Sayuran Kacang Buncis: Kandungan Nutrisi, Manfaat Kesehatan, dan Cara Mengolahnya

kandungan nutrisi sayuran buncis

Kacang buncis adalah sayuran polong yang memiliki bentuk ramping dan berwarna hijau terang hingga hijau tua. Mereka kaya akan nutrisi seperti serat, vitamin K, vitamin C, dan folat. Kacang buncis sering digunakan dalam berbagai masakan di seluruh dunia dan dapat disiapkan dengan berbagai cara, termasuk dikukus, direbus, ditumis, atau dipanggang. Teksturnya yang renyah dan rasa manisnya yang lembut menjadikannya tambahan yang lezat dan bergizi untuk makanan apa pun.

Kandungan Nutrisi Sayuran Kacang Buncis

Kacang buncis merupakan sayuran hijau yang sarat akan nutrisi penting. Kandungan nutrisi dalam 100 gram kacang buncis mentah meliputi:

Air 89,6 gram
Protein 24 gram
Lemak 0,3 gram
Karbohidrat 7,2 gram
Serat 1,9 gram
Kalsium 101 miligram (mg)
Fosfor 42 mg
Zat besi 0,7 mg
Natrium 8 mg
Kalium 250 mg
Tembaga 0,07 mg
Seng 0,3 mg
Beta-karoten 772 mcg
Karoten total 550 mcg
Thiamin (Vitamin B1) 0,05 mg
Riboflavin (Vitamin B2) 0,40 mg
Niasin (Vitamin B3) 2,8 mg
Vitamin C 11 mg

Kandungan nutrisi yang kaya dalam kacang buncis menjadikannya pilihan sayuran yang sehat dan bergizi. Sayuran ini dapat dikonsumsi dalam berbagai cara, seperti dimasak, dikukus, atau ditumis.

Manfaat Sayuran Kacang Buncis untuk Kesehatan

Kaya Serat

Buncis kaya akan serat, baik serat larut maupun tidak larut. Serat larut membantu memperlambat pencernaan, membuat Anda merasa kenyang lebih lama dan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Serat tidak larut menambah kotoran dan membantu menjaga pergerakan usus yang teratur.

Sumber Antioksidan yang Baik

Buncis mengandung antioksidan kuat seperti vitamin C dan E. Antioksidan membantu melindungi sel dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, yang dapat berkontribusi pada berbagai penyakit kronis seperti penyakit jantung dan kanker.

Mengandung Vitamin dan Mineral Penting

Buncis menyediakan berbagai vitamin dan mineral penting, termasuk vitamin K, A, C, dan B6. Buncis juga merupakan sumber potasium, fosfor, dan mangan yang baik. Vitamin dan mineral ini memainkan peran penting dalam berbagai fungsi tubuh, termasuk kesehatan tulang, fungsi saraf, dan produksi hormon.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Buncis rendah kalori dan tinggi serat, menjadikannya pilihan makanan yang baik untuk orang yang ingin menurunkan berat badan. Serat membantu memperlambat pencernaan, membuat Anda merasa kenyang lebih lama, dan dapat membantu mengurangi asupan kalori secara keseluruhan.

Baca juga:   Bumbu Dasar Merah: Kandungan Nutrisi, Manfaat Kesehatan, dan Cara Mengolahnya

Mendukung Kesehatan Jantung

Buncis mengandung serat larut, yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan mengurangi risiko penyakit jantung. Serat larut membentuk zat seperti gel di saluran pencernaan, yang mengikat kolesterol dan mencegahnya diserap ke dalam aliran darah.

Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Buncis adalah sumber serat tidak larut yang baik, yang membantu menjaga pergerakan usus yang teratur. Serat tidak larut menambah kotoran dan membantu makanan bergerak melalui saluran pencernaan dengan lebih mudah. Ini dapat membantu mencegah sembelit dan masalah pencernaan lainnya.

Cara Mengolah Sayuran Kacang Buncis agar Manfaatnya Optimal

1. Pemilihan dan Pembersihan

Pilih kacang buncis segar yang berwarna hijau cerah dan renyah. Cuci bersih kacang buncis dengan air mengalir untuk menghilangkan kotoran atau pestisida. Buang ujung buncis dan serat yang keras.

2. Metode Memasak

Kukus, rebus, atau tumis kacang buncis dengan sedikit minyak. Hindari menggoreng karena dapat mengurangi kandungan nutrisinya. Untuk menjaga warna dan nutrisi, masak kacang buncis sebentar saja (sekitar 3-5 menit).

3. Suhu dan Waktu Memasak

Masak kacang buncis dengan suhu tinggi untuk waktu yang singkat. Suhu tinggi dapat membantu melunakkan selaput kacang buncis, sehingga vitamin dan mineral dapat dilepaskan secara optimal. Hindari memasak berlebihan, karena dapat merusak tekstur dan mengurangi kandungan nutrisinya.

4. Tambahan Bahan

Tambahkan bahan-bahan lain seperti bawang putih, bawang bombay, atau jahe untuk meningkatkan cita rasa dan nilai gizi hidangan kacang buncis. Bahan-bahan tambahan ini dapat memberikan antioksidan dan nutrisi tambahan.

5. Penyimpanan

Jika tidak langsung dikonsumsi, simpan kacang buncis yang sudah dimasak dalam wadah kedap udara di lemari es hingga tiga hari. Hindari membekukan kacang buncis yang sudah dimasak, karena dapat kehilangan tekstur dan rasanya.

Ide Resep Mengolah Sayuran Kacang Buncis:

Tumis Buncis Saus Tiram

Bahan:
– 250 gram kacang buncis, cuci dan potong serong
– 2 siung bawang merah, iris tipis
– 2 siung bawang putih, cincang
– 2 sdm saus tiram
– 1 sdt kecap asin
– 1 sdt gula pasir
– 1 sdm minyak goreng

Langkah-Langkah:
1. Panaskan minyak goreng dalam wajan. Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum.
2. Masukkan kacang buncis dan aduk hingga tercampur rata.
3. Tambahkan saus tiram, kecap asin, dan gula pasir. Tumis sekitar 5-7 menit atau hingga kacang buncis empuk.
4. Koreksi rasa dan angkat dari kompor.

Pertanyaan dan Jawaban Mengenai Sayuran Kacang Buncis

Apakah kacang buncis baik untuk kesehatan jantung?

Ya, kacang buncis mengandung serat larut dan tidak larut yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan menjaga kesehatan jantung.

Apakah kacang buncis bermanfaat untuk pencernaan?

Ya, kandungan serat tinggi dalam kacang buncis sangat penting untuk kesehatan pencernaan. Serat dapat membantu mengatur pergerakan usus, mencegah sembelit, dan mendukung kesehatan usus yang baik.

Apakah kacang buncis kaya akan antioksidan?

Ya, kacang buncis adalah sumber antioksidan, termasuk vitamin C, vitamin A, dan flavonoid. Antioksidan ini dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung.

Penutup

Buncis kaya akan serat, vitamin, dan mineral yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Mengonsumsi buncis bermanfaat untuk menurunkan kolesterol, mengontrol gula darah, dan mengurangi risiko penyakit jantung. Selain itu, buncis yang diolah dengan benar dapat memberikan cita rasa dan tekstur yang lezat untuk berbagai hidangan. Dengan memperhatikan kandungan nutrisi, manfaat kesehatan, dan cara pengolahan yang tepat, buncis dapat menjadi bagian dari pola makan sehat yang mendukung kesejahteraan secara keseluruhan.