Gejala Penyakit dan Ciri-Ciri Sakit Paru Paru Yang Perlu Diwaspadai

Kunyit mengandung kurkumin, senyawa aktif yang memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan kuat.

Gejala / Ciri-Ciri Sakit Paru-Paru – Seringkali orang menganggap kesulitan bernapas seperti napas yang pendek adalah hal wajar dengan pertambahan usia. Begitu pula bila mengalami batuk ataupun mengi di sela-sela kesibukan Anda. Padahal tanda-tanda tsb tetap harus diwaspadai karena bisa jadi itu merupakan gejala penyakit paru-paru, bisa jadi asma atau bahkan kanker paru-paru.

Walaupun penderita penyakit paru tidak sebanyak penyakit ISPA (infeksi saluran pernapasan atas) namun penyakit ini bukanlah penyakit yang biasa saja karena dapat mengancam jiwa. Jadi sudah sepatutnya Anda waspada akan gejala dan ciri-ciri sakit paru-paru sehingga deteksi dini tsb dapat menyelamatkan nyawa Anda ataupun orang-orang sekitar Anda. Untuk itu pada kesempatan kali ini Sehat Plus akan mengulasnya untuk Anda.

gejala dan ciri-ciri sakit paru-paru

Jadi Apa Saja Gejala dan Ciri-Ciri Sakit Paru-Paru Tsb?

Paru-paru merupakan salah satu organ pada saluran pernapasan bawah. Pada paru-paru tsb terdapat banyak bagiannya.

Memang betul penyakit paru-paru banyak sekali jenisnya, namun dari semua jenis penyakit tsb akan memberikan gejala penyakit paru-paru yang mirip, yaitu sbb:

Gejala Penyakit Paru-Paru #1: Batuk Kronik

Batuk kronik adalah batuk yang dialami dalam waktu 1 bulan ataupun lebih. Bila Anda mengalami batuk yang tak kunjung sembuh maka sudah sepatutnya Anda curiga bahwa itu bukanlah batuk yang biasa saja. Batuk adalah tanda awal yang sangat penting yang dapat menunjukkan bahwa ada yang salah dengan saluran pernapasan Anda termasuk menjadi ciri-ciri sakit paru-paru.

Gejala Penyakit Paru-Paru #2: Sesak Napas

Sesak atau kesulitan bernapas memang wajar terjadi bila Anda sudah melakukan olahraga, aktivitas fisik, atau berada di tempat dengan ketinggin tertentu dimana jumlah udara sangat tipis. Namun sesak napas yang tidak pulih setelah Anda cukup istirahat atau berada di tempat yang normal adalah tanda yang tak wajar. Anda harus curiga bahwa sesak napas tsb mungkin ciri-ciri sakit paru-paru.

Gejala Penyakit Paru-Paru #3: Produksi Mukus Berlebihan

Mukus adalah zat yang diproduksi oleh saluran pernapasan untuk mencegah masuknya kotoran atau kuman penyakit. Dalam bahasa kita sehari-hari, mukus ini dapat berupa ingus ataupun dahak. Jika Anda merasa ingusan atau berdahak setidaknya dalam 1 bulan ataupun lebih, Anda harus curiga mungkin ini adalah ciri-ciri sakit paru-paru.

Baca juga:   Rekomendasi Vaksin Untuk Penderita HIV / AIDS

Gejala Penyakit Paru-Paru #4: Mengi

Mengi adalah napas yang berbunyi, biasanya “ngik ngik” merupakan tanda bahwa ada sesuatu yang menutup jalan napas di paru-paru atau dinding saluran pernapasan tsb terlalu berdekatan. Mengi pun merupakan ciri-ciri sakit paru-paru terutama untuk asma.

Gejala Penyakit Paru-Paru #5: Batuk Berdarah

Batuk berdarah merupakan ciri-ciri sakit paru-paru yang perlu diwaspadai, karena dapat menandakan penyakit TBC ataupun kanker paru-paru.

Gejala Penyakit Paru-Paru #6: Sakit Pada Dada

Bia Anda mengalami sakit dada yang tidak diketahui penyebabnya pada 1 bulan terakhir atau lebih, dan rasa sakit tsb semakin parah saat bernapas ataupun batuk, waspadalah karena bisa jadi itu adalah ciri-ciri sakit paru-paru.

Apa Yang Harus Dilakukan Bila Mengalami Gejala / Ciri-Ciri Sakit Paru-Paru?

Bila Anda mengalami gejala penyakit paru-paru seperti yang telah diuraikan di atas, segeralah periksakan kondisi kesehatan Anda pada dokter kepercayaan Anda untuk memastikan penyakit yang Anda derita. Ingat deteksi dini dan penanganan sedini mungkin dapat menyelamatkan nyawa Anda!

Saat Anda mengunjungi dokter kepercayaan Anda untuk memastikan gejala penyakit paru-paru atau bukan, sebaiknya Anda siapkan juga:

  1. Siapkan copy rekam medik Anda atau bila hal tsb tidak memungkinkan, Anda pun dapat membuat catatan tentang riwayat penyakit yang pernah Anda alami.
  2. Buat juga daftar pengobatan yang sekarang sedang dijalankan termasuk obat yang Anda beli secara bebas di warung. Anda pun sebaiknya menuliskan pengobatan tradisional yang sedang Anda lakukan sekarang ini.
  3. Buat juga daftar dokter dan rumah sakit yang pernah Anda kunjungi selama ini.
  4. Buat daftar gejala penyakit paru-paru yang Anda alami, kapan gejala tsb muncul, gejala mana yang paling parah, dan apa yang Anda lakukan untuk meredakan gejala tsb.

Saya yakin di Indonesia ini baru sedikit saja yang menyiapkan daftar di atas sebelum bertemu dengan dokter. Tapi saya yakin sekali praktek di atas dapat membantu Anda dan dokter untuk memberikan penanganan yang tepat. Jadi mengapa tidak kita lakukan setidaknya hal tsb dapat membuat bidang kesehatan di negara kita ini dapat selangkah lebih maju.

Itulah ulasan seputar gejala dan ciri-ciri sakit paru-paru yang perlu Anda waspadai. Semoga bermanfaat …

Sumber Referensi:
www.lung.org/lung-health-and-diseases/warning-signs-of-lung-disease/ Warning Signs of Lung Disease image credit: medicalxpress.com