Pisang Ambon Untuk Ibu Hamil, Amankah? Ini Manfaat dan Bahayanya!

Pisang ambon termasuk salah satu jenis buah yang banyak penggemarnya. Rasanya yang manis dengan tekstur lembut, mudah didapat dengan harga murah merupakan beberapa alasan mengapa buah ini digemari. Tak hanya itu, ternyata kandungan dalam buah ini memberikan banyak manfaat kesehatan. Namun bagaimana dengan konsumsi pisang ambon untuk ibu hamil? Apakah ada manfaat pisang ambon untuk kehamilan dan janin?

Di masyarakat kita, banyak sekali mitos seputar kehamilan, salah satunya mitos pisang ambon untuk ibu hamil. Konon wanita hamil sebaiknya menghindari buah yang satu ini agar diperoleh kehamilan yang normal. Benarkah demikian?

manfaat pisang ambon untuk ibu hamil
pisang ambon (image: islandorganicsbali.com)

Mitos VS Fakta Pisang Ambon Untuk Ibu Hamil

Saat seorang wanita mendapatkan kehamilan, maka siap-siap saja akan banyak sekali pantangan, larangan ataupun anjuran dalam hal konsumsi sesuatu maupun melakukan sesuatu. Semua aturan tsb ditujukan agar ibu hamil dan janinnya mengalami tahapan kehamilan hingga melahirkan yang normal dan sehat. Namun tak semua petuah itu dapat dibuktikan keakuratannya. Kebanyakan hanya bersifat mitos semata.

Seperti mitos dalam adat Jawa bahwa mengkonsumsi pisang ambon saat hamil tidak diperbolehkan. Katanya, pisang ambon untuk ibu hamil ini dapat berakibat fatal yaitu dapat menyebabkan perkembangan janin tak normal hingga mengakibatkan keguguran. Hal ini tentunya membuat para ibu hamil was was dan cemas. Faktanya, secara ilmu pengetahuan, konsumsi pisang ambon ataupun jenis pisang lain dan buah-buahan lainnya, sepanjang tak berlebihan, sangat dianjurkan karena memiliki banyak manfaat kesehatan.

Mitos lainnya adalah, bila ingin memiliki anak laki-laki maka ibu hamil sebaiknya perbanyak makan pisang. Faktanya makan buah pisang untuk ibu hamil tidak dapat mengubah jenis kelamin janin dalam kandungan. Pasalnya jenis kelamin janin sudah ditentukan pertama kali saat pembuahan sel telur pertama kali.

Manfaat Pisang Ambon Untuk Ibu Hamil

Konsumsi buah pisang saat hamil direkomendasikan sebagai menu diet maupun camilan. Sebuah pisang ukuran sedang mengandung sekitar 105 kalori. Menurut National Institutes of Health, ibu hamil sebaiknya mengkonsumsi 3-4 porsi buah pisang setiap hari untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang diperlukan. Tentunya rekomendasi konsumsi buah pisang ini dapat diganti oleh buah lainnya ya sehingga memperkaya sumber nutrisi dan tidak menimbulkan kebosanan.

kandungan nutrisi buah pisang
kandungan nutrisi buah pisang (image: nutritiondata.self.com)

Berikut ini adalah beberapa manfaat dan khasiat makan buah pisang ambon bagi ibu hamil dan janinnya, yaitu:

Pisang Dapat Menyediakan Energi Instan

Ibu hamil seringkali merasa kelelahan, untuk itu perlu diperhatikan jumlah kalori yang masuk agar nantinya masih dapat beraktivitas dengan normal. Kabar baiknya, pisang merupakan salah satu buah yang kaya karbohidrat dan gula sehingga mampu mengembalikan energi dengan cepat, apalagi saat dikombinasikan dengan susu hamil. Manfaat pisang ambon untuk ibu hamil ini terutama akan dirasakan saat menghadapi trimester ketiga dimana keadaan perut semakin membesar dan diperlukan energi yang lebih besar lagi dalam menopang tubuh.

Konsumsi Pisang Dapat Menjaga Kadar Gula Darah Tetap Stabil

Salah satu strategi dalam penanganan diabetes adalah menjaga kestabilan kadar gula darah sehingga tidak mengalami lonjakan yang signifikan. Fluktuasi gula darah yang terlalu cepat naik atau turun memiliki dampak yang sama buruknya. Nah salah satu khasiat pisang ambon untuk ibu hamil yang mengalami diabetes adalah menyediakan sumber gula alami yang dapat menjaga kadar gula darah tsb agar tetap stabil. Sebaiknya penderita diabetes yang sedang hamil dapat terus memonitor kadar gula darahnya secara teratur dan senantiasa konsultasi ke dokter bila ada hal-hal yang mencurigakan.

Buah Pisang Dapat Mencegah Kerusakan Syaraf Pada Janin

Asam folat merupakan nutrisi penting untuk meningkatkan kesuburan reproduksi saat program kehamilan. Sementara manfaat asam folat untuk ibu hamil adalah mencegah cacat lahir pada janin. Ternyata kandungan asam folat pada pisang ambon ini tertinggi dibandingkan jenis pisang lainnya. Menurut kajian Fakultas Kedokteran UI, konsumsi 2 buah pisang ambon untuk ibu hamil per hari dapat membebaskan janin dari kecacatan tabung syaraf.

Buah Pisang Dapat Mencegah Anemia Saat Kehamilan

Salah satu masalah kehamilan yang sering dijumpai adalah anemia karena kekurangan zat besi pada ibu hamil. Nah salah satu manfaat buah pisang ambon untuk ibu hamil adalah menyediakan sumber zat besi yang diperlukan dalam produksi sel darah merah. Dalam 1 cangkir (225g) buah pisang mengandung 0,6mg zat besi atau sekitar 3% dari kebutuhan harian.

Buah Pisang Dapat Mengurangi Morning Sickness Pada Ibu Hamil

Morning sickness merupakan salah satu gejala awal kehamilan yang seringkali terjadi. Disebut morning sickness karena ibu hamil akan merasa sakit, mual, muntah-muntah di pagi hari walaupun kadangkala dapat terjadi juga di sepanjang hari. Salah satu cara mengurangi gejala mual muntah pada wanita hamil adalah dengan konsumsi vitamin B6. Kabar baiknya buah pisang ambon memiliki kandungan vitamin B6. Dalam  1 cangkir (225g) buah pisang mengandung 0,8mg sementara kebutuhan vitamin B6 pada ibu hamil adalah 1,9mg.

manfaat pisang untuk ibu hamil
manfaat pisang untuk ibu hamil (image: hxcorp.com.vn)

Pisang Dapat Mengatasi Sembelit Pada Ibu Hamil

Selain anemia dan morning sickness, gangguan yang biasa terjadi pada ibu hamil adalah sembelit atau susah buang air besar. Hormon kehamilan yang meningkat dapat merileks kan saluran cerna sehingga sistem pencernaan bekerja lambat. Nah cara mengatasi sembelit atau konstipasi adalah dengan memperbanyak makanan kaya serat, melakukan olahraga ringat, dan pastikan asupan cairan cukup.

Baca juga:   Keputihan: Jenis, Penyebab, Ciri-Ciri, dan Cara Mengatasi Keputihan

Pisang ambon untuk ibu hamil menyediakan sumber serat yang dapat memperlancar kerja saluran cerna, mengurangi perut kembung, dan melancarkan buang air besar. Dalam secangkir buah pisang (225g) mengandung 5,9g serat larut atau sekitar 23% dari kebutuhan harian.

Manfaat Pisang Sebagai Obat Diare Alami

Tak hanya dapat mengatasi sembelit, manfaat buah pisang untuk ibu hamil lainnya adalah mengurangi gejala diare. Kandungan seratnya dapat menyerap kelebihan air yang ada dalam usus. Selain itu kandungan kalium dalam buah pisang pun dapat mengurangi rasa mulas karena kram usus saat diare.

Pisang pun dapat digunakan sebagai oralit alami. Kandungan oralit adalah garam dan gula yang ditujukan untuk mengganti cairana dan energi yang terbuang. Buah pisang mengandung sodium, kalium,  mineral lainnya, dan gula yang dapat mengembalikan kekurangan elektrolit saat diare sekaligus memberikan sumber energi agar tak merasa lemas.

Buah Pisang Dapat Melawan Radikal Bebas Penyebab Penyakit Oksidatif

Buang pisang merupakan salah satu buah yang kaya akan Vitamin C. Dalam 1 cangkir buah pisang (225g) mengandung 19,6mg Vitamin C atau setara dengan 33% kebutuhan per harinya. Nah vitamin C ini memiliki sifat antioksidan yang dapat memerangi radikal bebas penyebab berbagai penyakit oksidatif seperti penyakit jantung koroner, mencegah penuaan dini, dan secara umum meningkatkan kekebalan tubuh ibu hamil dan janin.

Konsumsi Pisang Oleh Ibu Hamil Dapat Menurunkan Risiko Hipertensi Saat Hamil

Fluktuasi tekanan darah saat kehamilan sebaiknya menjadi perhatian. Terutama bagi wanita yang memiliki riwayat tekanan darah tinggi sebelumnya. Hipertensi gestasional merupakan salah satu gangguan kehamilan yang perlu diwaspadai. Oleh karena itu para ibu hamil perlu melakukan pola diet sehat, salah satunya dengan konsumsi buah pisang ini.

Salah satu kegunaan pisang untuk ibu hamil adalah membantu menjaga tekanan darah selama kehamilan karena kandungan kaliumnya. Dalam 1 cangkir buah pisang (225g) mengandung 806mg sementara kebutuhan kalium pada ibu hamil adalah 4700mg. Kalium juga dapat mengurangi tingkat risiko kram saat hamil.

Pisang Dapat Mencegah Pembengkakan Pada Ibu Hamil

Buah pisang kaya akan kalium sehingga baik sekali dikonsumsi terutama oleh orang yang menderita penyakit hipertensi dan penyakit jantung. Selain itu, menurut American Pregnancy Association, kekurangan kalium pada ibu hamil dapat memicu pembengkakan yang perlu diwaspadai sebagai pertanda preeklamsia (yaitu suatu komplikasi kehamilan yang ditandai dengan tekanan darah tinggi, munculnya protein dalam urin, dan pembengkakan pada tungkai).

Jadi salah satu manfaat memakan buah pisang ambon untuk ibu hamil adalah mencegah dan mengurangi pembengkakan pada masa kehamilan.

Pisang Sumber Mangan Yang Tinggi

Salah satu mineral yang diperlukan oleh tubuh adalah mangan. Mangan membantu pembentukan tulang dan tulang rawan. Selain itu, mangan juga membantu melindungi sel dari kerusakan dan membantu enzim dalam metabolisme karbohidrat, asam amino, dan kolesterol. Ibu hamil memerlukan 2mg mangan per harinya. Kabar baiknya salah satu peranan pisang untuk ibu hamil adalah menyediakan kebutuhan mangan tsb. Dalam 1 cangkir buah pisang (225g) mengandung 0,6mg mangan.

Buah Pisang Kaya Magnesium

Di dalam tubuh, magnesium dan kalsium akan berkerja sama dalam menciptakan harmoni. Magnesium akan melemaskan otot sementara kalsium akan menegangkan otot. Menurut para peneliti, magnesium saat kehamilan dapat mencegah kontraksi rahim terlalu awal. Selain itu magnesium pun akan membantu pembentukan tulang dan gigi yang kuat pada bayi.

Kebutuhan magnesium pada ibu hamil berumur 18 tahun atau di bawahnya adalah 400mg / hari, kebutuhan ibu hamil berumur 19-30 tahun adalah 350mg/hari, sementara kebutuhan bagi umur 31 tahun atau di atasnya adalah 360mg/hari.

Salah satu fungsi pisang ambon untuk ibu hamil adalah menyediakan magnesium. Dalam 1 cangkir buah pisang (225g) mengandung 60,8mg.

Bahaya Pisang Ambon Bagi Ibu Hamil

Di atas telah dijelaskan 12 potensi manfaat mengkonsumsi buah pisang pada masa kehamilan. Walaupun memiliki segudang khasiat, namun sebaiknya orang ataupun ibu hamil yang memiliki riwayat alergi pisang tidak mengkonsumsinya. Jangan khawatir, karena manfaat pisang ambon untuk ibu hamil ini masih dapat digantikan buah-buahan lain seperti alpukat, kurma, dll.

Amankah Mengkonsumsi Buah Pisang Ambon Untuk Ibu Hamil?

Pisang merupakan salah satu buah yang kaya nutrisi dan manfaat secara alami. Selama dikonsumsi tidak berlebihan, dalam batas kewajaran, buah pisang sangat aman baik dikonsumsi oleh ibu hamil, anak-anak, maupun ibu menyusui.

Namun ingat, selalu biasakan untuk konsumsi buah dan sayur yang berbeda-beda agar mencegah kebosanan dan mencegah kekurangan atau kelebihan salah satu nutrisi. Baik yang kurang maupun berlebihan sama tidak baiknya.

Seperti halnya buah pisang ambon ini, bila dikonsumsi dalam jumlah tepat dan sewajarnya maka dapat memberikan banyak potensi manfaat kesehatan seperti yang telah disebutkan di atas. Namun bila dikonsumsi berlebihan secara terus menerus, justru dapat berbahaya bagi tubuh Anda.

Lalu berapa banyak jumlah konsumsi buah pisang ambon untuk ibu hamil yang tepat?

Walaupun tak ada yang pasti, ada yang menyarankan konsumsi pisang 3-4 buah per hari namun banyak para ahli gizi yang menyarankan konsumsi buah pisang tak melebihi 2 pisang dalam sehari. Sebaiknya kebutuhan buah pisang ini digantikan oleh jenis buah lainnya. Jangan hanya terfokus pada pisang saja! Misalnya makan pagi pakai pisang, makan siang pakai apel, makan malam pakai tomat, dst selalu bervariasi.

Itulah ulasan mengenai aneka manfaat dan khasiat buah pisang ambon untuk ibu hamil serta bahayanya. Semoga informasi ini, para ibu hamil tak ragu lagi mengkonsumsi pisang ambon saat hamil. Semoga bermanfaat ..

Sumber Referensi:
nutritiondata.self.com/facts/fruits-and-fruit-juices/1846/2; www.babycenter.com/0_manganese-in-your-pregnancy-diet_750.bc; www.babycenter.com/0_magnesium-in-your-pregnancy-diet_659.bc; hamil.co.id/nutrisi-ibu-hamil/buah-sehat/manfaat-pisang-untuk-ibu-hamil;