10 Makanan Yang Mengandung Vitamin A Terbanyak, Dosis dan Efek Samping Suplemen Vitamin A

Makanan Yang Mengandung Vitamin A – Vitamin A atau dikenal juga sebagai vitamin mata dapat Anda peroleh secara alami dari makanan. Vitamin A yang berasal dari hewan dapat langsung digunakan oleh tubuh kita. Sementara sumber vitamin A dari tumbuhan harus diubah dulu dengan cara dicerna untuk mendapatkan jenis vitamin A aktif yang siap digunakan.

Mendapatkan asupan vitamin A dari makanan sangat disarankan oleh para ahli dibandingkan mendapatkannya dengan meminum suplemen. Banyak bahan alami yang tersedia di alam ini merupakan sumber vitamin A terbaik. Nah bila Anda sedang mencari makanan yang mengandung vitamin A itu apa saja? silahkan simak ulasan Dunia Kesehatan berikut ini …

10 Makanan Yang Mengandung Vitamin A Alami

Berikut ini sumber vitamin A alami yang berasal dari hewan dan tumbuhan yang kami urutkan dari kandungan vitamin A terbanyak sampai terendah …

  1. Wortel

Dalam 1 cangkir wortel iris mentah mengandung vitamin A sebanyak 21384 IU

  1. Ubi

Dalam 1 buah ubi ukuran rata-rata mengandung vitamin A sebanyak 18443 IU

  1. Hati Sapi

Dalam 85 gram hati sapi mengandung vitamin A sebanyak 14363 IU

  1. Kale

Dalam secangkir kale cincang mengandung vitamin A sebanyak 6693 IU

  1. Paprika Merah

Dalam secangkir paprika merah cincang mengandung vitamin A sebanyak 4665 IU

  1. Selada

Dalam secangkir selada mengandung vitamin A sebanyak 4094 IU

  1. Bayam

Dalam secangkir bayam mentah mengandung vitamin A sebanyak 2813 IU

  1. Melon

Dalam 1/8 bagian melon ukuran sedang mengandung vitamin A sebanyak 2334 IU

  1. Ikan Tuna

Dalam 85 gram filet ikan tuna mengandung vitamin A sebanyak 2142 IU

  1. Mangga

Dalam secangkir potongan mangga mengandung vitamin A sebanyak 1785 IU

Sebetulnya masih banyak makanan yang mengandung vitamin A terutama sayuran dan buah.

makanan yang mengandung vitamin a terbanyak
Sumber Vitamin A Dari Makanan

Sumber Vitamin A Lainnya: Suplemen Vitamin A

Di atas Anda sudah mengetahui sumber vitamin A alami terbaik dan 10 makanan yang mengandung vitamin A. Sekarang saatnya Anda mengetahui kebutuhan harian vitamin A tsb.

Kebanyakan orang memang memenuhi kebutuhan akan vitamin A dari makanan yang mengandung vitamin A. Namun pada kasus sejumlah orang, misalnya karena gangguan penyakit seperti gangguan saluran pencernaan ataupun kurang gizi maka bisa saja orang tsb terkena kekurangan vitamin A.

Pada kasus defisiensi vitamin A tsb, maka dokter akan menyarankan untuk mengkonsumsi suplemen vitamin A untuk memenuhi kebutuhan hariannya.

Baca juga:   Bahaya dan Manfaat Singkong Untuk Kesehatan Yang Perlu Diketahui

Beberapa hal yang harus diperhatikan dan dipertimbangkan saat Anda akan mengkonsumsi suplemen sebagai sumber vitamin A alternatif meliputi dosis harian, efek samping, dan interaksi obat.

Dosis Harian Vitamin A yang Direkomendasikan

Anak-Anak

  • Umur 1-3 tahun: 300mcg / hari
  • Umur 4-8 tahun: 400mcg / hari
  • Umur 9-13 tahun: 600mcg / hari

Wanita Dewasa

  • Umur 14 tahun ke atas: 700mcg / hari
  • Ibu hamil: 750-770 mcg / hari
  • Ibu menyusui: 1200-1300 mcg / hari

Pria Dewasa

  • Umur 14 tahun ke atas: 900mcg / hari

Efek Samping Vitamin A

Walaupun manfaat vitamin A sangat vital untuk kesehatan tubuh, namun konsumsi vitamin A berlebihan juga akan berakibat buruk untuk kesehatan Anda. Konsumsi suplemen vitamin A sendiri atau kombinasi dengan antioksidan lainnya dapat berdampak buruk seperti cacat lahir, kerapuhan tulang, dan gangguan liver.

Konsumsi vitamin A berlebih dapat memicu penyakit kuning, mual, hilang napsu makan, mudah teriritasi, muntah-muntah, dan bahkan kerontokan rambut. Jadi jika Anda sekarang sedang mengkonsumsi suplemen vitamin A, pastikan untuk meminum dosis rendah, gunakan suplemen yang berasal dari makanan, dan konsultasikan pada dokter Anda.

Orang peminum alkohol atau memiliki penyakit ginjal atau memiliki penyakit hati sebaiknya tidak mengkonsumsi suplemen vitamin A tanpa konsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Gejala keracunan vitamin A meliputi kulit kering, nyeri sendi, muntah-muntah, sakit kepala, dan kebingungan. Keracunan ini merupakan efek samping vitamin A yang diperolehnya dari suplemen dan bukan dari makanan yang mengandung vitamin A.

Suplemen vitamin A dapat berinteraksi dengan pil KB, pengencer darah (seperti Coumadin), obat jerawat (seperti Accutane), pengobatan kanker, dan obat lainnya. Jika Anda sekarang sedang mengkonsumsi obat konsultasikanlah ke dokter agar penggunaan suplemen vitamin A tsb aman.

Interaksi Vitamin A

Vitamin A merupakan vitamin larut lemak sehingga untuk penyerapan terbaik vitamin ini diperlukan lemak saat mengkonsumsinya. Selain itu asupan protein juga diperlukan untuk pengikatan vitamin ini. Tidak cukupnya asupan protein juga dapat menyebabkan defisiensi vitamin A.

Hasil penelitian juga menunjukkan proses penyerapan dan metabolisme vitamin A juga dipengaruhi oleh kadar zinc di dalam tubuh. Kekurangan zinc dapat memicu terjadinya kekurangan vitamin A juga.

Selain itu hasil penelitian juga menyebutkan defisiensi vitamin D juga dapat diperparah dengan konsumsi vitamin A dosis tinggi. Namun saat kadar vitamin A dan D ini seimbang dan cukup, kedua vitamin ini akan berkerja sama membantu metabolisme tubuh.

Itulah beberapa informasi seputar sumber vitamin A. Makanan yang mengandung vitamin A merupakan sumber vitamin A terbaik karena bersifat alami. Jadi jangan lupa makan buah dan sayur ya .. Semoga bermanfaat ..

Sumber Referensi:
draxe.com/vitamin-a/