, vitamin K, dan serat.

Tambahkan ke Hidangan

Selain dikonsumsi segar, kiwi juga dapat ditambahkan ke berbagai hidangan untuk menambah rasa dan nutrisi. Kiwi dapat dipotong dadu dan ditambahkan ke oatmeal, yogurt, atau smoothie. Anda juga dapat memanggang atau menumis kiwi dengan daging atau sayuran lainnya untuk menciptakan hidangan yang lezat dan menyehatkan.

Ide Resep Mengolah Buah Kiwi:

Kiwi dan Yogurt Parfait

Bahan:

– 1 buah kiwi, kupas dan potong dadu
– 1/2 cangkir yogurt tawar
– 1/4 cangkir granola

Cara Membuat:

1. Dalam gelas atau jar yang tinggi, susun potongan kiwi, yogurt, dan granola secara berlapis.
2. Ulangi lapisan hingga gelas terisi.
3. Nikmati sarapan atau camilan yang sehat dan menyegarkan!

Pertanyaan dan Jawaban Mengenai Buah Kiwi

Apakah Buah Kiwi Baik untuk Kesehatan?

Ya, buah kiwi kaya akan vitamin C, kalium, dan serat makanan. Vitamin C adalah antioksidan yang membantu melindungi sel dari kerusakan, sementara kalium penting untuk kesehatan jantung dan tekanan darah. Serat makanan membantu mengatur kadar kolesterol dan menurunkan risiko penyakit jantung.

Apa Manfaat Buah Kiwi bagi Kesehatan Pencernaan?

Buah kiwi mengandung enzim actinidin, yang membantu memecah protein dan melancarkan pencernaan. Serat makanan dalam kiwi juga membantu menambah bulk pada feses dan mencegah sembelit.

Penutup

Buah kiwi adalah buah kaya nutrisi yang menawarkan banyak manfaat kesehatan, termasuk peningkatan kekebalan tubuh, kesehatan pencernaan, dan pengurangan risiko penyakit kronis tertentu. Kandungan vitamin C, serat, dan antioksidannya yang tinggi menjadikannya tambahan yang sangat baik untuk pola makan sehat. Pengolahan buah kiwi yang tepat sangat penting untuk menjaga manfaat nutrisinya. Merekomendasikan untuk mengonsumsi kiwi dalam keadaan segar atau dimasukkan ke dalam salad, smoothies, atau makanan penutup untuk memaksimalkan kandungan nutrisinya dan menikmati cita rasa uniknya yang menyegarkan.