Penyebab Sering Mengantuk di Siang Hari dan Cara Mengatasinya

Apakah Anda sering mengantuk padahal sudah cukup tidur? Atau apakah Anda ingin mengetahui penyebab mudah mengantuk? Ternyata penyebab selalu ngantuk itu tak selalu karena kurang tidur loh!

Tidur merupakan salah satu kebutuhan manusia agar dapat bertahan hidup. Saat tidur, tubuh Anda akan mengalami relaksasi. Tubuh pun akan melakukan perbaikan dan regenerasi sistem tubuh agar dapat berfungsi dengan normal. Jadi secara normalnya, saat bangun tidur Anda akan merasa lebih segar. Namun apa jadinya bila setelah bangun tidur tetap merasa mengantuk, badan terasa lemas, ataupun sering menguap? Tentunya Anda ingin mengetahui cara mencegah dan mengatasi sering mengantuk ini.

Kondisi mudah mengantuk dan sering mengantuk bisa disebabkan oleh perubahan pola hidup, kondisi kejiwaan, hingga gangguan kesehatan serius. Anda sebaiknya tahu cara mengatasi rasa kantuk berlebihan ini agar tidak mengganggu aktivitas sehari-hari.

Sebetulnya lama waktu tidur yang dibutuhkan seseorang dapat bervariasi dan berbeda-beda. Namun rata-rata, orang dewasa memerlukan waktu tidur sekitar 7-9 jam setiap harinya. Lalu bagaimana bila Anda memerlukan waktu tidur lebih lama?

penyebab mudah mengantuk di tempat kerja
Tertidur di tempat kerja (image: blog.supercareer.com)

Apa Saja Penyebab Sering Mengantuk?

Pada umumya penyebab mudah mengantuk di siang hari adalah kurang tidur. Misalnya Anda terpaksa bergadang karena mau menonton acara TV favorit atau harus mengerjakan sesuatu dulu seperti tugas kantor ataupun sekolah. Selain itu gaya hidup tak sehat seperti minum kopi ataupun alkohol sebelum tidur sehingga menyebabkan susah tidur di malam hari. Kondisi ini akan membuat kebutuhan tidur Anda tak tercukupi sehingga menyebabkan sering mengantuk keesokan harinya.

Selain kurang tidur, kadang kala banyak orang yang mengeluhkan sering mengantuk walaupun tidur cukup atau bahkan telah tidur selama 8-9 jam. Hal ini biasanya disebabkan oleh adanya gangguan tidur.

Berikut ini adalah beberapa penyebab mudah mengantuk padahal tidur cukup yang perlu diketahui, yaitu:

Perubahan Waktu Tidur

Setiap orang memiliki jam biologis (ritme sikardian) masing-masing. Jam biologis ini adalah jadwal kerja setiap organ dan fungsi tubuh secara alami. Jam biologis ini selain dapat membantu mengendalikan produksi hormon, suhu tubuh, dan fungsi tubuh lainnya, juga dapat mengatur siklus tidur.

Perubahan jam biologis misalnya karena pergantian shift pada pekerja dapat membuat seseorang merasa sering mengantuk.

Konsumsi Alkohol

Salah satu dampak buruk konsumsi minuman beralkohol sebelum tidur adalah menyebabkan seseorang selalu mengantuk di siang hari. Alkohol selain dapat mempersulit mencapai fase tidur nyenyak, juga dapat mengacaukan siklus tidur seseorang.

Hal ini ditunjang dengan penelitian yang dilakukan oleh National Institute on Alcohol Abuse and Alcoholism dimana konsumsi alkohol beberapa jam sebelum tidur dapat menyebabkan siklus tidur tak teratur dan berdampak pada kualitas tidur Anda.

Sindrom Kelelahan Kronis

Sindrom kelelahan kronis (chronic fatigue syndrome) adalah suatu kondisi yang akan membuat seseorang sering merasa lemas, lesu, lelah, dan mengantuk. Gejala sindrom ini diantaranya adalah nyeri otot dan susah konsentrasi setidaknya dalam 6 bulan.

Kondisi ini dapat mengganggu aktivitas sehari-hari, walaupun demikian, sampai saat ini penyebab penyakit ini belum dapat dipahami dengan jelas. Ada yang menduga salah satu penyebabnya adalah sleep apnea.

Sleep Apnea

Sleep apnea merupakan salah satu penyakit gangguan tidur yang biasa terjadi, yaitu suatu kondisi dimana napas terhenti sementara saat tidur. Biasanya kondisi ini disebabkan oleh adanya penyumbatan di saluran pernapasan. Gejala sleep apnea antara lain suara mendengkur, henti napas yang diikuti napas terengah-engah dan kadang sering terbangun tiba-tiba saat tidur. Akibatnya, kualitas tidur menjadi berkurang dan menyebabkan kurang produktif serta kurang bertenaga pada keesokan harinya. Selain itu, gejala sleep apnea lainnya adalah terbangun dengan mulut kering dan sakit tenggorokan.

sleep apnea gangguan tidur penyebab sering mengantuk di siang hari
sleep apnea gangguan tidur penyebab sering mengantuk di siang hari (image: everydayhealth.com)

Narkolepsi

Narkolepsi merupakan kondisi kronis mudah mengantuk yang menyebabkan seseorang dapat tertidur di mana saja dan kapan saja secara tidak terkendali. Kondisi ini dapat terjadi walaupun penderita sudah mendapatkan tidur yang cukup.

Seseorang yang menderita penyakit ini dapat merasa baikan setelah tidur selama 10-15 menit, namun setelah terbangun sebentar biasanya akan kembali tertidur lagi.

Sampai saat ini, penyakit ini belum dapat diobati dan dapat diderita secara berkepanjangan. Walaupun demikian, perubahan gaya hidup dan perawatan yang tepat dapat membantu Anda mengendalikan gangguan penyakit tidur ini.

Gangguan Tidur Karena Kondisi Lainnya

Beberapa kondisi berikut ini dapat menyebabkan gangguan tidur dan mejadi penyebab sering mengantuk di siang hari, yaitu:

  • Diabetes
  • Perubahan kadar natrium di dalam darah, yang dapat berupa hiponatremia atau hiperatremia.
  • Terlalu banyak kadar kalsium di dalam darah atau hiperkalsemia.
  • Fungsi tiroid menjadi yang kurang aktif, dikenal dengan hipotiroidisme.
  • Penggunaan obat penenang, obat tidur, dan/atau obat antihistamin.
  • Insomnia kronik dan masalah tidur lainnya.

Betulkah Sering Mengantuk di Siang Hari Pertanda Penyakit Berbahaya?

Banyak penelitian dilakukan untuk mengetahui hubungan mudah mengantuk dengan penyakit serius tertentu seperti penyakit jantung dan penyakit gangguan otak.

Penyakit Jantung Menyebabkan Sering Mengantuk di Siang Hari, Benarkah?

Dalam sebuah penelitian Nurses Health Study II, melibatkan lebih dari 84.000 wanita di AS, dari tahun 2001-2009, para peneliti menghubungkan antara rasa kantuk berlebihan di siang hari dengan risiko penyakit jantung.

Di akhir penelitiannya, 500 wanita dari total kelompok tsb didiagnosa sakit jantung atau stroke. Wanita yang mengaku mudah mengantuk di siang hari (ada sebanyak 5% dari total kelompok) didiagnosa memiliki risiko penyakit jantung 5 x lebih besar dibandingkan orang yang tidak pernah mengantuk.

Baca juga:   Deteksi Penyakit Lewat Mata, Begini Caranya!

Ketua peneliti yang bernama James E. Gangwisch, menyebutkan bahwa mengantuk di siang hari biasanya terkait dengan jam tidur yang kurang, kerja lembur, atau mengorok. Semua gangguan tersebut terkait dengan gangguan metabolik seperti diabetes yang merupakan faktor risiko untuk stroke dan penyakit jantung.

Sementara menurut studi tahun 2013, orang yang tidur kurang dari 5 jam setiap malam berisiko lebih besar menderita tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi. Hasil penelitian menyebutkan bahwa mudah mengantuk di siang hari adalah tanda kurang tidur atau gangguan tidur. Beberapa gangguan medis juga bisa menyebabkan rasa ngantuk di siang hari, dan semuanya terkait dengan penyakit jantung.

Gangguan Kesehatan Otak Penyebab Mudah Mengantuk, Ini Faktanya!

Peneliti dari Johns Hopkins University menyebutkan bahwa orang yang sering mengantuk sepanjang hari hampir 3 x lebih mungkin mengalami penumpukan beta-amyloid. Beta amyloid sendiri merupakan suatu protein yang terkait dengan risiko penyakit Alzheimer (penyakit pikun).

Para peneliti tsb menganalisis data dari Baltimore Longitudinal Study of Aging, yaitu sebuah riset jangka panjang yang telah meneliti kesehatan ribuan manusia sejak tahun 1958 silam. Selama bertahun-tahun, peserta yang mengikuti riset diharuskan mengisi survei perodik, mencakup pertanyaan tentang seberapa sering mereka tidur siang, seberapa sering merasa mengantuk, atau tertidur di siang hari.

Selain mengisi survey, sebanyak 123 peserta juga melakukan pemindaian otak untuk mendeteksi plak beta-amiloid setelah hampir 16 tahun mengisi survei.

Hasil riset menunjukkan bahwa risiko penumpukan plak beta amioloid lebih tinggi 2,75 x pada orang yang sering merasa mengantuk di siang hari, namun tidak ada data signifikan pada orang yang tidur siang. Sehingga korelasi antara mengantuk di siang hari dan peningkatan risiko plak beta amyloid ini terus membingungkan para peneliti.

Walaupun demikian, para peneliti sepakat bahwa gangguan tidur atau kurang tidur adalah penyebab seseorang mengantuk saat siang hari. Hal ini yang menyebabkan penumpukan plak beta-amyloid melalui mekanisme yang tak diketahui.

Di bidang medis sendiri, sudah bukan rahasia lagi jika gangguan tidur biasanya terjadi pada orang yang memiliki penyakit alzheimer.

Bagaimana Cara Mengatasi Mudah Mengantuk di Siang Hari?

Cara paling efektif mengatasi sering mengantuk adalah dengan mengantisipasi penyebabnya.

Cara Penanganan Sering Mengantuk Secara Medis

Jika Anda merasa mudah mengantuk dimana dan kapan saja, cobalah konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui penyebab mengantuk terus-terusan tsb dan penanganannya yang tepat.   

Untuk mengetahui penyebab sering mengantuk yang dialami maka dokter akan bertanya mengenai kebiasaan tidur pasien selama ini, misalnya berapa lama waktu tidur pasien, apakah pasien tidur mendengkur, apakah pasien mudah mengantuk di siang hari, dan seberapa sering pasien tertidur di siang hari. Selain itu, dokter pun akan menanyakan riwayat penyakit dan pengobatan yang sedang dijalani.

Bila diagnosa dokter penyebab mudah mengantuk karena kondisi psikologis maka dokter akan menganjurkan pasien untuk mendapatkan penanganan dari terapis atau psikolog.

Bila hasil diagnosa dokter penyebab sering mengantuk ini adalah karena penggunaan obat-obatan tertentu, maka untuk mengatasi mudah mengantuk di siang hari ini dokter akan menukar jenis obat-obatan yang digunakan atau mengubah dosis obat sehingga gangguan mengantuk dapat mereda. Namun ingat, jangan coba-coba mengubah jenis obat dan dosis obat ini sendiri ya tanpa persetujuan dari dokter dan/atau apoteker.

Bila hasil diagnosa dokter adalah penyakit gangguan tidur seperti sleep apnea, maka dokter akan meresepkan obat-obatan untuk menangani penyakit tsb sebagai cara mengatasi sering mengantuk di siang hari.

Cara Mengatasi Mudah Mengantuk di Rumah

Untuk mengetahui penyebab sering mengantuk di siang hari cobalah kenali kebiasaan Anda belakangan ini. Apakah Anda suka minum alkohol? Apakah Anda mengalami gangguan psikologis seperti tertekan ataupun stress?

Cobalah lakukan pola hidup sehat untuk mengatasi gangguan kesehatan secara umum.

Berikut ini adalah beberapa tips mengatasi rasa kantuk berlebihan di siang hari yang dapat dilakukan di rumah, yaitu:

  • Jagalah rutinitas tidur, biasakan tidur dan bangun di jam yang sama, misalnya tidur jam 9 malam bangun jam 5 pagi.
  • Lakukan olahraga secara tertatur.
  • Hindari / berhenti merokok.
  • Hindari / batasi minuman beralkohol.

Kebiasan Sederhana Untuk Mencegah Sering Mengantuk

Mengubah kebiasaan menjadi lebih sehat dapat membuat Anda lebih bersemangat, lebih fokus, dan terhindar dari rasa kantuk.

Berikut ini adalah beberapa kebiasaan yang dapat Anda lakukan untuk mencegah sering mengantuk di siang hari, yaitu:

Olaharaga Sederhana

Setiap bangun pagi, cobalah lakukan olahraga sederhana seperti peregangan selama 3-5 menit.

Gunakan Air Panas atau Dingin

Saat bangun tidur sebaiknya jangan mandi dengan air hangat karena justru akan membuat mudah mengantuk. Cobalah mandi dengan air dingin ataupun air panas untuk membuat tubuh bersemangat.

Kurangi Minum Kopi dan Minuman Berenergi

Minum kopi dan minuman berenergi memang dapat membuat seseorang lebih bersemangat, namun ternyata jenis minuman ini hanya membuat semangat di awal namun loyo setelahnya. Selain itu untuk mengembalikan energi pun akan sulit dilakukan dengan kebiasaan normal.

Makan Es Krim saat Sarapan

Rasa es krim yang enak dan dingin akan membantu otak untuk terbangun. Namun konsumsi es krim saat sarapan ini sebaiknya jangan dijadikan kebiasaan ya, waspadai kalorinya!

Tertawa

Tertawa dapat membantu menghilangkan rasa kantuk berlebihan. Tertawa merupakan salah satu olahraga wajah dan membawa rasa rileks pada tubuh.

Gunakan Cahaya yang Cukup

Cahaya dapat memberikan efek pada mata dan otak. Cahaya dengan penerangan yang cukup akan membuat Anda lebih focus. Sementara cahaya redup akan menyebabkan seseorang mudah mengantuk dan terlelap. Membaca dengan cahaya redup pun akan menyebabkan gangguan penglihatan.

Buatlah Jadwal Harian

Agar Anda tidak keteteran dalam tugas harian, cobalah rencanakan hari ini mau melakukan apa saja. Selain membuat Anda lebih focus, jadwal ini pun akan membuat tugas selesai sebelum dead line nya. Bila memang tidak ada acara mendesak, tidur siang untuk menghilangkan rasa kantuk berlebihan dapat saja dilakukan. Malah tidur siang ini baik untuk kembali menyegarkan otak dan tubuh Anda.

Penutup

Penyebab sering mengantuk di siang hari biasanya adalah kurang tidur dan gangguan tidur sehingga tidur nyenyak berkualitas di malam hari tidak tercapai. Selain itu waspadai juga beberapa penyakit yang berkaitan dengan mudah mengantuk di siang hari seperti risiko penyakit jantung dan Alzheimer.

Jika Anda belakangan ini seringkali diserang rasa kantuk berlebihan, atau bila Anda sudah mencoba cara mencegah sering mengantuk di siang hari atau cara mengatasi mudah mengantuk di rumah tidak efektif, cobalah untuk periksakan diri ke dokter untuk mengetahui penyebab dan cara penanganannya.

Sumber Referensi:
https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/penyebab-sering-mengantuk/; https://www.alodokter.com/atasi-penyebab-mudah-mengantuk-dari-sekarang; http://intisari.grid.id/read/03944643/waspadai-sering-mengantuk-di-siang-hari-bisa-jadi-penyakit-berbahaya-ini-sedang-mengintai?page=all; http://wow.tribunnews.com/2018/01/25/sering-mengantuk-secara-tiba-tiba-lakukan-7-kebiasaan-ini-agar-segar-kembali?page=all.