Khasiat Biji Alpukat Untuk Kesehatan, Fakta atau Hoax?

Khasiat Biji Alpukat – Anda mungkin sudah tak asing dengan buah alpukat. Ya buah yang biasa dikonsumsi dalam bentuk jus ini memang memiliki segudang manfaat. Rasanya yang tidak terlalu manis, terasa seperti mentega memiliki kandungan nutrisi yang dapat melindungi kesehatan jantung loh.

Namun tahukah Anda belakangan ini ada yang mengklaim bahwa biji alpukat juga dapat dikonsumsi oleh manusia dan merupakan salah satu sumber makanan yang bermanfaat?

Hmm betulkah khasiat biji alpukat untuk kesehatan tsb? Ataukah cuma hoax yang dengan mudahnya menyebar di media sosial?

Potensi Khasiat Biji Alpukat Untuk Kesehatan Tubuh

khasiat biji alpukat untuk kesehatan dan kontroversinya
Potensi Khasiat Biji Alpukat (image: healthyfoodusa.com)

Sebetulnya penggunaan biji alpukat sudah ada sejak jaman dulu. Pada awalnya ekstrak biji alpukat digunakan sebagai tinta untuk menulis dan pewarna makanan. Dan baru-baru ini saja para peniliti melakukan pengujian adanya manfaat kesehatan dari ekstrak biji alpukat itu sendiri.

Khasiat biji alpukat untuk kesehatan tubuh baru saja dirilis oleh Universitas Pennsylvania State yang menemukan kandungan antioksidan fenolik di dalam biji alpukat. Hebatnya sekitar 70% kandungan antioksidan buah alpukat itu terletak pada bijinya.

Seperti yang Anda ketahui antioksidan sangat penting untuk menurunkan kadar kolesterol, menurunkan tekanan darah tinggi, menurunkan peradangan, diabetes, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Khasiat biji alpukat pun didukung dengan kandungan insekstisida, fungisida, dan zat anti mikroba. Untuk lebih jelasnya yuk kita bahas satu per satu …

Potensi Khasiat Biji Alpukat #1: Menurunkan Inflamasi dan Meringankan Nyeri Sendi

Peradangan / infalamasi merupakan salah satu penyebab aneka penyakit kronik seperti artritis, penyakit jantung, stroke, dan bahkan kanker.

Kulit dan biji alpukat mengandung banyak antioksidan seperti katekin (yang juga ditemukan di teh hijau) dan posiandin yang berkerja sebagai zat anti radang, meringankan nyeri, pembengkakan, dan memperbaiki fungsi sendi. Kedua antioksidan tsb juga dapat memperbaiki kesehatan jantung dan sirkulasi darah.

Potensi Khasiat Biji Alpukat #2: Baik Untuk Kesehatan Saluran Pencernaan

Di Amerika Selatan, biji alpukat pernah digunakan untuk mengobati penyakit disentri, tukak lambung, dan masalah pencernaan lainnya.

Ungkapan yang mengatakan “kesehatan Anda tergantung perut Anda” adalah benar adanya karena sistem pertahanan pertama berada di saluran pencernaan. Bakteri “baik” yang ada dalam saluran pencernaan akan melawan semua bakteri dan virus penyebab penyakit yang masuk kedalam tubuh bersamaan dengan makanan dan minuman.

Baca juga:   Buah Feijoa: Kandungan Nutrisi, Manfaat Kesehatan, dan Cara Mengolahnya

Khasiat biji alpukat untuk kesehatan saluran pencernaan dimungkinkan karena kandungan antioksidan dan seratnya.

Potensi Khasiat Biji Alpukat #3: Menghancurkan Sel Kanker

Penelitian yang di lakukan oleh Universitas Antioquia menyebutka bahwa ekstrak biji alpukat mengandung efek pro-apoptotic atau menghancurkan sel kanker darah namun tidak membunuh sel darah yang normal.

Manfaat biji alpukat ini juga didukung oleh kandungan flavonol-nya yang merupakan antioksidan yang dapat menghambat pertumbuhan tumor.

Potensi Khasiat Biji Alpukat #4: Kenyang Lebih Lama Tanpa Takut Gemuk

Biji alpukat kaya akan serat yang mampu membuat Anda kenyang lebih lama. Selain manfaat biji alpukat juga dapat mengendalikan kadar gula darah. Berbeda saat Anda mengkonsumsi makanan “junk food” yang dapat membuat lonjakan kadar gula darah sehingga membahayakan bagi penderita diabetes.

Potensi Khasiat Biji Alpukat #5: Kulit Cantik dan Sehat

Salah satu manfaat biji alpukat juga baik untuk kesehatan kulit. Hal ini dimungkinkan oleh kandungan antioksidan-nya yang dapat membentuk kolagen, memperbaiki kerusakan sel karena radikal bebas, dan memperbaiki penampilan dari kulit Anda.

Cara Mengkonsumsi Biji Alpukat

Itulah beberapa potensi khasiat biji alpukat untuk kesehatan tubuh. Namun masalahnya bagaimana cara mengkonsumsi biji alpukat? Apa perlu ditumbuk? Terus bagaimana dengan rasanya?

Cara termudah mendapatkan khasiat biji alpukat untuk kesehatan adalah dengan membuat smoothie yang terbuat dari buah sekaligus bijinya. Rasa smoothie buah alpukat yang dihasilkan pun tidak akan terpengaruh namun dari segi tekstur lebih kental saja.

Untuk membuat smoothie, Anda dapat memotong kecil-kecil biji alpukat tsb lalu masukkan ke dalam blender.

Kontroversi Khasiat Biji Alpukat Untuk Kesehatan

Sebagai seorang konsumen, kita dituntut untuk cermat dan teliti. Anda harus dapat mempertimbangkan segi manfaat dan faktor risikonya termasuk mengkonsumsi biji alpukat ini.

Menurut health.com, walaupun banyak penelitian yang menyebutkan manfaat biji alpukat untuk kesehatan namun faktor keamanan dalam mengkonsumsi biji alpukat tsb secara langsung belum dipublikasikan. Jadi perbandingan antara khasiat biji alpukat dan efek sampingnya belum diketahui secara jelas.

Perlu Anda ketahui, penelitian tentang aneka potensi khasiat biji alpukat terhadap kesehatan dilakukan terhadap ekstraknya, ingat EKSTRAK nya dan BUKAN memakan bijinya secara langsung. Penelitian tentang efek memakan biji alpukat secara langsung baru bersifat data laboratorium dan belum memiliki data klinis.

Bahkan Komisi Alpukat Kalifornia tidak merekomendasikan memakan biji alpukat secara langsung karena ada kandungan di dalamnya yang tidak diperuntukan untuk konsumsi manusia.

Jadi bagi Anda yang masih ragu tentang manfaat dan khasiat biji alpukat pada kesehatan dengan memakannya secara langsung sebaiknya tunggu hasil penelitian berikutnya. Daripada mengkonsumsi bijinya, lebih baik memakan buahnya saja.

Demikian informasi mengenai khasiat biji alpukat untuk kesehatan dan kontroversinya. Semoga bermanfaat …

Sumber Referensi:
dailysuperfoodlove.com/4448/the-surprising-benefits-of-avocado-seeds/ news.health.com/2016/03/17/no-you-shouldnt-start-eating-avocado-seeds/