Bahaya dan Manfaat Singkong Untuk Kesehatan Yang Perlu Diketahui

Bahaya dan Manfaat Singkong Bagi Kesehatan – Saat ini, banyak orang yang sudah meninggalkan nasi putih sebagai makanan pokok demi alasan kesehatan. Namun sebetulnya memakan pengganti nasi juga dapat memperkaya keberagaman makanan. Bahkan pemerintah daerah pun ada yang sudah mencanangkan “One Day No Rice”, yang artinya dalam seminggu itu ada 1 hari yang disarankan tidak memakan nasi.

Bicara tentang makanan pokok pengganti nasi, sebetulnya banyak sekali, ada ubi, jagung, kentang, sagu, dan singkong. Nah pada kesempatan kali ini, Dunia Kesehatan akan mengulas mengenai manfaat dan bahaya singkong untuk kesehatan. Bahkan belakangan ini ada yang menyebutkan manfaat singkong untuk kanker serta khasiat singkong untuk lambung. Nah betulkah demikian?

Namun sebelum membahas mengenai khasiat dan manfaat singkong bagi kesehatan serta efek sampingnya, sebaiknya kenali dulu apa itu singkong.

Sekilas Mengenai Singkong

Singkong / ketela pohon yang dikenal sangat dekat dengan masyarakat Indonesia ternyata bukanlah tanaman asli negara ini. Tanaman singkong awalnya berasal dari Brazil dan Paraguay. Singkong merupakan jenis tanaman perdu dari keluarga Euphorbiaceae. Singkong telah dimanfaatkan sebagai sumber makanan pokok bagi sebagian penduduk dunia, terutama negara-negara tropis di wilayah Amerika Selatan, Afrika, dan Asia. Lebih dari 2/3 dari total produksi tanaman ini digunakan sebagai makanan bagi manusia.

Banyaknya manfaat singkong untuk kesehatan tak akan pernah lepas dari kandungan di dalamnya. Singkong merupakan sumber karbohidrat tinggi, selain itu mengandung beberapa senyawa bioaktif yang dapat meningkatkan kesehatan tubuh.

bahaya dan manfaat singkong untuk kesehatan
bahaya dan manfaat singkong untuk kesehatan

Aneka Manfaat Singkong Untuk Kesehatan

Berikut ini adalah beberapa kegunaan dan khasiat singkong bagi kesehatan, yaitu:

  1. Sumber Energi

Singkong merupakan bahan makanan kaya karbohidrat, rendah lemak dan kolesterol, namun tinggi kalori. Kandungan kalori pada singkong bahkan hampir dua kali lipat dibandingkan kentang. Dalam bentuk tepung, 1kg singkong dapat menghasilkan sekitar 3750kkal. Tingginya kalori ini dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi dan sumber bahan bakar utama tubuh Anda.

  1. Sumber Serat

Salah satu manfaat singkong untuk kesehatan adalah sebagai sumber serat. Makan makanan kaya serat dapat menjaga kadar kolesterol, menurunkan tekanan darah, dan terutama membantu melancarkan proses pencernaan.

  1. Sumber Vitamin K

Kegunaan singkong juga merupakan sumber vitamin K. Fungsi vitamin K antara lain adalah membantu pembentukan massa tulang dan mengurangi kerusakan saraf di otak sehingga berguna dalam pengobatan penderita alzheimer.

  1. Sumber Vitamin B Kompleks

Selain mengandung karbohidrat, serat, dan vitamin K, singkong juga mengandung vitamin B kompleks. Dengan kandungan ini, dimungkinkan salah satu manfaat singkong untuk kesehatan antara lain dapat membantu proses produksi sel darah sehingga dapat mencegah anemia. Selain, ternyata singkong pun mengandung vitamin B17 / amygdaline. Vitamin B17 sendiri telah digunakan oleh Australia dan Amerika dalam pengobatan kanker tanpa kemoterapi. Walaupun mereka menggunakan biji aprikot, namun dengan fakta ini memungkinkan salah satu manfaat singkong untuk kanker.

  1. Sumber Mineral

Singkong pun ternyata memiliki beberapa kandungan mineral penting untuk tubuh. Singkong mengandung seng, magnesium, tembaga, besi, mangan, dan kalium. Kandungan kalium dalam singkong juga cukup tinggi yaitu sekitar 271mg per 100gram singkong. Salah satu fungsi kalium adalah dapat membantu mengatur denyut jantung dan tekanan darah.

  1. Bebas gluten

Salah satu makanan yang aman dikonsumsi penderita penyakit celiac adalah makanan bebas gluten. Penyakit Celiac adalah suatu kondisi di mana terjadi kerusakan pada usus halus yang menyebabkan hilangnya kemampuan untuk mencerna beberapa nutrisi tertentu. Konsumsi gluten pada penderita Celliac dapat menyebabkan sakit perut, perut kembung, diare, terhambatnya pertumbuhan pada anak, dan sering merasa lelah. Bahkan yang lebih parah dapat memicu komplikasi seperti osteoporosis, berat badan bayi baru lahir di bawah angka normal dan resiko kanker usus. Nah kabar baiknya, singkong termasuk salah satu makanan bebas gluten sehingga aman dikonsumsi oleh penderita celliac ini.

  1. Manfaat Produk Olahan Singkong Bagi Kesehatan
Baca juga:   Manfaat Kurma Untuk Ibu Hamil, Betulkah Dapat Memperlancar Persalinan?

Selain dapat dikonsumsi langsung, ternyata singkong juga banyak dimanfaatkan dalam bentuk tepungnya sekarang ini. Tepung tapioka adalah tepung yang dihasilkan dari singkong dapat digunakan untuk keperluan produksi makanan ringan, kue, pudding, ataupun pengental. Walaupun tak mengandung nutrisi lengkap, namun tepung tapioka juga  memiliki manfaat kesehatan bagi tubuh. Manfaat tepung tapioka / produk olahan singkong ini diantaranya adalah bebas gluten, bebas kolesterol, mengandung serat, rendah garam, mudah dicerna, mengandung kalsium, asam folat, mangan, zat besi, dan terutama mengenyangkan.

  1. Manfaat Singkong Untuk Kesehatan Lainnya

Selama ini singkong telah dipercaya dapat mengatasi kelelahan, dehidrasi akibat diare, sepsis, dan bahkan untuk menginduksi persalinan. Manfaat singkong untuk kesehatan lainnya adalah dapat digunakan sebagai menu diet bagi penderita diabetes.

Selain itu singkong, ubi jalar, kentang, dan ubi juga mengandung vitamin C dan beta-karoten. Vitamin C berguna melindungi sistem imunitas tubuh, membantu mencegah penyakit kardiovaskular, hingga masalah kerutan di kulit. Sementara itu, beta-karoten merupakan antioksidan yang memiliki banyak fungsi seperti  mengurangi  risiko terbakar sinar matahari, gejala asma, mencegah kanker jenis tertentu, penyakit jantung, katarak, serta degenerasi makula terkait usia (AMD).

Bahaya Singkong Bagi Kesehatan dan Cara Mengatasinya

Di atas sudah disebutkan beberapa potensi khasiat dan manfaat singkong untuk kesehatan. Bila Anda bertanya mengenai manfaat singkong untuk kanker ataupun khasiat singkong untuk lambung / singkong rebus untuk maag maka jawabannya masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikannya.

Selain itu ada beberapa hal yang harus diketahui / diperhatikan saat akan mengkonsumsi singkong agar mendapatkan manfaat kesehatan seperti yang diharapkan, yaitu:

  • Singkong merupakan jenis makanan yang miskin protein sehingga sangat disarankan untuk menambah asupan protein saat akan mengkonsumsinya.
  • Kualitas singkong juga lebih mudah rusak pasca-panen sehingga tidak baik disimpan terlalu lama. Untuk menambah waktu penyimpanannya, singkong sebaiknya diolah menjadi tepung tapioka.
  • Singkong mengandung zat kimia yang disebut glikosida sianogen yang dapat melepaskan sianida di dalam tubuh. Oleh karena itu sebaiknya masak dulu singkong sebelum dikonsumsi untuk mencegah keracunan sianida. Mengkonsumsi singkong dalam keadaan mentah dapat beresiko keracunan seperti sakit perut, mual dan muntah, pusing bahkan hingga kematian. Secara umum kadar sianida pada singkong lebih banyak berada di bagian luar dan kulitnya. Selain itu ada beberapa jenis singkong dengan kadar racun tinggi seperti singkong ungu atau biasa disebut singkong genderuwo, sangat tidak disarankan mengkonsumsi singkong jenis ini baik mentah atau matang.
  • Mengonsumsi singkong saat hamil ataupun menyusui secara terus menerus juga kurang aman karena dapat menyebabkan cacat lahir dan memengaruhi fungsi tiroid pada bayi Anda.
  • Singkong diketahui dapat menurunkan kadar yodium dalam tubuh. Bila Anda memiliki kadar yodium rendah sebaiknya hindari konsumsi singkong.
  • Mengonsumsi singkong juga dapat menurunkan kadar hormon tiroid. Bagi penderita penyakit tiroid sebaiknya hindari konsumsi singkong.

Tips Aman Mengkonsumsi Singkong untuk Mendapatkan Manfaat Singkong untuk Kesehatan  

  • Sebaiknya singkong dikonsumsi dengan cara mengupas kulitnya, mencucinya kemudian diolah dengan cara pemasakan.
  • Singkong akan lebih sehat jika diolah dengan cara dikukus atau direbus, bukan digoreng.
  • Sebaiknya gunakan singkong yang masih segar dan hindari mengkonsumsi singkong yang telah disimpan lama yang ditandai dengan timbulnya garis-garis pada daging dan perubahan warna pada ujung-ujungnya menjadi keabu-abuan.

Nah itulah beberapa informasi seputar manfaat singkong untuk kesehatan dan bahaya singkong yang perlu diperhatikan. Dengan tips aman mengkonsumsi singkong seperti yang diuraikan di atas, dan dikonsumsi dengan jumlah yang normal / tidak berlebihan serta mengimbanginkan dengan makanan kaya protein atau bergizi tinggi lainnya maka Anda pun dapat merasakan kegunaan dan khasiat singkong bagi kesehatan ini. Semoga bermanfaat …