5 Manfaat Rebung Bagi Kesehatan Tubuh Yang Perlu Diketahui

Manfaat Rebung Bagi Kesehatan – Rebung alias bambu muda seringkali diolah sebagai salah satu makanan di Asia termasuk Indonesia.

Walaupun demikian masih banyak di antara masyarakat yang tidak menyukai makanan ini karena aromanya yang kurang enak padahal bila mereka mengetahuinya, aroma khas rebung dapat dihilangkan dengan mudah dan ternyata lagi terdapat banyak manfaat kesehatan dari rebung ini loh.

Rebung dapat diolah menjadi aneka kuliner enak seperti lumpia, ataupun di gulai. Selain enak dengan rasa dan tekstur yang unik, Anda pun dapat merasakan khasiat rebung.

Nah apa saja manfaat rebung bagi kesehatan? silahkan simak ulasan Sehat Plus berikut ini ..

manfaat rebung untuk kesehatan
Rebung – image credit: fimadani.com

Manfaat Rebung Bagi Kesehatan Saluran Pencernaan

Kandungan serat yang tinggi pada rebung dan kalorinya yang rendah sangat bermanfaat bagi Anda yang sedang melakukan program diet.

Ya betul salah satu manfaat rebung bagi kesehatan tubuh adalah membantu Anda menurunkan berat badan. Dengan konsumsi makanan kaya serat seperti rebung ini maka Anda akan tetap merasa kenyang lebih lama karena kandungan seratnya namun tak perlu takut gemuk karena kalorinya rendah.

Selain berkhasiat dalam membantu program diet, rebung juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi gangguan pencernaan seperti diare dan gastroenteritis. Selain itu, rebung juga berkhasiat dalam mengatasi penyakit cacingan.

Kandungan seratnya yang tinggi mampu memperlancar saluran pencernaan sehingga sistem pembuangan zat-zat racun dapat lebih lancar. Selain itu kandungan fitosterol seperti flavon, amilasi, dan klorofil pada rebung mampu membantu melawan penyakit kanker usus yang diderita.

Baca juga:   Manfaat Buah Mangga Untuk Kesehatan dan Kandungan Gizinya

Manfaat Rebung Bagi Kesehatan Jantung

Kandungan dalam rebung mampu membantu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Dengan demikian sirkulasi darah akan lebih lancar tanpa terganggu penyumbatan sehingga Anda dapat terhindar dari penyakit jantung dan stroke.

Selain itu, kandungan kalium di dalamnya sangat mendukung manfaat rebung bagi kesehatan jantung.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Rebung sangat kaya akan nutrisi yang sangat diperlukan tubuh seperti vitamin A, vitamin B6, vitamin B1, vitamin B12, vitamin B3, asm folat, vitamin E, mangan, zat besi, kalium, natrium, tembaga, fosfor, seng, magnesium, dan kalsium.

Dengan terpenuhinya nutrisi yang diperlukan tubuh akan membuat tubuh kita semakin tahan akan serangan penyakit dan tak heran juga bila salah satu manfaat rebung bagi kesehatan tubuh adalah meningkatkan daya imunitas sehingga lebih tahan terhadap penyakit flu, dll.

Manfaat Rebung Bagi Kesehatan Mental

Mengkonsumsi rebung mampu menurunkan tingkat kecemasan dan depresi.

Oleh karena itu bagi Anda para wanita yang mengalami siklus haid tidak lancar karena mendapatkan stress cobalah konsumsi rebung. Mengkonsumsi rebung pun dapat mengurangi nyeri saat haid.

Selain itu, masih untuk para wanita, rebung termasuk tanaman uterotonika yaitu mampu membantu meningkatkan kontraksi rahim sehingga dapat memperlancar proses kelahiran.

Manfaat Rebung Untuk Penyembuhan Luka

Berdasarkan hasil penelitan, rebung memiliki zat anti inflamasi (anti radang) dan analgesik (anti nyeri) yang dapat membantu mempercepat proses penyembuhan luka dan bisul.

Itulah 5 manfaat rebung untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui. Jadi masih tidak mau memakan rebung? cobalah pertimbangkan khasiat dan manfaat rebung di atas … Semoga bermanfaat ..