Dahsyatnya Manfaat Minum Air Lemon dan Madu Hangat untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Minum Air Lemon dan Madu Hangat – Lemon adalah sebuah buah yang sangat kaya vitamin C dan  madu merupakan “super food” yang kaya nutrisi yang sangat diperlukan oleh tubuh. Bila keduanya digabungkan, bisa dibayangkan betapa dahsyat efeknya untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Minum Air Lemon dan Madu Hangat di Pagi Hari Untuk Kesehatan Tubuh

Sebelumnya saya pernah membahas manfaat madu untuk kesehatan tubuh, maka kali ini saya akan berikan ulasan manfaat minum air lemon dan madu hangat untuk kesehatan tubuh, yaitu sbb:

manfaat minum air lemon dan madu hangat

Membantu Sistem Pencernaan

Pada saat kita tidur, sistem metabolism tubuh akan melambat termasuk sistem pencernaan. Oleh karena itu untuk mengaktifkan kembali sistem pencernaan maka kita perlu minum saat bangun tidur baik minum air putih, air madu, maupun campuran keduanya dengan lemon. Manfaat minum air lemon dan madu hangat di pagi hari mampu merangsang sistem pencernaan dan membersihkan hati dari racun-racun tubuh yang tersimpan di dalamnya.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat minum air lemon dan madu hangat untuk kesehatan tubuh ini didukung oleh kandungan vitamin C yang tinggi pada buah lemon. Vitamin C adalah zat yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sangat baik dalam memerangi serangan virus flu, dan membantu penyerapan zat besi.

Membasakan Tubuh

Basa adalah pasangannya asam yaitu suatu derajat keasaman dengan pH di atas 7. Bila tubuh memiliki ketidakseimbangan pH maka akan sangat mudah terserang penyakit. Saat Anda sering mengkonsumsi keju, daging, atau alcohol maka tubuh Anda akan cenderung lebih asam, oleh karena itu Anda memerlukan manfaat minum air lemon untuk segera menyeimbangkan pH tubuh Anda. Perlu Anda ketahui bahwa sebetulnya karakteristik lemon adalah basa walaupun memiliki rasa yang cenderung asam.

Membantu Detoksifikasi Tubuh

Manfaat minum air lemon dan madu hangat untuk kesehatan tubuh lainnya adalah detoksifikasi. Racun tubuh dapat dikeluarkan dengan berbagai macam cara, salah satunya melalui air urin. Asam sitrat yang terkandung dalam lemon dapat membantu enzim untuk meningkatkan metabolisme dan merangsang hati untuk mengeluarkan racun / detoksifikasi melalui air urin.

Mencegah Infeksi Saluran Kemih

Sifat diuretik dari manfaat minum air lemon dan madu hangat dapat juga dimanfaatkan untuk mencegah dan mengatasi penyakit infeksi saluran kemih. Dengan seringnya buang air kecil maka mikroorganisme penyebab infeksi akan terbawa hanyut keluar tubuh sehingga saluran kemih lebih bersih.

Baca juga:   Kandungan Susu Kedelai dan Informasi Gizi Yang Perlu Diketahui

Memberikan Energi

Kombinasi air lemon dan madu akan memberikan asupan cairan pada tubuh sekaligus memberikan nutrisi yang baik untuk meningkatkan energy tubuh. Manfaat minum air lemon dan madu hangat untuk kesehatan tubuh dapat diilustrasikan dengan meningkatkanya volume darah karena asupan cairan akan membawa lebih banyak oksigen untuk diantarkan ke tiap organ tubuh sehingga Anda akan merasa lebih bersemangat dan tidak mudah lelah.

Menjaga Kulit Anda Tetap Cantik

Manfaat minum air lemon dan madu hangat untuk kesehatan dan kecantikan kulit tak perlu diragukan lagi. Air akan memenuhi kebutuhan cairan tubuh sehingga menghindari terjadinya dehidrasi penyebab kulit keriput, kering, dan kusam. Vitamin C merupakan antioksidan yang mampu memerangi serangan radikal bebas yang berasal dari polusi dan sinar matahari penyebab penuaan dini.

Nah itulah beberapa manfaat minum air lemon dan madu hangat untuk kesehatan tubuh. Awalnya saya pun tak percaya sampai akhirnya teman saya mencobanya. Dia yang gampang sekali terkena flu setelah mengkonsumsi air lemon dan madu hangat setiap pagi maka tak pernah terkena flu lagi, badannya pun lebih segar dan berenergi. Nah apakah Anda berniat untuk mencobanya?

Beberapa ahli menyebutkan, manfaat minum air lemon dan madu hangat untuk kesehatan tubuh dapat Anda peroleh lebih baik saat Anda meminumnya setiap pagi setelah bangun tidur dalam keadaan lambung kosong dan belum terisi apapun. Nah bila Anda pecinta kopi dan merasa lebih bersemangat setelah minum kopi maka Anda dapat meminum kopi setelah 30 menit meminum air lemon.

Cara Membuat Air Lemon dan Madu Hangat

Nah bila Anda terbiasa membuat infused water menggunakan lemon, sekarang cobalah minum perasan lemon dan madu. Cara membuat minuman lemon madu hangat ini sangat mudah loh.

Berikut ini adalah beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk memperoleh manfaat minum air lemon dan madu hangat untuk kesehatan tubuh:

  • Belah lemon menjadi 2 bagian lalu peras setengah bagian tsb lalu masukkan ke dalam segelas air putih hangat. Bagi Anda yang baru pertama kali mencobanya, saya sarankan untuk mengkonsumsi lemon seperempat bagian dulu.
  • Tuangkan madu beberapa sendok tergantung selera. Rasa asam lemon akan bervariasi, jadi tambahkan madu sesuai selera Anda untuk mendapatkan rasa asam dan manis yang Anda sukai.
  • Minum setiap pagi setelah bangun tidur dalam keadaan lambung kosong untuk mendapatkan manfaat minum air lemon dan madu hangat yang lebih dahsyat.

Itulah cara membuat air lemon dan madu hangat, sangat mudah bukan? Untuk memperoleh manfaat minum air lemon dan madu hangat untuk kesehatan tubuh yang lebih maksimal, lakukan cara ini selama sebulan berturut-turut dan rasakan khasiatnya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat …