Cara Perawatan Kulit Kering dan Gatal Yang Cepat

Bunga lawang selain serbaguna dalam berbagai masakan juga memiliki banyak manfaat kesehatan.

Perawatan Kulit Kering – Mungkin Anda pernah mengalami kulit terasa kering. Bibir kering, wajah kering, termasuk kaki dan tangan. Tentunya Anda ingin sekali terbebas dari masalah tsb. Bukan hanya karena mengurangi kecantikan kulit namun seringkali kulit kering ini disertai rasa gatal yang mengganggu. Rasanya ingin terus menggaruk kulit gatal tsb. Pertanyaannya adakah cara mengatasi kulit kering dan gatal secara cepat dan mudah?

Berbicara tentang cara perawatan kulit kering dan gatal, bukan hanya pada apa yang digunakan pada kulit tsb namun juga faktor kebersihan kulit, keadaan cuaca, bahkan pakaian yang digunakan akan sangat berpengaruh.

Bila Anda sekarang ini sedang mencari tips merawat kulit dan bagaimana cara mengatasi kulit kering, Anda sudah datang ke artikel web Dunia Kesehatan yang tepat.

5 Cara Cepat Perawatan Kulit Kering Yang Mudah

tips merawat kulit dan perawatan kulit kering

Berikut ini adalah beberapa tips merawat kulit kering yang dapat Anda lakukan, yaitu:

Tips Merawat Kulit Kering #1: Hindari Mandi Air Panas

Mandi dengan air panas memang sangat baik untuk melancarkan peredaran darah dan menghilangkan rasa lelah setelah seharian beraktivitas. Namun masalahnya air panas dapat memperburuk kondisi kulit kering Anda karena lapisan minyak yang ada di kulit Anda yang berfungsi untuk menjaga kelembaban kulit ikut terkikis.

Bila memang Anda sangat memerlukan mandi dengan air hangat, jangan mandi terlalu lama, cukup 5-10 menit saja. Dan setelahnya jangan lupa keringkan badan menggunakan handuk dan gunakan pelembab kulit sebagai perawatan kulit kering Anda.

Tips Merawat Kulit Kering #2: Bersihkan Sisa Sabun Pada Kulit

Sabun seringkali mengandung pewangi, deodorant, ataupun zat antibakteri yang dapat merusak kulit. Untuk perawatan kulit kering Anda, cobalah menggunakan sabun yang bebas pewangi atau zat-zat tsb. Anda pun dapat mempertimbangkan produk pembersih yang mengandung keramid. Keramid adalah molekul lemak yang dapat melindungi kulit dari hilangnya kelembaban.

Baca juga:   Cara Menghilangkan Jerawat Yang Efektif Menurut Ahli Kesehatan Kulit dan Secara Alami

Saat kulit Anda mengelupas, jangan gosok terlalu keras karena dapat mengiritasi kulit.

Tips Merawat Kulit Kering #3: Bercukur di Waktu Yang Tepat

Bercukur dapat menyebabkan iritasi pada kulit kering karena minyak alami kulit akan ikut hilang saat bercukur. Lalu bagaimana cara perawatan kulit kering bila memang Anda memerlukan bercukur? Ikuti tipsnya berikut ini:

  • Bercukurlah sesaat setelah mandi
  • Gunakan gel atau krim saat mencukur
  • Cukurlah searah dengan arah pertumbuhan rambut
  • Pastikan pisau cukur tajam
  • Bila Anda menggunakan pisau cukur yang pernah digunakan sebelumnya, bersihkanlah dulu menggunakan alkohol.

Tips Merawat Kulit Kering #4: Lindungi Kulit Anda

Salah satu penyebab kerusakan kulit adalah karena terpapar sinar matahari. Menggunakan sunscreen SPF 30 dan pakaian yang tepat merupakan cara perawatan kulit kering yang tepat saat beraktivitas di bawah sinar matahari.

Tips Merawat Kulit Kering #5: Gunakan Pelembab Dengan Cara Yang Benar

Cara yang paling mudah untuk perawatan kulit kering adalah menggunakan pelembap. Namun selain memberikan pelembap, beberapa tips berikut ini dapat membantu Anda untuk mengatasi kulit kering secara cepat, yaitu:

  • Cucilah kulit dengan pembersih non sabun, akan lebih baik yang mengandung seramid.
  • Keringkan kulit Anda dengan cara menepuk menggunakan handuk bersih tidak lebih dari 20 detik.
  • Gunakan pelembap ke seluruh bagian kulit.
  • Berikan pelembap pada tangan Anda setiap kali Anda mencucinya.
  • Gunakan krim yang mengandung SPF 30 sehingga kulit Anda terlindung dari sinar matahari.

Itulah 5 tips merawat dan cara perawatan kulit kering yang dapat Anda lakukan sehingga kulit Anda kembali sehat dan cantik seperti yang diidamkan. Semoga bermanfaat …

Sumber Referensi:
www.webmd.com/beauty/skin/6-tips-relive-dry-skin-fast image credit: healthguideness.com