15+ Jenis Penyakit Yang Disebabkan Oleh Virus Pada Manusia dan Cara Mengatasinya

Penyakit Yang Disebabkan Oleh Virus – Virus merupakan salah satu jenis mikroorganisme yang bila masuk ke dalam tubuh dapat menyebabkan aneka penyakit infeksi menular. Virus sendiri memiliki banyak jenisnya. Salah satu karakteristik virus adalah virus dapat beradaptasi pada kondisi susu dan wilayah yang berbeda dengan cepat, pergerakan penularannya pun relatif cepat.

Saat virus ini menyerang tubuh maka akan muncul penyakit infeksi yang disebut penyakit infeksi virus. Penyakit yang disebabkan oleh virus ini akan memiliki perbedaan gejala dan cara penularannya. Biasanya jenis penyakit karena virus ini akan membaik sendiri dalam waktu tertentu tergantung daya tahan tubuhnya / imunitasnya.

Ada banyak jenis penyakit yang disebabkan oleh virus pada manusia. Salah satu contoh penyakit yang paling umum adalah penyakit flu, yaitu penyakit infeksi virus yang menyerang saluran pernapasan atas. Nah bagi Anda yang ingin mengetahui nama virus dan penyakitnya atau ingin mengetahui jenis penyakit pada manusia yang disebabkan oleh virus dan nama virusnya, silahkan simak ulasan berikut ini …

Gambar Virus: Bentuknya Cantik tapi Menyebabkan Penyakit
Gambar Virus: Bentuknya Cantik tapi Menyebabkan Penyakit (image: humanillnesses.com)

Penyakit Yang Disebabkan Oleh Virus Pada Manusia dan Penjelasannya

Berikut ini adalah beberapa jenis penyakit pada manusia yang disebabkan oleh virus dan nama virusnya …

  1. Cacar air

Penyakit cacar air merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus Varisela Zoster yang menyerang jaringan kulit seperti wajah, lengan, kaki, dan kulit kepala. Gejala cacar air diantaranya adalah demam, ruam merah pada kulit, munculnya bintil pada kulit yang berisi cairan dan terasa gatal. Penularan biasanya tejadi saat bintil kulit tsb melepuh.

  1. Penyakit Gondongan (Mumps), Campak Biasa (Measless), dan Campak Jerman (Rubella)

Selain cacar air, jenis penyakit yang disebabkan oleh virus lainnya pada manusia adalah penyakit gondongan, campak, dan rubella (campak jerman).

Gondongan merupakan salah satu jenis penyakit infeksi virus yang menyerang kelenjar parotid (kelenjar yang memproduksi air liur yang terdepat di bawah telinga samping wajah) sehingga terjadi pembengkakan. Penyakit ini disebabkan oleh jenis virus paramyxovirus dengan cara penularan yang mirip virus flu yaitu saat menghirup udara yang terkontaminasi virus saat penderita bersin atau batuk.

penyakit gondongan salah satu jenis penyakit yang disebabkan oleh virus pada manusia
penyakit gondongan salah satu jenis penyakit yang disebabkan oleh virus pada manusia (image: nigeriagalleria.com)

Campak merupakan jenis penyakit yang disebabkan oleh virus morbillivirus yang ditandai dengan demam tinggi, mata merah, batuk-batuk, bersin terus menerus, dan munculnya ruam merah di permukaan kulit.

Seperti halnya penyakit campak, penyakit campak Jerman juga merupakan jenis penyakit yang disebabkan oleh virus pada manusia. Gejalanya pun mirip hanya saja pada campak Jerman disebabkan oleh virus Rubella dan dapat menyerak anak-anak sekaligus remaja dengan cara penularan yang sangat cepat.

Untuk mencegah ketiga penyakit infeksi virus ini dilakukan vaksinasi MMR yang merupakan jenis imunisasi wajib pada bayi dan anak-anak.

  1. Demam Berdarah Dengue (DBD)

Penyakit demam berdarah merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus Dengue yang ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti betina yang telah terinfeksi sebelumnya. Gejala demam berdarah diantaranya adalah demam, muncul bintik-bintik merah pada kulit, mimisan, dalam kasus parah terjadi muntah darah.

  1. Hepatitis

Penyakit yang disebabkan oleh virus pada manusia lainnya adalah hepatitis. Hepatitis termasuk salah satu jenis penyakit hati. Tergantung pada jenis virusnya, jenis penyakit hepatitis terdiri dari hepatitis A, B, C, D, dan E. Vaksinasi hepatitis B termasuk jenis imunisasi wajib bagi bayi dan anak-anak.

  1. Herpes

Penyakit herpes merupakan jenis penyakit yang disebabkan oleh virus herpes manusia. Gejala yang muncul biasanya adalah ruam pada kulit. Berdasarkan tipe virus herpes, penyakit ini dikelompokkan menjadi 8, namun diantaranya ada 3 jenis herpes yang paling umum terjadi yaitu herpes zoster (cacar api), herpes genital (herpes kelamin)/, herpes mulut, dan roseola (penyakit herpes yang terjadi pada bayi dan anak-anak).

  1. HIV / AIDS

Penyakit HIV merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus HIV (Human Immunodeficiency Virus). Jenis penyakit ini biasanya ditularkan melalui hubungan seksual atau penggunaan jarum suntik yang sudah terkontaminasi virus. Pada tahap awal HIV mungkin banyak pasien yang tak menyadari keberadaannya karena memang ada yang tak menunjukkan gejala apapaun hingga 10 tahun terinfeksi. Walaupun demikian, virus tsb tetap aktif dan dapat menulari orang lain. Saat fase infeksi meningkat, kekebalan tubuh pun akan semakin menurun menyebabkan pasien mudah terserang penyakit lainnya. Saat seseorang mengalami aneka penyakit inilah yang disebut dengan AIDS.

  1. Flu

Penyakit flu merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus yang paling umum terjadi pada manusia. Penyakit yang disebabkan oleh virus influenza tipe A ini biasanya akan menyerang saluran pernapasan atas seperti hidung dan tenggorokan. Gejala yang muncul biasanya rasa tak nyaman pada tubuh, pegal-pegal, sakit kepala, demam, sakit tenggorokan, bersin-bersin, pilek, hidung mampet.

Selain flu biasa, ada jenis flu lain yang juga disebabkan oleh infeksi virus seperti flu burung, flu babi, flu singapura, dan flu zika.

Flu burung merupakan jenis penyakit yang disebabkan virus yang ditularkan melalui kontak kotoran unggas atau daging unggas yang terinfeksi yang dikonsumsi yang tidak dimasak secara benar.  Penyakit Penyakit flu ini disebabkan oleh jenis virus H5N1 dan termasuk infeksi saluran pernapasan akut yang perlu diwaspadai.

Seperti halnya pada flu burung, flu babi juga merupakan penyakit yang menyerang hewan babi tetapi kemudian dapat menular pada manusia jika terkena kontak kotoran, urin, ataupun karena mengkonsumsi dagingnya yang telah tercemar virus. Penyakit ini disebabkan oleh Virus H1N1.

Flu singapura merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus yang menyerang sekitar mulut, lipatan paha, atau bagian bokong. Gejala yang muncul mirip dengan gejala cacar air yaitu demam tinggi, sakit kepala, batuk- batuk, dll. Penyakit ini disebabkan Virus Coxsackie A16, A6, A10 dan Enterovirus 71.

Flu zika merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus Zika pada manusia melalui perantaraan gigitan nyamuk aedes agepty yang telah terinfeksi sebelumnya. Geajala penyakit ini hampir dsama dengan demam berdarah tetapi bedanya pada kasus flu zika lebih mudah disembuhkan dan demam yang dialami pasien pun tidak lebih dari 38 derajat celcius.

  1. Pneumonia Virus
Baca juga:   Begini Cara Mengatasi dan Mencegah Serangan Jantung Agar Tidak Kambuh Kembali!

Pneumonia merupakan jenis penyakit radang paru yang terjadi dibagian pulmonary Alveolus. Bagian ini berperan dalam membawa dan menyalurkan oksigen dari udara yang dihirup untuk kemudian dialirkan ke jantung. Jenis infeksi pneumonia ini seringkali menyerang anak-anak. Gejala penyakit yang disebabkan oleh virus sinsitial dan virus influenza tipe A & B ini antara lain demam, sesak napas, dan batuk-batuk.

  1. Meningitis Virus

Meningitis merupakan jenis penyakit infeksi selaput pelindung otak yang dapat disebabkan oleh virus. Gejala yang muncul biasanya adalah demam, sakit kepala, dan kaku leher.

  1. SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome) dan MERS (Middle East Respiratory Syndrome)

SARS merupakan jenis penyakit yang disebabkan oleh virus corona sars yang menyerang saluran pernapasan. Gejala penyakit ini meliputi demam tinggi, sakit kepala, nyeri otot, lemas. Penularan virus ini dapat melalui udara dan anging.

Selain penyakit SARS, penyakit yang disebabkan oleh virus corona adalah MERS. Penyakit ini berawal dari daerah Timur Tengah yang awalnya diderita oleh unta namun dapat menulari manusia bila mengkonsumsi daging unta yang telah terinfeksi virus tsb.

  1. Anthrax

Anthrax sebetulnya merupakan jenis penyakit yang disebabkan oleh virus anthrax pada sapi. Namun penyakit ini dapat menulari manusia melalui dagingnya yang telah terinfeksi. Penyakit ini pun dapat menulari hewan ternak lainnya seperti kambing, domba, ataupun kuda. Gejala penyakit ini meliputi sesak napas, muncul bisul di kulit dan terasa gatal.

  1. Ebola

Ebola adalah jenis penyakit yang disebabkan oleh virus Ebola pada manusia melalui gigitan kelelawar dan kera yang telah terinfeksi virus atau melalui makanan / minuman yang telah terkontaminasi air liur / kotoran dari hewan tsb. Gejala penyakit ini meliputi keracunan, muntah-muntah, hilang kesadaran.

  1. Chikungunya

Selain demam berdarah dan flu zika, jenis penyakit yang disebabkan oleh virus melalui gigitan nyamuk aedes adalah Chikungunya. Penyakit infeksi virus togavividae ini memiliki gejala demam, sesak napas, ruam merah di kulit, lemas hingga tak dapat menggerakan organ tubuh.

  1. Polio

Polio merupakan jenis penyakit yang disebabkan oleh virus polivirus atau poliomyelitis. Biasanya penyakit ini menyerang balita bila bayi tsb tidak melakukan imunisasi polio yang merupakan salah satu imunisasi wajib pada bayi. Penyakit infeksi virus ini dapat menyerang sistem saraf sehingga dapat mengakibatkan sesak napas hingga kelumpuhan. Gejala penyakit ini antara lain sakit kepala, lemas, sulit tidur, sesak napas.

  1. Rabies

Rabies merupakan jenis penyakit yang disebabkan oleh virus rabies melalui gigitan anjing gila / yang terinfeksi.

  1. Penyakit Infeksi Menular Seksual Yang Disebabkan Virus Lainnya

Penyakit infeksi menular seksual (IMS) merupakan jenis penyakit yang disebarkan melalui hubungan seksual. Selain HIV / AIDS, Hepatitis, dan Herpes, jenis penyakit IMS yang disebabkan oleh virus lainnya adalah kutil kelamin.  Penyakit yang disebabkan oleh virus HPV (Human Papillomavirus) dapat berupa lesi datar atau bentol-bentol di alat kelamin dan sekitar dubur atau bergerombol seperti kembang kol. Biasanya tidak meimbulkan rasa sakit namun dapat menyebabkan gatal, memerah dan bahkan berdarah. Sampai saat ini belum ada obat yang benar-benar menghilangkan HPV ini dalam tubuh namun penyakit ini dapat dicegah dengan vaksinasi HPV. Bila dibiarkan akan memicu terjadinya kanker penis, kanker dubur, dan kanker serviks.

Cara Mengatasi Penyakit Yang Disebabkan Oleh Virus

Penyakit infeksi virus dapat menimbulkan aneka gejala yang berbeda-beda tergantung pada kondisi tubuh dan tingkat keparahan jenis infeksi. Untuk menyembuhkan penyakit yang disebabkan oleh virus tidak dapat dilakukan dengan terapi antibiotik seperti halnya untuk mengobati penyakit infeksi bakteri. Namun secara umum, pada kasus infeksi virus yang umum seperti flu, penyakit tsb dapat hilang dengan sendirinya. Hal itu terjadi karena sistem imun tubuh akan melawan penyakit tsb.

Namun pada beberapa kasus, penyakit yang disebabkan oleh virus ini dapat berkembang menjadi penyakit serius, menyebabkan bahaya komplikasi yang dapat mengancam jiwa, misalnya bila terjadi dehidrasi, pneumonia bakteri, dan adanya infeksi bakteri susulan. Saat seseorang terinfeksi virus biasanya ada bakteri juga yang datang dan menyerang tubuh. Orang yang berisiko mengalami komplikasi biasanya adalah orang yang memiliki penyakit kronis atau sedang memiliki imunitas yang rendah, orang-orang yang sangat muda (bayi / anak-anak), dan orang lanjut usia.

Selain itu, beberapa jenis penyakit yang disebabkan oleh virus yang ditularkan melalui hubungan seksual (penyakit menular seksual / PMS) seperti HIV / AIDS dan HPV dapat menyebabkan komplikasi serius dan bahkan kematian. Jika Anda merasa tertular PMS segeralah periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan secepatnya. Anda pun sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter bila mengalami gejala serius seperti sesak napas, nyeri dada, pingsan, atau hilang kesadaran.

Cara Mencegah Penyakit Yang Disebabkan Oleh Virus Agar Tidak Terinfeksi

Berikut ini adalah tindakan pencegahan agar tidak terkena infeksi virus, yaitu:

  • Menjaga kebersihan diri seperti selalu cuci tangan setiap kali dari toilet, mandi setidaknya 2 kali sehari dengan sabun antiseptik, cuci tangan dan kaki setiap kali pulang dari berpergian.
  • Menjaga kebersihan rumah dan lingkungan rumah sekitar. Gunakan prinsip 3M yaitu menguras, menutup, dan mengubur.
  • Terapkan gaya hidup sehat seperti melakukan pola makan sehat dengan gizi seimbang, perbanyak makan buah dan sayur, serta rutin melakukan olahraga.
  • Tidur dan istirahat yang cukup.
  • Minum air putih setidaknya 8 liter per hari.
  • Tidak merokok, tidak minum alkohol, tidak menggunakan narkoba, apalagi melakukan pergaulan bebas.
  • Hindarilah orang yang sedang menderita penyakit yang disebabkan oleh virus.
  • Pakailah masker mulut dan hidung untuk melindungi diri dari udara tercemar.
  • Melakukan vaksinasi baik jenis imunisasi wajib pada bayi maupun imunisasi tambahan pada anak-anak.
  • Gunakan pengaman seperti kondom bila memang Anda atau pasangan Anda memiliki PMS (penyakit menular seksual).
  • Bila diperlukan konsumsi vitamin C dosis tinggi untuk meningkatkan kekebalan tubuh.
  • Lakukan vaksinasi HPV.

Itulah beberapa informasi seputar penyakit yang disebabkan oleh virus pada manusia lengkap dengan cara mengatasi dan tindakan pencegahannya. Semoga wawasan Anda tentang penyakit pada manusia yang disebabkan oleh virus dan nama virusnya dapat bertambah.

Sumber Referensi:
www.healthgrades.com/conditions/viral-diseases, www.alodokter.com/virus/