Manfaat Susu Kedelai Untuk Ibu Hamil dan Efek Sampingnya

Manfaat Susu Kedelai Untuk Ibu Hamil – Saat-saat kehamilan merupakan saat yang penting dan rentan bagi seorang ibu. Untuk itu seorang ibu harus pandai-pandai merawat kandungannya agar nantinya bayi yang dilahirkan dalam kondisi sehat dan normal. Salah satu cara merawat kandungan adalah dengan mengkonsumsi makanan dan minuman sehat, bergizi dan benar-benar aman.

Meminum susu saat hamil juga dapat membantu perkembangan janin. Selain ada pilihan meminum susu sapi, ada juga pilihan meminum susu kedelai. Pertanyaannya apakah susu kedelai aman untuk kehamilan? Apakah ada manfaat susu kedelai bagi ibu hamil dan bayinya?

Beberapa peneliti menyebutkan bahwa kandungan susu kedelai sangat kaya protein dan memiliki asam amino yang penting untuk pembentukan tubuh namun ada efek sampingnya bila dikonsumsi saat hamil. Untuk lebih jelasnya silahkan baca manfaat susu kedelai untuk ibu hamil dan efek sampingnya yang akan diulas oleh sehatplus.org berikut ini …

Manfaat Susu Kedelai Untuk Ibu Hamil dan Efek Sampingnya
Manfaat Susu Kedelai Untuk Ibu Hamil dan Efek Sampingnya (livestrong.com)

Manfaat Susu Kedelai Untuk Ibu Hamil

Walaupun ada pro kontra tentang baik atau tidaknya minum susu kedelai saat hamil, namun berikut ini adalah beberapa kemungkinan khasiat minum susu kedelai saat hamil yang tidak dapat dikesampingkan.

Manfaat Susu Kedelai Untuk Ibu Hamil #1: Kaya akan Asam Folat

Susu kedelai kaya akan asam folat yang merupakan nutrisi penting untuk perkembangan janin saat kehamilan. Asupan asama folat yang rutin pada masa kehamilan dapat meningkatkan pertumbuhan sel saraf dan perkembangan janin secara optimal.

Manfaat Susu Kedelai Bagi Ibu Hamil #2: Kaya Akan Vitamin

Beberapa vitamin yang paling diperlukan saat kehamilan adalah vitamin A, vitamin B1, dan vitamin E. Vitamin E akan membantu dalam penyediaan energi yang cukup sehingga ibu hamil tetap sehat. Dan kabar baiknya, susu kedelai sangat kaya akan vitamin yang membantu Anda mendapatkan vitamin yang dibutuhkan.

Khasiat Susu Kedelai Untuk Ibu Hamil #3: Kaya akan Protein

Baca juga:   Rajin Memakan Seledri Ternyata Bisa Memberikan 9 Manfaat Kesehatan Menakjubkan

Protein pada masa kehamilan sangat diperlukan untuk pembentukan organ tubuh dan untuk perkembangan organ pada janin. Beberapa protein yang penting tsb seperti treonin, arginine, isoleusin, glisin, dan lisin dapat Anda peroleh sebagai salah satu manfaat susu kedelai untuk ibu hamil.

Manfaat Minum Susu Kedelai Untuk Ibu Hamil #4: Kaya akan Lemak Nabati

Lemak merupakan salah satu nutrisi ibu hamil dan kabar baiknya lemak yang berasal dari tanaman sangat baik untuk ibu hamil dan janin pada masa kehamilan.

Manfaat Susu Kedelai Untuk Ibu Hamil #5: Sumber Karbohidrat

Karbohidrat merupakan sumber energi yang utama. Kandungan karbohidrat dalam susu kedelai dapat meningkatkan energi yang diperlukan selama masa kehamilan.

Efek Samping Minum Susu Kedelai Bagi Ibu Hamil

Selain manfaat susu kedelai untuk ibu hamil seperti yang diuraikan di atas, ada juga beberapa efek samping susu kedelai bagi kehamilan yang patut diwaspadai, yaitu:

  1. Susu kedelai mengandung isoflavon yang dapat meniru estrogen. Penelitian yang dilakukan pada hewan dengan asupan susu kedelai dosis tinggi ditemukan adanya perkembangan tumor dan kelainan fisik pada janin yang belum lahir. Isoflavon ini pun dapat memicu sakit kepala migrain.
  2. Beberapa ibu hamil menunjukkan reaksi alergi saat mengkonsumsi susu kedelai secara rutin seperti timbul ruam, pembengkakan, kesulitan bernapas, mual, dan muntah.
  3. Pada kasus yang jarang, minum susu kedelai saat hamil juga menyebabkan anafilaksis.

Dengan mempertimbangkan manfaat susu kedelai untuk ibu hamil dan efek sampingnya, akan lebih baik bila Anda MENGHINDARI meminum susu kedelai saat hamil secara BERLEBIHAN untuk menghindari kelainan fisik pada janin.

Lalu Berapa Dosis Yang Dianjurkan Untuk Meminum Susu Kedelai Saat Kehamilan?

Sampai saat sekarang ini belum ada laporan khusus ataupun larangan dari Badan Kesehatan Dunia untuk tidak mengkonsumsi susu kedelai saat hamil.

Para peneliti menyebutkan, bila dikonsumsi dengan tidak berlebihan maka akan diperoleh manfaat susu kedelai untuk ibu hamil tanpa harus mendapatkan efek sampingnya.

Dosis harian yang disarankan adalah sekitar 4 gelas susu kedelai tiap harinya.

Kesimpulan

Anda tak perlu ragu dengan manfaat susu kedelai untuk ibu hamil asalkan tidak dikonsumsi secara berlebihan. Sebaiknya Anda konsultasikan dulu dengan dokter kandungan untuk mendapatkan rekomendasi terbaik. Semoga bermanfaat …

Sumber Referensi:
www.momjunction.com/articles/safe-drink-soy-milk-pregnancy_0086243/