Buah Markisa: Kandungan Nutrisi, Manfaat Kesehatan, dan Cara Mengolahnya

kandungan nutrisi buah markisa

Buah markisa, dikenal karena rasanya yang menyegarkan dan kaya nutrisi, merupakan buah eksotis yang berasal dari daerah tropis Amerika Selatan. Buah ini umumnya bulat atau lonjong dengan kulit berwarna ungu tua, kuning, atau hijau. Daging buahnya yang berair dan berbiji mengandung berbagai vitamin, mineral, dan antioksidan yang memberikan manfaat kesehatan yang luar biasa. Buah markisa telah dibudidayakan selama berabad-abad dan sekarang tumbuh di banyak wilayah tropis dan subtropis di seluruh dunia, menjadikannya buah yang mudah ditemukan dan dikonsumsi untuk menikmati manfaat kesehatannya.

Kandungan Nutrisi Buah Markisa

Buah markisa adalah buah tropis yang kaya akan berbagai nutrisi penting. Berikut adalah kandungan nutrisi yang terdapat dalam 100g buah markisa:

Kalori (Energi) 97kcal
Karbohidrat 23,38g
Serat 10,40g
Air 72,93g
Gula 11,2g
Protein 2,20g
Lemak 0,70g
Vitamin A 1272IU
Vitamin C 30mg
Vitamin D –
Vitamin E 0,02µg
Vitamin K 0,7mg
Vitamin B1 (Thiamine) 0mg
Vitamin B2 (Riboflavin) 0,130mg
Vitamin B3 (Niacin) 1,5mg
Vitamin B6 (Pyridoxine) 0,100mg
Vitamin B9 (Folat) 14µg
Kalsium 12mg
Zat Besi 1,60mg
Magnesium 29mg
Fosfor 68mg
Potassium (Kalium) 348mg
Seng (Zinc) 0,10mg
Carotene-ß 743µg
Crypto-xanthin-ß 41µg

Dengan kandungan nutrisi yang kaya, buah markisa merupakan makanan sehat yang memberikan banyak manfaat kesehatan. Konsumsi buah markisa secara teratur dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh, melindungi dari kerusakan sel, dan mendukung kesehatan secara keseluruhan.

Manfaat Buah Markisa untuk Kesehatan

1. Kaya Antioksidan

Buah markisa kaya akan antioksidan seperti vitamin C, flavonoid, dan polifenol. Antioksidan ini membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, yang dapat menyebabkan berbagai penyakit kronis, seperti penyakit jantung, kanker, dan penyakit neurodegeneratif.

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Kandungan kalium dan serat dalam buah markisa bermanfaat bagi kesehatan jantung. Kalium membantu mengatur tekanan darah, sementara serat dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Selain itu, buah markisa mengandung antioksidan yang dapat membantu mencegah peradangan dan pembentukan plak di arteri.

3. Mendukung Kesehatan Pencernaan

Buah markisa merupakan sumber serat yang baik, yang penting untuk kesehatan pencernaan. Serat membantu memperlancar gerakan usus, mencegah sembelit, dan memberi makan bakteri baik di usus, sehingga meningkatkan kesehatan usus secara keseluruhan.

Baca juga:   Sayuran Bayam: Kandungan Nutrisi, Manfaat Kesehatan, dan Cara Mengolahnya

4. Meningkatkan Kualitas Tidur

Buah markisa mengandung alkaloid alami yang disebut harman, yang memiliki efek menenangkan. Harmane dapat membantu merelaksasi tubuh dan pikiran, sehingga meningkatkan kualitas tidur dan mengurangi stres.

5. Menguatkan Imunitas

Buah markisa kaya akan vitamin C dan antioksidan lainnya yang mendukung sistem kekebalan tubuh. Vitamin C membantu memproduksi sel-sel kekebalan, sementara antioksidan melawan infeksi dan penyakit.

Cara Mengolah Buah Markisa agar Manfaatnya Optimal

Buah markisa kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan. Untuk mendapatkan manfaat tersebut secara optimal, berikut adalah cara mengolah buah markisa yang baik dan benar:

Memilih Buah Markisa yang Matang

Pilih buah markisa yang matang dengan kulit yang berkerut dan berbintik-bintik. Buah yang matang memiliki kandungan nutrisi yang lebih tinggi dibandingkan buah yang belum matang.

Mencuci dan Memotong

Cuci buah markisa secara menyeluruh untuk menghilangkan kotoran dan residu pestisida. Setelah itu, potong buah menjadi dua dan buang bijinya. Biji markisa juga mengandung nutrisi yang baik, namun teksturnya yang renyah dapat mengganggu pencernaan pada beberapa orang.

Dikonsumsi Segar

Cara terbaik untuk mengonsumsi buah markisa adalah dengan memakannya segar. Buah markisa segar mengandung enzim yang aktif dan mudah diserap tubuh. Anda bisa memotong buah markisa menjadi potongan-potongan kecil atau menyendoknya langsung dari kulitnya.

Diolah menjadi Jus

Jus markisa adalah pilihan lain yang baik untuk mendapatkan manfaat buah ini. Buat jus markisa dengan mencampurkan buah markisa yang sudah dikupas dan dibuang bijinya dengan air atau susu. Anda juga dapat menambahkan pemanis alami seperti madu atau gula aren sesuai selera.

Dijadikan Olahan Makanan

Buah markisa juga dapat diolah menjadi berbagai makanan, seperti puding, pie, atau es krim. Saat mengolah buah markisa, pastikan untuk menggunakan suhu rendah untuk mempertahankan kandungan nutrisinya. Hindari merebus atau memanggang buah markisa dalam waktu yang lama.

Ide Resep Mengolah Buah Markisa: Smoothie Markisa dan Pisang

Bahan:

  • 1 buah markisa matang
  • 1 buah pisang matang
  • es batu secukupnya
  • susu sesuai selera

Cara Membuat:

  1. Masukkan isi buah markisa, buah pisang, dan es batu ke dalam blender.
  2. Blender hingga halus dan creamy.
  3. Atur kekentalan dengan menambahkan susu.
  4. Tuangkan ke dalam gelas dan nikmati.

Pertanyaan dan Jawaban Mengenai Buah Markisa

1. Apa saja kandungan nutrisi pada buah markisa?

Buah markisa kaya akan vitamin C, vitamin A, potasium, serat, dan antioksidan.

2. Apa manfaat buah markisa bagi kesehatan?

Kandungan nutrisi pada buah markisa bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh, menjaga kesehatan mata, menurunkan tekanan darah, memperlancar pencernaan, serta dapat membantu mencegah penyakit kronis seperti kanker.

3. Apakah buah markisa aman dikonsumsi oleh semua orang?

Buah markisa umumnya aman dikonsumsi, namun sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu jika memiliki alergi tertentu atau sedang menjalani pengobatan tertentu. Biji pada buah markisa mengandung cyanogenic glycosides yang dapat melepaskan sianida dalam jumlah kecil, sehingga tidak disarankan untuk dikonsumsi dalam jumlah banyak.

Penutup

Buah markisa kaya akan nutrisi penting yang menawarkan berbagai manfaat kesehatan, termasuk meningkatkan kesehatan pencernaan, mengurangi peradangan, dan meningkatkan kekebalan tubuh. Buah ini serbaguna dan dapat dinikmati dalam berbagai bentuk, seperti jus, selai, dan sebagai bahan makanan penutup. Memahami kandungan nutrisi dan manfaat buah markisa dapat membantu kita membuat keputusan makan yang tepat dan memanfaatkan manfaat buah yang lezat dan menyehatkan ini.