Manfaat Masker Susu Untuk Kecantikan Kulit dan Cara Membuatnya

Manfaat Masker Susu – Sejak jaman dahulu kala, susu telah banyak dimanfaatkan baik untuk kesehatan maupun kecantikan, salah satunya adalah dibuat masker wajah. Beberapa khasiat masker susu untuk kecantikan adalah melembabkan kulit kering, mengatasi kulit yang teriritasi, dan mencerahkan kulit kusam.

Siapa sih yang tak mendambakan kulit cerah dan cantik? Bila Anda termasuk salah satunya maka tak ada salahnya bila Anda mencoba manfaat masker susu untuk kecantikan wajah Anda. Berikut ini informasinya, kami sajikan khusus pembaca setia blog SehatPlus.org

Namun sebelum membahas mengenai aneka manfaat susu untuk kecantikan, lebih baik bila kami mengulas kandungan susu mana yang bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit.

manfaat masker susu untuk kencantikan kulit
source: abigailloves.com

Kandungan Nutrisi Susu Yang Bermanfaat Untuk Kulit

Berikut ini adalah beberapa kandungan susu yang memiliki peranan sangat penting untuk kesehatan dan kecantikan kulit yang dapat Anda lihat pada gambar berikut ini:

manfaat masker susu
Kandungan Susu Yang Berperan Menyediakan Manfaat Masker Susu untuk Kecantikan

Aneka Manfaat Masker Susu Untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit dan Rambut

Berikut ini adalah beberapa khasiat susu untuk kecantikan kulit wajah:

Manfaat Masker Susu #1: Berfungsi Membersihkan dan Mengelupas Kulit Mati

Susu memiliki kemampuan yang unik dalam menghilangkan kotoran yang larut lemak dengan bantuan enzim lipase dan kotoran yang berupa protein dengan bantuan enzim protease yang ada dalam susu. Susu pun mengandung asam laktat yang dapat menghilangkan sel kulit mati. Dengan menggunakan masker susu maka wajah Anda akan terasa lebih lembut dan bercahaya.

Kegunaan Masker Susu #2: Melembabkan Kulit

Kandungan utama susu adalah air yang dapat melembabkan kulit. Selain itu terdapat juga lemak dan protein yang dapat menggantikan kelembaban yang hilang pada kulit kering.

Manfaat Masker Susu #3: Mencerahkan Kulit

Salah satu khasiat masker susu adalah mencerahkan kulit dengan cara mengelupas sel kulit yang terpigmentasi karena sinar matahari.

Khasiat Masker Susu #4: Anti Aging

Pada umumnya setiap wanita ingin tampak awet muda. Polusi udara, radiasi matahari, dan radikal bebas lainnya dapat menyebabkan penuaan dini. Tanda-tanda penuaan ini diantaranya adalah kulit kering, kusam, dan timbul kerutan. Manfaat menggunakan masker susu dalam mengurangi kerutan karena kandungan enzim, protein, mineral, dan vitamin di dalamnya.

Manfaat Masker Susu #5: Membersihkan Kulit Sensitif

Kulit sensitif memang memerlukan penanganan ekstra hati-hati. Salah-salah dalam penggunaan produk kecantikan malah membuat kulit cepat teriritasi. Bila Anda memiliki masalah yang sama, mungkin masker susu dan produk kecantikan lainnya yang terbuat dari susu cocok untuk Anda.

Gunakan masker susu pada wajah Anda yang disertai dengan pemijatan dua kali sehari kemudian lap menggunakan kapas basah lalu tepuk-tepuk hingga kering.

Khasiat masker susu ini tak hanya membersihkan kulit wajah Anda, namun pula meringankan dan melembabkan kulit yang teriritasi.

Manfaat Masker Susu #6: Menyembuhkan Kulit Yang Terbakar Matahari

Terlalu banyak beraktivitas di bawah sinar matahari dapat membuat kulit Anda terbakar. Untuk mengurangi rasa nyeri, disarankan untuk mengkompres kulit terbakar tsb menggunakan susu segar. Susu memilki kandungan zat anti radang, melembabkan, dan memperbaiki kulit yang rusak. Walaupun demikian, sebaiknya jangan gunakan susu full cream karena kandungan lemaknya dapat menahan kehilangan panas.

Khasiat Masker Susu #7: Mandi Susu

Mandi susu dapat menutrisi kulit Anda bahkan cara ini telah digunakan oleh Cleopatra untuk menjaga kecantikan kulitnya. Untuk mendapatkan manfaat masker susu dengan cara berendam di dalamnya yaitu tambahkan susu ke dalam bathtub yang berisi air hangat. Untuk mendapat efek relaksasi yang baik tubuh maupun pikiran, Anda dapat menambahkan gandum dan bunga mawar di dalam air susu, mendengarkan musik kesukaan Anda yang menenangkan, serta menyalakan lilin aromaterapi.

Baca juga:   Kram Perut Saat Hamil? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!
manfaat mandi susu dan manfaat masker susu bagi kecantikan
source: care2.com

Manfaat Masker Susu #8: Mengatasi Tumit Pecah-Pecah

Udara yang kering dan banyaknya debu seringkali membuat tumit pecah-pecah. Kabar baiknya salah satu khasiat masker susu adalah memperbaiki kulit rusak tsb dengan cara mengelupaskan kulit mati dan melembabkan kulit kaki yang kering. Caranya, masukkan ½ cangkir susu, 5 sdm gandum, 5 sdm minyak kelapa / minyak zaitun ke dalam sebaskom air hangat. Rendam kaki Anda selama 10-15 menit kemudian gosok tumit Anda menggunakan batu apung. Lakukan secara rutin sebelum tidur dan Anda akan merasakan manfaat masker susu ini dalam beberapa minggu.

Manfaat Masker Susu #9: Kondisioner Rambut

Susu pun memilki nutrisi yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Gunakan susu ini (buttermilk) sebagai kondisioner setelah mencuci rambut, lalu biarkan 5-10 menit sebelum Anda membilasnya menggunakan air hangat.

Haruskah Menggunakan Susu Segar?

Itulah beberapa manfaat masker susu bagi kecantikan kulit dan rambut. Selain menggunakan susu secara langsung, produk olahan susu seperti yoghurt dan buttermilk juga memberikan khasiat yang sama. Penggunaan yoghurt dan buttermilk akan lebih baik untuk jenis kulit berminyak, sementar susu full cream lebih baik untuk kulit kering.

Berhubung sekarang ini sulit mendapatkan susu segar kecuali Anda yang tinggal di dekat peternakan sapi, mungkin Anda bertanya apakah susu pasteurisasi yang banyak dijual di pasaran ini dapat digunakan juga?

Untuk mendapatkan manfaat masker susu bagi kesehatan kulit, sebaiknya menggunakan susu segar atau susu tanpa pasteurisasi karena pada susu pasteurisasi terdapat pemanasan yang dapat merusak kandungan enzim di dalam susu. Pasteurisasi diperuntukan untuk diminum karena membantu dalam pencernaan.

Cara Membuat Masker Susu Di Rumah

Berikut ini adalah beberapa resep masker susu homemade yang dapat Anda coba di rumah:

Masker Susu – Alpukat

Alpukat dan susu merupakan komponen bernutrisi yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi kulit kering. Buah alpukat dapat meng-hidrasi kulit dan mengurasi minyak berlebih sementara susu dapat melembutkan kulit kasar. Manfaat masker susu – alpukat ini dapat digunakan untuk semua jenis kulit.

Bahan yang diperlukan: 1sdm susu dan ¼ bagian buat alpukat matang

Cara Membuat Masker Susu – Alpukat

  • Haluskan daging buah alpukat.
  • Masukkan susu ke dalamnya lalu aduk merata hingga diperoleh campuran homogen yang lembut.
  • Usapkan masker tsb dengan gerakan memutar pada wajah Anda yang telah dibersihkan.
  • Biarkan hingga 10-15 menit atau hingga mengering.
  • Usapkan air hangat menggunakan jari untuk membersihkan masker di wajah.
  • Cipratkan air dingin lalu tepuk-tepuk wajah dengan handuk bersih hingga kering.

Untuk mendapatkan manfaat masker susu – alpukat ini, gunakan juga masker di leher dan lengan sebelum mandi.

Masker Susu – Madu – Oatmeal

Kombinasi susu dengan madu dan oatmeal akan membuat manfaat exfoliator (pengelupasan kulit) semakin maksimal. Madu berperan sebagai exfoliator dan melembabkan kulit sementara oatmeal dengan teksturnya yang kasar dapat digunakan sebagai scrub untuk menghilangkan kulit mati dan kelebihan sebum pada pori-pori kulit.

Bahan yang diperlukan: 1 sdm susu, 1 sdt madu, 1sdt oatmeal bubuk.

Cara Membuat Masker Susu – Madu – Oatmeal

  • Campurkan bahan-bahan tadi hingga merata.
  • Usapkan masker pada wajah yang bersih.
  • Biarkan hingga 10 menit.
  • Bilas dengan air hangat suam-suam kuku.
  • Keringkan wajah dengan cara menepuk-nepuk menggunakan handuk bersih.

Untuk hasil terbaik, gunakan madu murni dan susu segar.

Masker Susu Anti Jerawat

Wajah berjerawat merupakan masalah kulit yang umum terjadi. Bila Anda mengalami masalah yang sama, Anda dapat menggunakan masker susu – kunyit – jus lemon yang dapat menghilangkan jerawat tanpa meninggalkan bekas sama sekali.

Kunyit atau kunir memiliki sifat antioksidan, anti radang, dan anti aging. Jus lemon merupakan astringent (pengecil pori-pori) alami, membantu melawan jerawat, dan mencegah jerawat pecah.

Bahan yang diperlukan: 1 sdm susu, secubit bubuk kunyit, ½ sdt jus lemon.

Cara Membuat Masker Susu – Kunyit – Lemon

  • Campurkan semua bahan di atas hingga merata.
  • Usapkan masker pada kulit wajah yang telah dibersihkan
  • Biarkan hingga 15 menit
  • Bilas menggunaka air dingin untuk menutup pori-pori
  • Keringkan wajah dengan cara menepukan handuk bersih

Untuk menghilangkan warna kuning kunyit di jari, gosokkan jus lemon dan noda kuning pun akan segera menghilang.

Itulah 3 resep membuat masker susu yang dapat Anda coba di rumah untuk mendapatkan manfaat masker susu bagi kecantikan kulit wajah. Semoga bermanfaat …

Sumber Referensi:
bellatory.com/skin/Milk-Face-Mask-Recipes ; www.dermatocare.com/blog/9-Benefits-of-using-Milk-on-Skin--know-from-dermatologist