Hidung Mampet? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Hidung mampet atau hidung tersumbat merupakan suatu kondisi yang umum terjadi. Tak hanya datang pada orang dewasa, namun kondisi ini kerap juga dialami anak-anak dan bayi. Walaupun umumnya sering datang dan pergi begitu saja, namun kondisi ini sering kali mengganggu aktivitas seseorang karena kesulitan bernafas.

Gejala yang sering terjadi adalah hidung tersumbat sebelah, ntah itu sebelah kiri atau kanan, atau secara bergantian. Bayangkan jika keduanya mampet, tentunya sangat sulit sekali untuk bernapas bukan?

Penyebab hidung tersumbat yaitu adanya gangguan pada jaringan dalam hidung. Polusi udara seperti asap rokok ataupun asap kendaraan dapat mengakibatkan iritasi pada jaringan dalam hidung. Penyebab hidung mampet lainnya adalah infeksi saluran pernafasan atas (ISPA), infeksi sinus (sinusitis), dan alergi.

Banyak orang menyangka bahwa hidung tersumbat disebabkan oleh penumpukan cairan di hidung. Namun sebetulnya yang terjadi adalah adanya peradangan pada salurang hidung. Dan untuk mengusir radang inilah, hidung memproduksi lendir sehingga menyebabkan hidung mampet.

Nah untuk mengetahui apa saja penyebab hidung mampet dan cara mengatasi hidung tersumbat, yuk ikuti terus uraian di bawah ini …

Sering mengeluarkan ingus adalah cara mengatasi hidung mampet yang efektif
Sering mengeluarkan ingus adalah cara mengatasi hidung mampet yang efektif (image credit: https://www.entspecialistsnorthflorida.com)

Apa Saja Penyebab Hidung Tersumbat?

Berikut ini adalah beberapa kondisi yang dapat menjadi penyebab hidung mampet, yaitu:

Batuk Pilek

Masuknya benda asing seperti debu, serangan virus ataupun bakteri, serta peradangan pada saluran napas bagian atas (hidung dan tenggorokan) seringkali menyebabkan batuk-batuk, bersin, dan pilek. Nah pada saat pilek ini, kemungkinan hidung akan mampet. Kondisi ini biasanya akan mereda dengan sendirinya dalam waktu 7 hingga 10 hari.

Flu

Flu / influenza merupakan suatu kondisi yang terjadi karena infeksi virus dengan gejala hidung tersumbat. Gangguan ISPA ini juga dapat sembuh dengan sendirinya namun tetap waspada akan bahaya komplikasi akut.

Sinusitis

Sinusitis merupakan penyakit infeksi pada jaringan sinus. Pada kondisi ini, jaringan dalam hidung meradang dan membengkak sehingga rongga hidung menyempit. Sebagai mekanisme perlawanan pada kondisi ini, jaringan hidung ini kemudian memproduksi lendir lebih banyak sehingga menyebabkan hidung mampet. Untuk kasus sinusitis akut, biasanya berkembang karena adanya batuk pilek dan dapat sembuh dengan sendirinya dalam waktu 10 hari.

Alergi

Pada penderita alergi, saat ada alergen (zat penyebab alergi) masuk atau terpapar pada tubuh penderita maka akan terjadi reaksi alergi sebagai mekanisme perlawanan tubuh. Nah pada sistem pernapasan, reaksi alergi yang terjadi adalah produksi lendir dalam hidung meningkat, menyebabkan bersin-bersin dan hidung tersumbat. Kondisi ini dikenal juga dengan rhinitis.

Penyebab Hidung Mampet Lainnya

Selain 4 penyakit di atas yang umum menjadi penyebab hidung tersumbat, masih ada jenis penyakit lainnya yang dapat menyebabkan penyempitan saluran hidung, yaitu:

  • Polip hidung
  • Mimisan
  • Asma

Bagaimana Cara Mengatasi Hidung Tersumbat?

Ada berbagai cara untuk meredakan gejala hidung mampet, yaitu dengan menggunakan obat-obatan tertentu atau dengan terapi tertentu yang dapat dilakukan di rumah.

Cara Mengobati Hidung Mampet

Berikut ini adalah beberapa jenis obat-obatan yang dapat digunakan untuk menghilangkan hidung tersumbat, yaitu:

  • Obat pereda nyeri seperti paracetamol atau ibuprofen dapat membantu menghilangkan nyeri kepala saat hidung tersumbat.
  • Anti histamin digunakan untuk menghilangkan alergi dan meredakan hidung tersumbat.
  • Dekongestan yaitu untuk mengurangi pembengkakan pada hidung. Jenis obat ini tersedia dalam bentuk oral (diminum) ataupun nasal dekongestan (disemprotkan ke dalam hidung). Nasal dekongestan banyak dijadikan pilihan karena efeknya akan segera terasa sesaat setelah disemprotkan. Jenis obat nasal dekongestan ini biasanya berupa cairan garam (saline). Cairan garam ini dapat membuat bagian dalam hidung lebih lembap sehingga lendir pun lebih encer dan mudah dikeluarkan. Selain itu, obat semprot hidung juga ada yang mengandung oxymetazoline yang berfungsi untuk mengurangi pelebaran pembuluh darah dalam hidung dan mengurangi penyumbatan pada hidung. Anda dapat mendapatkan obat hidung tersumbat di apotik.

Penggunaan obat-obatan untuk mengatasi hidung mampet di atas sebaiknya digunakan secara hati-hati, sesuai petunjuk penggunaan, dan tidak digunakan secara terus menerus. Bila diperlukan, silahkan konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu.

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Secara Alami di Rumah

Bagi Anda yang tidak ingin menggunakan obat hidung tersumbat di apotik, Anda dapat menggunakan cara lainnya karena kebanyakan hidung mampet dapat mereda dengan sendirinya.

Berikut ini adalah beberapa tips meredakan hidung tersumbat secara alami di rumah,  yaitu:

  • Matikan AC dan kipas angin karena udara hangat dan lembap merupakan cara tercepat untuk mengatasi hidung mampet dan pilek. Namun bila Anda atau anak Anda merasa lebih nyaman menggunakan AC, cobalah gunakan humidifier.
  • Perbanyak asupan cairan seperti memperbanyak minum air putih yang dapat membantu mengencerkan lendir-lendir yang mengental. Untuk variasi, Anda bisa minum teh jahe, mint, atau teh lemon dan madu hangat yang mengandung zat antiseptik dan dekongestan alami untuk memudahkan pernapasan.
  • Hirup uap air hangat atau lakukan sauna wajah, akan lebih terasa lebih enak bila ditambahkan minyak esensial seperti pepermint, minyak kayu putih, atau vaporub.
  • Gunakan humidifier (yaitu alat untuk meningkatkan kelembaban ruangan) atau cukup letakan baskom berisi air panas di ruangan. Namun sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter bila Anda memiliki asma sebelum menggunakan humidifier.
  • Mandi air hangat.
  • Membasuh wajah dengan handuk hangat.
  • Sering buang ingus, cara buang ingus yang benar adalah dengan menutup aliran udara dengan jari di satu lubang saat mengeluarkan ingus pada lubang lainnya.
  • Letakkan bantal yang lebih tinggi saat tidur untuk membantu aliran mukus / lendir lebih mudah.
  • Ganti posisi tidur. Cara mengatasi hidung tersumbat sebelah kiri adalah dengan tidur posisi miring ke kanan dimana hidung bagian kiri ada di atas. Begitu pula cara mengatasi hidung mampet sebelah kanan adalah dengan miring ke kiri dimana hidung bagian kanan ada di atas.
  • Gunakan semprotan saline. Semprotan ini dijual bebas di apotek, namun tetap hati-hati saat menggunakan semprotan ini pada bayi, jangan lupa gunakan aspirator (untuk menyedot kelebihan mukus / ingus di hidung bayi).
  • Hindari berenang dalam kolam yang mengandung klorin.
  • Kunyah bawang putih. Bawang putih mengandung zat antibakterial dan antijamur yang dapat meringankan hidung tersumbat akibat demam dan flu. Bila mengunyah langsung terasa kurang nyaman, cobalah tambahkan 1-2 siung bawang putih ini ke dalam tumis sayuran, dll.
Baca juga:   Penyebab, Gejala, Pengobatan dan Cara Mencegah Kanker Payudara Yang Perlu Diketahui

Kapan Harus Ke Dokter?

Kadang-kadang, cara alami untuk mengatasi hidung tersumbat di atas tidak dapat menyembuhkan kesulitan bernapas yang dialami karena bisa jadi gangguan penyempitan saluran hidung ini disebabkan oleh kondisi lainnya yang memerlukan penanganan medis terutama bila terasa sakit dan mengganggu aktivitas harian.

Berikut ini adalah beberapa kondisi yang menyertai hidung mampet yang memerlukan terapi medis dan mengharuskan Anda memeriksakan diri ke dokter yaitu:

  • Bila hidung tersumbat terjadi lebih dari 10 hari.
  • Bila gejala hidung mampet disertadi dengan demam tinggi yang tidak mereda dalam waktu lebih dari 3 hari.
  • Ingus berwarna hijau yang disertai nyeri di area hidung dan demam.
  • Bila Anda memiliki sistem imun yang lemah, memiliki asma, ataupun emfisema.
  • Anda pun sebaiknya segera memeriksakan ke dokter bila mengalami cidera kepala dan mengalami mimisan atau mengalami hidung meler dengan ingus bening secara terus menerus.

Hidung Mampet Pada Bayi dan Anak-Anak

Sebaiknya waspadai gejala hidung tersumbat pada bayi dan anak-anak karena dapat mengganggu pemberian makan pada bayi dan memicu gangguan pernapasan yang fatal. Hidung mampet pada bayi seringkali membuat bayi mogok makan atau minum ASI.

Penyempitan saluran hidung juga dapat mengganggu perkembangan bicara dan pendengaran pada anak. Oleh karena itu bila anak Anda mengalami ini sebaiknya bawa segera pada dokter anak untuk mendapatkan cara mengatasi hidung tersumbat pada anak dan bayi yang paling tepat.

Sebetulnya untuk mengatasi hidung tersumbat pada bayi yang diakibatkan pilek atau common cold tidaklah membutuhkan obat karena pada dasarnya pilek tsb dapat sembuh sendiri.

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat pada Bayi dan Anak Tanpa Obat

Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi hidung tersumbat pada anak dan bayi tanpa obat-obatan yang dapat dilakukan di rumah, yaitu:

  • Matikan AC dan kipas angin karena udara hangat dan lembap merupakan cara tercepat untuk mengatasi hidung mampet dan pilek. Namun bila Anda atau anak Anda merasa lebih nyaman menggunakan AC, cobalah gunakan humidifier. Atau sebagai penggantinya, cobalah letakkan baskom berisi air panas di sudut ruangan. Akan lebih baik lagi bila sudah ditambahkan tetasan minyak peppermint, minyak kayu putih, ataupun balsam.
  • Perbanyak asupan cairan seperti memperbanyak minum air putih yang dapat membantu mengencerkan lendir-lendir yang mengental. Tetap berikan ASI pada bayi Anda. Anda pun dapat memberikan madu pada anak Anda namun ingat jangan pernah berikan madu pada bayi berusia kurang dari 1 tahun. Sebagai variasi, Anda dapat memberikan jus buah atau buah-buahan yang banyak mengandung air seperti jeruk, dll.
  • Lap tubuh bayi dengan handuk hangat, sementara untuk anak-anak dapat dimandikan dengan air hangat.
  • Bantulah anak Anda untuk membuang ingusnya. Cara buang ingus yang benar adalah dengan menutup aliran udara dengan jari di satu lubang saat mengeluarkan ingus pada lubang lainnya. Untuk membantu mengencerkan ingus, gunakan semprotan saline. Gunakan aspirator / sedotan ingus untuk membantu membuang ingus tsb pada bayi.
  • Pemberian pemijatan pada bayi dan anak pun dapat dilakukan untuk meredakan gejala hidung mampet pada anak dan bayi Anda.
cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi dan anak menggunakan sedotan ingus
cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi dan anak menggunakan sedotan ingus (image credit: pulse.ng)

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat dengan Pijatan

Untuk menghilangkan hidung mampet dan membantu melancarkan pernapasan bayi, Anda dapat membantunya dengan cara memberikan pijatan lembut pada tubuh bayi. Untuk melakukannya, Anda memerlukan minyak telon ataupun baby oil.

  • Balurkan minyak pada bagian dada bayi, lalu gosok perlahan dada si kecil dengan pola bentuk hati secara pelan-pelan dan lembut.
  • Gosok perlahan bagian dada bayi Anda dengan pola gerakan tangan menyilang secara bergantian. Bila diperlukan tambahkan baby oil / minyak telon agar lebih mudah dalam pemijatannya.
  • Letakkan kedua telunjuk Anda di bagian atas hidung bayi lalu gosok perlahan kearah atas melintasi bagian bawah mata, belakang telinga, dan leher. Ulangi gerakan ini sebanyak 3x.

Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat video turorial cara pemijatan bayi dan anak untuk meringankan hidung tersumbat dan melegakan pernapasan.

Penutup

Nah itulah beberapa informasi seputar penyebab hidung tersumbat dan cara mengatasinya. Membantu mengeluarkan ingus dan pemijatan merupakan cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi dan anak yang dapat dilakukan di rumah.

Bila gejala hidung mampet tidak kunjung sembuh dalam waktu 10 hari atau disertai gejala lain seperti demam tinggi, mimisan, dll sebaiknya segera konsultasikan ke dokter untuk mendiskusikan cara mengatasi hidung mampet yang berkepanjangan secara tepat.

Semoga bermanfaat …

Sumber Referensi:
www.healthline.com/symptom/stuffy-nose ; hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/tips-mengatasi-hidung-tersumbat ; www.alodokter.com/mau-tahu-tips-meredakan-hidung-tersumbat.html ; id.theasianparent.com/mengatasi-hidung-tersumbat-pada-bayi ; www.alodokter.com/penyebab-hidung-tersumbat-dan-tips-mudah-mengatasinya.html